akb48 teater

AKB48 dapat rekor baru. Semua pecinta J-Pop tahu bagaimana kehebatan sebuah idol grup bernama AKB48. Idol grup yang dibentuk pada tahun 2005 tersebut telah diakui sebagai idola nasional Jepang. Ratusan karya telah membuat banyak pecinta J-Pop menyukai mereka.

Kepopuleran AKB48 di Indonesia pun sudah berkembang sangat pesat. Hal itu tidak lain karena adanya adik mereka yang dibuat di sini, yaitu JKT48. Dengan euphoria yang besar kepada JKT48, pecinta AKB48 di sini semakin banyak. Terbukti dari banyaknya fanpage di facebook, twitter, dan blog yang membahas segala berita 48 grup terutama AKB48.

bokutachi wa tatakawanai screenshot

Single ke-40 mereka yang berjudul “Bokutachi wa Tatakawanai” yang dirilis 20 Mei kemarin berhasil terjual sebanyak 1,472,375 keping hanya dalam waktu 1 hari. Single ini menjadi single musim panas paling laris setelah Labrador Retriever 1,462,156 kopi, Sayonara Crawl 1,450,881 kopi, Manatsu No Sounds Good 1,170,554 kopi dan sebagainya. Cek di bawah ini, video versi pendek dari single ini.

Kemudian pada minggu pertama terjual hingga 1.673.000 kopi. Alhasil single itu ada di puncak tangga lagu Oricon. Dengan penjualan fantastis ini berarti sudah kali ke 21 mereka berturut-turut mendapatkan rekor sebagai single dengan penjualan sebanyak jutaan kopi. Sebenarnya AKB48 mempunyai 22 single yang berhasil terjual jutaan kopi tapi hanya 21 single yang berturut-turut karena 1 single lagi tidak terjual jutaan kopi pada hari pertama.

everyday kachuusha screenshot

Single pertama yang berhasil terjual satu juta kopi lebih di minggu pertama adalah ‘Everyday, Kachuusha” yang dirilis Mei 2011. Mereka adalah satu-satunya artis atau grup yang berhasil mencapainya.

Selain rekor penjualan jutaan kopi, single ini juga adalah single ke-27 yang berturut-turut mendapatkan peringkat 1 di berbagai chart musik Jepang. Alhasil rekor baru lainnya telah mereka catatkan, yaitu sebagai single dengan penjualan paling atas berturut-turut untuk artis wanita dan chart single dengan total penjualan paling atas untuk grup wanita.

Kenapa Single ke-40 Begitu Istimewa?

Single ini bukan single sembarangan ada banyak hal istimewa di dalamnya sehingga mendapat perhatian lebih dari penggemarnya. Ini dia daftarnya.

Single Pengantar Senbatsu Sousenkyou

watanabe mayu menang sousenkyou 2014

Setiap tahun AKB48 membuat acara senbatsu sousenkyou yang artinya seleksi pemilihan umum. Acara itu dibuat untuk menentukan kepopuleran member AKB48 berdasarkan voting fans. Dengan membeli CD ini fans akan mendapatkan tiket yang di dalamnya terdapat kode untuk memvoting member favorit.

Demi mengantarkan idolanya mendapatkan peringkat teratas, banyak fans yang rela membeli ratusan bahkan ribuan CD single yang sama demi mendapatkan banyak tiket voting. Semakin banyak single yang dibeli maka semakin banyak tiket voting yang didapatkan. Semakin banyak tiket voting maka semakin banyak kesempatan untuk memilih member favorit mereka. Dan semakin banyak member mendapatkan voting dari fans, semakin besar pula peringkat yang akan didapatkan.

PV Disutradarai Sutradara Film Rurouni Kenshin

pv akb48

Selain lagu yang mendapatkan perhatian, PV atau video klip single ini juga begitu menarik untuk disimak. Meski lagunya tidak terlalu energik tapi jika melihat PV-nya Anda akan merasa tercengang. Bagaimana tidak, jika Anda menontonnya Anda seakan sedang menonton film.

Ya. Banyak adegan action yang biasanya terjadi dalam sebuah film. Ditambah dengan diselipkannya sedikit cerita di bagian awal lagu. Tidak heran konsepnya seperti sebuah film karena sutradaranya saja yang pernah menyutradarai film yang laris di Jepang, Rurouni Kenshin.

Rurouni Kenshin adalah film live action dari Samurai X. Tentu pecinta anime sudah tahu bagaimana populernya anime Samurai X. Sutradara film live actionnya, Otomo Keishi tidak bekerja seorang diri, dia dibantu oleh 100 orang staff produksi dari film Rurouni Kenshin tersebut. Oleh karena itu PV-nya saja pertama diungkapkan di bioskop. Konsep yang belum pernah ada sebelumnya.

Sousenkyou Terakhir Takahashi Minami dan Single Terakhir Kawaei Rina

takahashi minami

Takahashi Minami dan Kawaei Rina salah satu member populer di AKB48. Takahashi Minami yang menjabat sebagai “General Manajer AKB48” akan lulus akhir tahun ini setelah ulang tahun ke-10 AKB48 nanti. Dia yang menjadi orang paling penting dalam sejarah AKB48 karena menjadi pemimpin dari awal karier AKB48.

Dia yang sering mendapatkan peringkat lebih 8 atau 9 ingin di sousenkyou terakhirnya, mendapatkan peringkat pertama. Dengan ambisinya ini tentu banyak fans yang ingin mewujudkan keinginan orang paling berjasa di AKB48 ini dengan memvoting dia sebanyak-banyaknya.

kawaei rina

Ini juga single terakhir Kawaei Rina, member generasi 9 yang disebut sebagai member generasi muda (generasi penerus AKB48). Namun karena kasus penyerangan oleh fans pada acara jabat tangan dia jadi tidak pernah bisa menghadiri acara itu lagi.

Oleh karena acara jabat tangan sangat penting bagi idola juga fans, dan dia tidak bisa datang lagi ke acara karena trauma maka memilih untuk lulus dari grup. Di single ini juga ada satu lagu yang dibuatkan khusus untuk kelulusannya beserta PV untuk lagu tersebut.

Fans yang mendukungnya tentu ingin membeli single ini sebagai kenang-kenangan terakhir dari sang idola.

Koreografi Tersulit bagi AKB48

bokutachi wa tatakawanai dance

Kebanyakan lagu AKB48 punya koreografi yang tidak terlalu sulit sehingga mudah untuk dihapalkan. Koreografi sulit pertama yang dilakukan AKB48 adalah untuk single ke-28 mereka berjudul “UZA”. Akan tetapi koreografi single kali ini punya tingkat kesulitan yang lebih besar. Gerakan demi gerakan dilakukan dengan sangat cepat dengan ketukan, gerakan tangan dan kaki yang sulit untuk dilakukan. Dengan PV yang keren ditambah koreografi yang keren pula tidak heran single ini mendapat nilai plus yang banyak.

Selamat kepada kakak JKT48 karena prestasinya yang sangat membanggakan. Semoga single-single lainnya bisa mengekor kesuksesan.