Kebiasaan-Orang-Indonesia
Kebiasaan Orang Indonesia | Foto: brilio(dot)net

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa kebiasaan yang dianggap normal dan wajar sebagai orang Indonesia. Hampir di seluruh pelosok negeri ini penduduknya pasti pernah melakukannya. Namun, beberpa kebiasaan orang Indonesia dianggap aneh oleh orang bule.

Di berbagai buku sejarah dituliskan, bahwa penjajah mudah datang ke Indonesia karena kebiasaan orang Indonesia itu ramah dan baik hati terhadap oranh asing. Ya, kebiasaan yang satu ini memang sudah terkenal ke seluruh mancanegara.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah mendarah daging adalah ketika bertemu dengan orang bule dimanapun pasti nyapa, “Halo, mister…” Ya gak? Pasti kamu pernah melakukan hal ini kan. Apalagi kalau anak-anak yang menyapanya, itu bule pasti udah dikerubunin seperti artis.

Disapa seperti itu, reaksi si mister pasti hanya senyum-senyum doang. Tapi jika diperhatikan, yang paling sering disapa hanya bule pria saja ya.

Kebiasaan yang satu ini memang baik, tapi kadang disalah pahami oleh segelintir orang yang disapa dan kadang disangka SKSD alias sok kenal sok deket. Selain kebiasaan ini, ada beberapa kebiasaan orang Indonesia yang bikin geleng-geleng kepala. Pasti kamu pernah melakukan salah satu dari kebiasaan ini deh.

13 Kebiasaan Orang Indonesia!

Simak 20 kebiasaan orang Indonesia yang bikin geleng-geleng kepala. Mungkin kamu bakal bilang, “iya, ya, aku banget nih!”

1. Bulan ini tanggal merahnya ada berapa ya?

Tanggal-Merah-dan-Harpitnas
Bulan Ini Tanggal Merahnya Berapa Ya? | Foto: m(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Pertanyaan ini pasti keluar setiap ganti bulan baru atau awal bulan. Baru memulai bulan yang baru untuk bekerja, eh udah menghitung hari libur saja. Dan kalau ada tanggal merah di hari Kamis, pasti hari Jumatnya menjadi Hari Kejepit nasional yang banyak dirayakan orang Indonesia. Kamu pasti pernah melakukan kebiasaan ini kan? Ayo ngaku…

2. Selalu ingin cepat

Budayakan-ANtri
Selalu Ingin Cepat dan Instan | Foto: hprasetyo(dot)wordpress(dot)com

Kebiasaan orang Indonesia selanjutnya adalah selalu ingin serba cepat. Mungkin ini salah satu penyebab mi instan sangat laku dan digemari di Indonesia. Ingin makan cari yang instan dan cepat, mau isi bensin tidak mau antri. Bahkan ingin menjadi orang terkenal di Indonesia pun bisa dengan cara instan, yaitu dengan menjual sensasi tentunya. Hihihi…

3. Bergosip ria

Ini-Bukan-Gosip-Tapi-Fakta
Ini Bukan Gosip Tapi Fakta! | Foto: brilio(dot)net

Nah, kebiasaan yang satu ini sepertinya memang sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Saat ini bukan hanya ibu-ibu saja yang suka bergosip. Tanpa sadar kamu juga pasti pernah melakukan kebiasaan ini. Dan jika ada yang mengingatkan pasti kamu mengelak dengan alasan, “ini bukan ngegosip, ini fakta!” Ya kan?

4. Nawar harga habis-habisan

Ibu-Ibu-Nawar
Ibu-ibu Nawar Harga sampai murah banget | Foto: brilio(dot)net

Pembeli: “Mang, kangkung seikat berapa?”

Penjual: “Dua ribu lima ratus, Bu”

Pembeli: “Mahal banget Mang, dua ribu lima ratus tiga ikat ya?”

Penjual: ”…”

Kebiasaan orang Indonesia yang satu ini paling sering dilakukan oleh ibu-ibu. Biarpun harga bawang atau harga bahan makanan lain dipatok harga pas Rp5.000 sama yang jual, demi menekan harga belanja, si Ibu pasti nawar hingga harga setengahnya.

Kalau tidak bisa ditawar, pasti si ibu mencari pedagang lain yang lebih murah. Biarpun harga yang dijual hanya beda Rp500 pasti dia beli.

5. Menyerukan anti korupsi, tapi kalau kena tilang minta damai

Damai-Itu-Indah-ala-Polisi
Damai Itu Indah ala Polisi | Foto: bennythegreat(dot)wordpress(dot)com

Setiap ada pejabat yang kena kasus korupsi pasti ikut mengkritik dan menyerukan anti korupsi. Tapi giliran kena tilang meminta damai kepada aparat. Jika benar-benar bertekad mendukung pemerintah untuk memberantas korupsi, jangan pernah minta damai atau menerima ajakan damai saat kena tilang.

Kebiasaan orang Indonesia yang satu ini sudah bukan menjadi sebuah rahasia kok. Bahkan beberapa kejadian malah sang aparat penegak hukum yang mengajak berdamai, tentunya dengan sogokan uang.

6. Kepo alias selalu ingin tahu

Kepo-Banget-Siih
Kepo atau selalu ingin tahu urusan orang | Foto: twicsy(dot)com

Selalu ingin tahu urusan orang lain adalah salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Karena setiap orang pasti ingin privasinya terjaga dan tidak diganggu orang lain. Apabila seseorang tidak ingin berbagi kisahnya denganmu, sebaiknya jangan memaksa. Sebab hal ini akan membuat orang tersebut merasa risih dan nantinya akan menjauh dari kamu.

7. Ikut demo kenaikan BBM, tapi suka menghambur-hamburkan BBM

Demo-Naik-BBM
Demo Kenaikan BBM Tapi Pakai Motor | Foto: brilio(dot)net

Kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM selalu menjadi polemik di negeri ini. Masyarakat Indonesia selalu merasa dirugikan dengan kenaikan BBM. Ya, memang kenaikan BBM pasti memberatkan masyarakat tidak mampu.

Demo-demo penolakan kenaikan BBM pun sering terlihat hampir di deluruh wilayah Indonesia. Tapi anehnya, mereka yang ikut berdemo masih menggunakan motor yang notabene memerlukan BBM.

Maka dari itu, kalau kamu mau ikut berdemo sebaiknya pikir dulu deh, apakah selama ini kamu sudah bijak dalam menggunakan BBM.

8. Pacaran di pinggir jalan

pacaran-di-pinggir-jalan
Pacaran di Pinggir Jalan | Foto: merantionline(dot)com

Nah, kalau kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh kaum muda-mudi Indonesia. Indahnya jatuh cinta tak memandang tempat lho, Kencan di pinggir jalan pun jadi. Aksi muda-mudi pacaran di atas sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan pun sudah menjadi pemandangan yang lumrah.

Selain di pinggir jalan, biasanya para muda-mudi juga mencari tempat gelap di pinggir kali, ada juga yang nangkring di atas jalan layang. Tapi anehnya mereka tak merasa risih dengan orang yang melintas. Mungkin mereka menganggap dunia ini hanya milik kita berdua, yang lain mah ngontrak. Duh….

9. Menertawakan orang yang kena musibah

Menertawakan-Oranglain
Menertawakan Orang Lain | Foto: linkis(dot)com

Menertawakan atau mengejek orang memang mengasyikan, padahal itu merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sudah tau temannya jatuh atau kejedot pintu, bukannya nolongin malah tertawa ngakak. Tapi kalau kita yang mengalami itu dan ditertawakan pasti marah-marah.

Meme-Musibah
Meme yang Menyinggung Musibah | Foto: blog(dot)duitpintar(dot)com

Yang lebih parah lagi kalau bikin meme-meme bercandaan dari suatu musibah. Terus disebar luaskan di social media dan menganggap hal itu lucu! Duh miris ya…

10. Menggalaukan diri sendiri

Galau-di-socmed
Menggalaukan Diri di Social Media | Foto: hatiwanita(dot)com

Biasanya sih para muda-mudi yang sering galau. Menggalaukan diri sendiri dengan berbagai kata-kata patah hati dan putus asa sepertinya sudah menjadi hal biasa di Indonesia. Banyaknya social media, seperti facebook, twitter, dan path menjadi salah satu wadah untuk orang-orang menampilkan kegalauannya ke orang banyak. Ayo ngaku, pasti kamu suka galau kan?

11. Telat

Jam-Karet
Telat atau Ngaret jadi Kebiasaan |Foto: livinginthesmallworld(dot)blogspot(dot)com

Kebiasaan orang Indonesia selanjutnya adalah telat atau bahasa gaulnya ngaret. Biasanya orang yang suka ngaret memiliki seribu alasan, entah itu macet, telat bangun, atau kendaraan mogok.

Apalagi kalau janjian ketemu sama teman-teman. Janjiannya jam 5 eh ini datangnya jam 6. Alasannya tidak datang tepat waktu: “paling yang lain juga datangnya telat”.

12. Bukan makan namanya kalau belum makan nasi

 

Bukan-Makan-namanya-Kalo-Belum-Makan-Nasi
Bukan makan namanya kalau belum makan nasi | Foto: brilio(dot)net

Sebagai Negara agraris, nasi adalah makanan pokok masyarkat Indonesia. Sejak kecil kita memang sudah terbiasa makan dengan makanan utamanya nasi. Maka tak heran, jika orang Indonesia sudah makan roti atau mi instan itu belum dikatakan makan. Karena, makan dalam definisi orang Indonesia adalah sudah makan dengan nasi. Iya gak?

13. Spamming di kolom komentar artis

Cek-Ig-Kita-SIs
Spamming promo di Instagram | Foto: hidayat-ary(dot)blogspot(dot)com

Nah, kebiasaan orang Indonesia yang satu ini lagi hits banget, yaitu spamming di kolom komentar artis-artis. Menjamurnya online shop akhir-akhir ini memaksa para pengusaha olshop untuk menggembar-gemborkan produknya dengan segala cara.

Kamu punya instagram? Pasti sering melihat sejumlah online shop melakukan promosi produknya di kolom komentar artis-artis. Biasanya sih ngomen, “cek ig kita sist…” atau “jual peninggi badan.. bla bla bla”, iya kan?

Menurut mereka itu bukan spamming, melainkan memperkenalkan produk dagangan mereka kepada calon pembeli. Kebanyakan artis merasa terganggu dengan kebiasaan ini. Bahkan tak sedikit dari mereka mem-block akun yang melakukan spam itu. Kalau hanya sekali dua kali sih wajar lah ini beribu-beribu kali.

Itulah 13 kebiasaan orang Indonesia yang secara tidak sadar kamu pasti pernah melakukan salah satunya. Iya kan? Hayo, ngaku.

Baca Juga: Keren! Gedung Tua di Bandung Ini Berubah Tapi Tetap Bersejarah