menu sarapan
sumber: abcnews(com)

Makanlah sayuran yang cukup, itu yang sering kita dengarkan. Tapi jarang sulit sekali untuk dilakukan, apalagi saat pagi hari, menu sarapan kadang terburu-buru dibuatnya sehingga tak sempat ada sayuran di sana. Sebaiknya memang setiap menu makanan kita, pagi-siang-malam, mengandung sayuran atau buah-buahan. Itu agar asupan makanan kita seimbang, dan kita tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Saat ini memang kebanyakan kita tidak memasukkan sayuran di menu sarapan karena berbagai alasan. Tapi mungkin cara berikut ini bisa diikuti sehingga sayuran dapat tersajikan di menu sarapan Anda.

1. Telur

Telur sepertinya menjadi salah satu menu sarapan yang diminati semua orang. Cara mengolahnya beragam, dan sebagian besar mudah dan cepat untuk dilakukan. Apalagi rasa telur yang sebagian besar masyarakat menyukainya. Telur juga menjadi salah satu sarana untuk memasukkan sayuran ke dalam tubuh dengan cara yang lebih mudah, apalagi jika kamu tidak menyukai sayuran.

Caranya tidak sulit, cukup membuat omelet sayuran, yaitu telur yang dikocok lalu dimasukkan  beraneka sayuran di dalamnya. Banyak sayuran yang bisa dimasukkan ke dalam telur, misalnya saja brokoli, jamur, tomat, sawi, dan lain-lain.

2. Smoothies atau jus

menu sarapan
foto: healthowealth(com)

Jus atau smoothies merupakan menu sarapan yang juga baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya jus atau smoothies tersebut dibuat dari berbagai buah-buhaan misalnya pisang, berry, atau avokad. Saat akan menghancurkan buah-buahan tersebut, sebenarnya kita bisa mencampurkan beberapa jenis sayuran ke dalamnya. Misalnya sayuran bayam, wortel, atau sayuran hijau lainnya. Usahakan sayuran tersebut dapat hancur dengan baik dan menyatu dengan jus tersebut. Tambahan bahan lain seperti susu atau almond butter akan menambah kelezatannya.

3. Makan sayuran langsung

menu sarapan
foto: dailymail(co)(uk)

Cara selanjutnya adalah dengan memakan sayuran itu langsung, kita bisa membuatnya menjadi salad, mengukus, atau merebusnya. Cara tersebut cukup mudah dan tidak membuang waktu di pagi hari. Rebuslah wortel dan buncis, lalu makan langsung disamping memakan menu makanan lainnya.

Memang tak mudah untuk mengubah kebiasaan makan, apalagi yang tak terbiasa makan sayuran di pagi hari. Tapi tak ada kata terlambat asalkan ada kemauan dan segera memulainya saat ini.