Pernikahan-Putra-Jokowi

Hanya dalam hitungan hari, Orang nomor satu di negeri ini akan memiliki seorang menantu perempuan cantik. Ya, Presiden Joko Widodo akan menikahkan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dengan Putri Solo 2009 Selvi Ananda. Pernikahan putra Jokowi itu akan dilangsungkan di Solo, Jawa Tengah pada 11 Juni 2015 mendatang.

Menjelang hari H, semua persiapan terus dikejar dan diselesaikan. Termasuk menyebar undangan yang ditargetkan harus sudah tersebar seluruhnya pada Jumat 5 Juni lalu. Semua persiapan pernikahan putra Jokowi ini sudah terkonsep dan didesain sedemikan rupa. Selain undangan, penghulu, dan pengamanan pun juga telah dipersiapkan.

Rapat finalisasi yang dalam istilah Jawa biasa disebut kumborkanan, Selvi dan Gibran telah dilaksanakan Minggu 7 Juni, kemarin. Rapat yang digelar pukul 11.00 WIB siang itu pun dihadiri oleh Presiden Jokowi dan seluruh panitia acara pernikahan.

8 Hal Unik di Pernikahan Putra Jokowi

Semua persiapan pernikahan disiapkan langsung oleh kedua mempelai dan dibantu pihak keluarga. Dalam acara pernikahan putra Jokowi ini ada hal-hal unik yang terjadi. Lantas apa saja yang menjadi keunikan dari pernikahan putra Jokowi itu?

1. Kartu Undangan Bertinta Emas

Undangan-Pernikahan-Putra-Jokowi

Desain kartu undangan untuk pernikahan Gibran dan Selvi cukup unik, sederhana namun tetep elegan. Kartu undangan bersampul merah marun berbahan beludru itu dipadu dengan tulisan nama kedua mempelai yang ditulis menggunakan tinta emas.

Saat undangan dibuka, warna putih akan mendominasi halaman yang memberitahukan perihal acara resepsi pernikahan putra Jokowi itu. Dilembar pertama undangan tersebut terselip kartu pengambilan souvenir. Kartu tersebut juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk mengatur waktu kedatangan tamu.

Isi-Undangan-Pernikahan-Putra-Jokowi

Kartu pengambilan souvenir pun dibuat berbeda, terdiri dari 5 warna yang menunjukan waktu kedatangan para tamu. Terlihat tak ada yang istimewa dari undangan tersebut, kecuali tinta emas pada penulisan nama kedua mempelai saja. Kartu undangan yang cukup sederhana bagi seorang putra presiden.

2. Waktu Kedatangan Tamu Dibuat Terpisah

Kedatangan-Tamu-Undangan-Dibuat-Terpisah-Pernikahan-Putra-Jokowi

Acara pernikahan putra Jokowi ini rencananya akan dihadiri sekitar 4.000 undangan. Para tamu undangan yang terdiri dari 1.000 untuk pejabat, 1.000 untuk warga Solo, dan 2.000 undangan untuk relawan Presiden Jokowi.

Ribuan tamu undangan yang hadir akan dibagi kedalam 5 gelombang. Gelombang pertama sekitar pukul 10.00 WIB untuk warga Solo. Sedangkan untuk para relawan Jokowi akan dibagi dua, yakni pada malam midodareni dan saat acara resepsi.

Acara resepsi yang akan digelar malam hari akan kembali dibagi menjadi dua sesi, yaitu pukul 18.30 WIB-19.30 WIB dan pukul 19.30 WIB-20.30 WIB. Resepsi tersebut hanya diperuntukan untuk tamu-tamu penting atau VVIP, seperti pejabat tinggi, tamu Negara, dan politisi.

3. 3.000 Personel TNI-Polri Amankan Pernikahan

pengamanan-Pernikahan-Putra-Jokowi

Demi kelancaran acara berlangsung, persiapan pengamanan pun telah dilakukan. Sebanyak 3.000 personel TNI-Polri pun siap mengamankan prosesi sacral tersebut. Pengamanan pun telah dimulai dari hari ini Senin (8/6) hingga Jumat (12/6).

Selain di Solo, pengamanan juga akan dilakukan di sekitar pitu masuk Kota Solo dan sekitarnya. Daerah sekitar juga akan dijaga, baik pintu masuk dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Sistem pengamanan buka-tutup akan diterapkan.

4. Menu Istimewa Pernikahan Gibran dan Selvi

Menu-Istimewa-Pernikahan-Putra-Jokowi

Salah satu hal yang menarik pada pesta pernikahan putra Jokowi adalah Gibran dan Selvi memastikan akan menyuguhkan hidangan ‘Markobar’. Hidangan tersebut akan menjadi jamuan istimewa di sesepsi pernikahan mereka.

Markobar-di-Pernikahan-Putra-Jokowi

Markobar sendiri adalah singkatan dari ‘Martabak Kotta Barat’. Markobar adalah menu khas dari restoran milik Gibran. Martabak dengan toping delapan rasa itu untuk pertama kalinya akan hadir dalam menu catering.

5. Tak Ada Mobil Pengantin

Tak-Ada-Mobil-Pengantin-di-Pernikahan-Putra-Jokowi

Saat rapat finalisasi, diputuskan jika kedua mempelai tidak akan menggunakan mobil pengantin dalam setiap acara adat. Pada acara akad nikah, mempelai pria akan berjalan kaki dari kediamannya menuju gedung pernikahan di Graha Saba Buana, Solo.

Alasan tak menggunakan mobil adalah jarak rumah dengan gedung pernikahan hanya berjarak 200 meter. Berbeda dengan mempelai pria, sang mempelai wanita akan menunggangi kuda untuk menuju gedung pernikahan.

6. 425 Jurnalis Mendaftar Meliput Pernikahan Putra Jokowi

425-jurnalis-di-Pernikahan-Putra-Jokowi

Pernikahan putra Jokowi ini ternyata menjadi magnet bagi awak media. Media lokal dan nasional pun berebut untuk meliput acara tersebut. Hingga saat ini wartawan yang sudah mendaftar kepada panitia telah mencapai 425 orang.

Wartawan-di-Pernikahan-Putra-Jokowi-Pakai-Batik

425 awak media tersebut telah diseleksi kembali dan mendapat ID Card peliputan acara pernikahan. ID Card telah dibagikan panitia pada Minggu 7 Juni, kemarin. Selain mendapat ID Card para wartawan juga akan diberikan seragam batik yang harus dikenakan saat peliputan.

7. Jokowi tidak Cuti Saat Pernikahan Putranya

Jelang-Pernikahan-Putra-Jokowi-Ngantor-di-Solo

Meski tengah menggelar hajatan besar, Presiden Jokowi dipastikan masih akan tetap menjalankan tugas kepresidenannya. Jokowi tidak mengambil cuti hanya kantornya pindah ke Solo untuk beberapa hari. Renacananya Jokowi mulai berkantor di Solo pada Selasa 9 Juni 2015 malam.

8. Becak Jadi Kendaran Para Tamu

200-Becak-di-pernikahan-Putra-Jokowi

Ratusan becak se-Kota Surakarta telah disewa untuk menjemput para tamu undangan di resepsi pernikahan putra Jokowi. Rencananya becak-becak tersebut akan disiagakan di tiga titik penjemputan tamu pada tanggal 11 Juni 2015 nanti.

becak-diPernikahan-Putra-Jokowi

Sedikitnya ada sekitar 200 unit becak yang telah disiapkan. Para tukang becak pun sudah menghias becaknya masing-masing agar terlihat lebih indah dengan menggunakan kain batik khas Solo. Selain becak yang dihias, tukang becaknya pun diberi baju lurik dan blangkon baru.

Itulah 8 hal unik yang terjadi di pernikahan putra sulung Jokowi. Diperkirakan acara pernikahan putra jokowi ini akan berlangsung dengan sederhana namun tetap elegan. Acara ini juga menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.