hidupmu lebih baik
foto: yahoo(com)

Membuat hidupmu lebih baik sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan ada upaya untuk melakukannya. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat hidupmu lebih baik? Berikut ini kebiasaan yang hanya membutuhkan 7 menit saja, tapi bisa membuat hidupmu lebih baik lagi.

1. Mengurangi porsi makanan

Misalnya kamu terbiasa menaruh nasi sepiring penuh, dan itu kadang berlebihan. Kamu bisa mengurangi porsi nasi tersebut. Jika merasa masih kurang, kita bisa menambahkan makanan jenis lainnya di dalam piring, bukan hanya karbohidrat saja. Sayuran, buah, dan protein yang dibutuhkan tubuh juga harus terpenuhi dalam jumlah yang cukup.

2. Log out dari akun media sosial

Di era saat ini mungkin kamu termasuk yang aktif di media sosial, dan menghabiskan banyak waktu untuk mengecek timeline twitter atau beranda facebook. Kadang smartphone juga otomatis terhubung dengan akun media sosial. Cobalah untuk keluar atau log out dari akun media sosial tersebut setiap kali kamu selesai menggunakannya, dan masuk lagi jika benar-benar perlu.

3. Menaruh sebuah barang untuk donasi

Kebanyakan kita memiliki banyak barang. Jadi jika kamu memiliki barang yang sudah tidak diperlukan sebaiknya tidak menumpuknya di rumah tapi mendonasikannya di tempat donasi terdekat.

4. Unsubscribe

Notifikasi e-mail kadang sering sekali berbunyi padahal isinya hanya newsletter atau informasi dari toko online yang sedang promosi. Unsubscribe beberapa e-mail yang tidak terlalu bermanfaat bagimu. Ini akan membersihkan e-mail dan tidak mengganggumu.

5. Belajar sebuah lelucon

Sebuah lelucon bisa membuat orang lain tertawa, dan itu akan baik bagi hubunganmu dengan orang lain. Tentunya lelucon yang dipelajari adalah lelucon yang positif.

6. Mempersilahkan orang lain antri terlebih dahulu

Mungkin tak perlu dilakukan setiap hari, tapi kadang-kadang kamu perlu mengalah untuk orang lain di belakangmu dan mempersilahkannya untuk maju menggantikanmu di antrian. Terutama jika kita berhadapan dengan orang tua ataupun orang yang memang terburu-buru.

7. Menggunakan “mantra”

Kebiasaan yang membuat hidupmu baik selanjutnya adalah menggunakan “mantra”, bukan sembarang mantra. Kadang kita perlu berbicara pada diri sendiri untuk tetap tenang dalam menghadapi masalah, itu bisa dilakukan dengan mengucapkan kata-kata bijak pada diri sendiri. Bagi orang Islam ini bisa diganti dengan berdzikir.