Ahok Ingin Anak-Anak di Jakarta Khatam Al-Quran
detik.com

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  atau Ahok ingin anak-anak di Jakarta khatam Al-Quran. Ia meminta bantuan kepada pengurus masjid serta anggota pemuda masjid guna mewujudkan hal itu.

Saya ingin sekali seperti di Belitung dulu, saya selalu mendorong agar anak-anak 12 tahun bisa khatam Al-Quran. Ini jadi tugas pengurus-pengurus baru, bagaimana menularkan semangat ke teman-temannya. Zaman ini kan anak-anak suka main game dan ke mall,” kata Ahok.

Keinginan Ahok agar anak di Jakarta khatam Alquran diungkapkan saat ia memberikan pengarahan dalam acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) DKI Jakarta Periode 2014-2018 yang digelar di Balai Agung, Jakarta Pusat, Jumat (5/12/2014). Apa yang diungkapkan Ahok langsung mendapatkan tepuk tangan dari ratusan pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid yang berasal dari lima wilayah di Jakarta.

Ahok juga mengatakan, dia akan memperbanyak sarana seperti taman dan tempat olahraga di sekitar masjid agar anak-anak suka ke masjid. Ia juga akan memberikan anggaran sekitar Rp 10 triliun untuk membeli lahan di sekitar masjid yang akan dijadikan sebagai ruang hijau terbuka.

Harus ada sarananya. Ada masjid yang letaknya di perkampungan sempit, gimana pemuda masjid mau senang tinggal di situ. Saya katakan saja kita bisa taruh Rp 10 triliun di BPKD khusus beli lahan untuk RTH,” tambah Ahok, lagi-lagi disambut sorak dan tepuk tangan hadirin.

Dalam sambutannya tersebut, Ahok juga meminta dukungan kepada warga yang ada di sekitar masjid untuk mau merelakan tanahnya kepada Pemda guna menyokong rencana Ahok ingin anak-anak di Jakarta khatam Al-Quran.

Kita minta tetangga sekitar masjid mewakafkan dalam tanda kutip tanah-tanahnya di sekitar masjid kepada Pemda DKI. Itu nanti kita jadikan tempat olahraga, jadi areal masjid itu akan kita hijaukan seolah-olah itu bagian dari masjid tapi tetap aset pemda,” pungkas Ahok.

Ana, salah satu pemuda masjid yang berasal dari Pal Putih mengaku sangat mengapresiasi keinginan Ahok tersebut. Menurut Ana, jika anak khatam Al-Quran serta memahaminya, ketika dewasa perilakunya tidak menyimpang.

Anak-anak memang penting diajari agar khatam Al-Quran, biar enggak suka menyebar kebencian. Tapi sekarang kan susah ya, anak-anak jarang mau berkumpul di masjid-masjid. Makanya ide pak Ahok itu bagus sekali,” tuturnya.