kesederhanaan-mark-zuckerberg
Kesederhanaan Mark Zuckerberg | Foto: sites(dot)psu(dot)edu

Siapa yang tak kenal dengan Mark Zuckerberg? Penemu sekaligus CEO Facebook ini merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Dengan menjadi orang terkaya di dunia, Mark bisa saja membeli rumah mewah, mobil mewah super canggih dengan harga selangit. Tapi, hal itu tak dilakukannya.

Mark-Zuckerberg-Majalah-Time
Mark Zuckerberg Person of The Year Majalah Time| Foto: www(dot)burbed(dot)com

Mark dikenal sebagai penemu dan pendiri jejaring sosial Facebook bersama tiga temannya saat masih menjadi Mahasiswa. Tahun 2010 silam ia juga meraih penghargaan dari majalah Time sebagai Person of The Year. Sebelum sukses seperti sekarang ini, ia juga sempat mengalami kesulitan ketika membangun Facebook.

Mark menemukan ide membuat Facebook ini ketika masih bersekolah di Universitas Harvard. Berbagai penolakan dari pihak Harvard ketika akan membuat Facebook pun pernah ia alami. Namun, dengan tekad dan ketekunan yang tinggi akhirnya Facebook resmi ia buat pada tahun 2004. Hingga kini pengguna jejaring sosial tersebut mencapai 70 juta pengguna di seluruh dunia.

10 Kesederhanaan Mark Zuckerberg

Pria kelahiran White Plains, New York, 14 Mei 1984 ini memang dikenal karena kesederhanaannya. Ia begitu bersahaja dan tak menganggap dirinya seorang dengan kemampuan financial tinggi. Kesederhanaan Mark Zuckerberg ini juga menginpirasi semua kalangan.

Meski hidup bergelimang harta dan dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia berkat kesuksesannya. Namun, kehidupan dan keseharian Mark Zuckerberg jauh dari kata mewah dan glamour.

Lantas apa saja kesederhanaan Mark Zuckerberg yang menjadi inspirasi banyak orang? Berikut ini adalah ulasan tentang kesederhanaan Mark Zuckerberg yang patut dicontoh;

1. Pribadi yang dermawan dan gemar beramal

Mark-Zuckerberg-di-Kampung-Cyber
Mark Zuckerberg di Kampung Cyber | Foto: hiddenskills(dot)wordpress(dot)com

Sudah bukan sebuah rahasia lagi jika Mark dan Istrinya merupakan seorang yang dermawan. Kesederhanaan Mark Zuckerberg yang pertama ini ternyata dipengaruhi oleh sang istri. Pricilla Chan, istri Mark, memang memiliki kepribadian yang mudah tersentuh terhadap penderitaan orang lain.

Pada tahun 2013 silam, Chornicle of Philanthropy merilis daftar orang-orang terkaya di Amerika Serikat yang sering menyumbang. Dalam daftar tersebut nama pendiri Facebook ini berada pada urutan paling pertama. Mark dan Istri sering terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang berhubungan dengan kemanusiaan.

2. Gaya berpakaian yang sangat sederhana

Gaya-Santai-Mark-Zuckerbegr
Gaya Santai Mark Zuckerberg | Foto: umiabie(dot)com

Jika pada umumnya seorang CEO atau direktur sebuah perusahaan besar gemar memakai pakaian rapih dan mahal. Berbeda dengan Mark yang justru senang mengenakan pakaian santai dan sederhana. Bahkan dalam acara resmi pun Mark pakaiannya jauh dari kata formal.

Lewat pakaian yang dikenakan kesederhanaan Mark Zuckerberg makin mencuat. Mark gemar memakai kaos oblong berwarna abu-abu, celana jeans dan sepatu kets. Kemanapun ia pergi pasti tak lepas dari gaya santainya.

Alasan ia gemar memakai pakaian yang simple ternyata sangat sederhana, ia tak ingin waktu yang dimilikinya terbuang sia-sia dengan hanya memilih pakaian ketika akan berangkat kerja. As simple as that.

3. Rumah sederhana

Rumah-Mark-Zuckerberg
Rumah Mark Zuckerberg | Foto: jewishbusinessnews(dot)com

Dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia bukan hal yang mustahil bagi Mark untuk membeli rumah mewah yang lengkap dengan fasilitas super canggih. Tapi, hal tersebut tak dilakukan oleh pria yang berusia 31 tahun ini.

Mark memiliki rumah seharga 46 miliar. Rumah yang tergoong sederhana untuk sekelas CEO atau direktur perusahaan besar. Rumah yang menjadi tempat tinggal Mark dan sang istri itu memiliki 5 kamar, ruang kerja, halaman kecil dan kolam renang kecil.

Sebernarnya Mark tak mementingkan fasilitas yang terdapat di rumahnya itu. Ia membeli rumah tersebut dengan alasan rumah dan jarak kantornya sangat dekat.

4. Pernikahan sederhana hanya mengundang 100 orang

Pernikahan-Mark-Zuckerberg
Pernikahan Mark Zuckerberg | Foto: dailymail(dot)co(dot)uk

Kesederhanaan Mark Zuckerberg sangat terlihat dari acara pernikahannya bersama Priscilla Chan. Hal itu terlihat dari jumlah tamu yang hadir kurang dari seratus orang. Kesederhanaan ini membuat banyak orang menilai sosok Mark yang memang sangat sederhana dan tak pernah menilai sesuatu lewat uang.

Upacara dan pesta pernikahannya pun tak digelar di hotel mewah, melainkan di halaman kecil rumahnya di Palo Alto, California. Bukan hanya itu, gaun pengantin yang dikenakan Priscilla pun sangat sederhana, namun tetap elegan.

Jamuan makan bagi para tamu pun dikemas sangat sederhana dan membumi. Mark dan Priscilla menghidangkan sejumlah makanan khas Palo Alto untuk para tamu. Jamuan makan ini pun dikemas dengan gaya kekeluargaan.

5. Ruang kerja yang menyatu dengan karyawan

Ruang-Kerja-Mark-Zuckerberg
Ruangan Kerja Mark Zuckerberg | Foto: uniqpost(dot)com

Biasanya para direktur sebuah perusahaan memiliki ruang kerjanya sendiri. Berbeda dengan yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg, meskipun ia seorang penemu dan pendiri Facebook tapi ia tak memiliki ruangan kerja sendiri.

Mark memilih bekerja diruangan yang sama dengan para karyawannya. Hal ini dialkukan oleh Mark semata-mata untuk membangun kedekatan dia dan para karyawannya. Mark juga tak ingin membuat jarak dengan para karyawannya agar disegani dan dihormati.

Karena sikapnya yang rendah hati ini Mark diberikan penghargaan sebagai bos terbaik diurutan keempat di dunia pada tahun 2014. Kederhanaan Mark Zuckerberg inilah yang disukai para karyawannya.

6. Liburan ke Yogyakarta tanpa sorotan media

Mark-Zuckerberg-di-Borobudur
Mark Zuckerberg di Borrobudur | Foto: www(dot)tempo(dot)co

Beberapa waktu lalu Mark Zuckerberg mengunjungi Indonesia, tepatnya ia mengunjungo Yogyakarta. Ia mengunjungi Indonesia untuk menghadiri peluncuran internet.org. Dia datang ke Indonesia tak sendiri tapi bersama rombongannya.

Saat hendak ke Indonesia, Mark meminta rombongannya untuk merahasiakan kunjungannya. Ia meminta hal itu karena tidak ingin menghebohkan warga sekitar. Bukan hanya itu, Mark juga menyempatkan mengunjungi Candi Borobudur dan mencicipi kuliner khas Yogyakarta.

Kehadiran Mark mulai disadari masyarakat sekitar ketika ia makan di tempat makan milik budayawan Butet Kertaradjasa. Ia terekam CCTV rumah makan tersebut. Setelah kejadian itu, para pemburu berita meliput kunjungannya ke Indonesia.

7. Harga mobilnya tak lebih dari Rp300 juta

Mobil-Mark-Zuckerberg
Mobil Mark Zuckerberg | Foto: aktualpost(dot)com

Telah diketahui bahwa Mark Zuckerberg memiliki kekayaan yang melimpah. Namun, Mark tidak tertarik membeli kendaraan mewah. Ia justru memilih Honda Fit (Jazz) untuk dikendarai. Sepertinya Mark lebih nyaman berkendara dengan menggunakan mobil yang sederhana dibandingkan kendaraan super mewah.

Lagi-lagi kesederhanaan Mark Zuckerberg ditunjukkan melalui sikapnya ini. Selain mobil tersebut, Mark juga mengoleksi beberapa mobil, tapi tetap tidak mewah seperti pengusaha sukses lainnya.

8. Menemani Istri Berbelanja

Mark-Zuckerberg-dan-Istri
Mark Zuckerberg dan Istri pulang berbelanja | Foto: www(dot)zimbio(dot)com

Dengan harta kekayaan yang dimilikinya Mark tak lantas menyombongkan diri. Dengan kesederhanaannya Mark mau menemani istrinya berbelanja kebutuhan rumah tangga mereka. Dengan gaya santainya ia terlihat menemani sang istri ke pusat perbelanjaan. Sungguh Mark ini suami idaman kan? Hihi…

9. Berangkat ke kantor tanpa menggunakan supir

Mark-Zuckerberg-Mengendarai-Mobil-Sendiri
Mark Zuckerberg Mengendarai Mobil Sendiri| Foto: modifikasi(dot)com

Selain sosok yang rendah hati, Mark Zuckerberg juga ternyata seorang yang sangat mandiri. Terbukti dibalik kekayaannya siapa sangka jika pergi ke kantor Mark mengendarai mobilnya sendiri.

10. Acara syukuran kehamilan istri sederhana

Baby-Shower-Istri-Mark-Zuckerberg
Baby Shower Istri Mark Zuckerberg | Foto: wowkeren(dot)com

Potret kesederhanaan Mark Zuckerberg kembali ia tunjukan saat merayakan syukuran kehamilan istrinya baru-baru ini. Mark dan Priscilla merayakannya dengan penuh kesederhanaan dan kehangatan keluarga. ‘Baby Shower’ kecil-kecilan itu ia rayakan bersama teman dan keluarga tanpa disiarkan eksklusif di stasiun televisi.

Itulah 10 kesederhanaan Mark Zuckerberg yang menginspirasi banyak orang. Kesederhanaan tersebut layak kamu tiru, lho!

Baca Juga: Bukan Cuma Ojek, Kini Bajaj Online Juga Hadir untuk Melayani Mu!