teknologi penjernih suara
beritaekonomi.kiosgeek(com)

Perusahaan telekomunikasi Indosat akhirnya juga mengadopsi teknologi panggilan HD Voice yang membuat pelanggannya bisa menikmati suara jernih dan jelas ketika melakukan panggilan di ponsel. Tetapi, belum semua pelanggan Indosat bisa mendapatkan pengalaman canggih ini. Mengapa?

Seperti yang dilansir dari CNN, Minggu (08/02/2015), menurut keterangan resmi dari pihak Indosat, teknologi penjernih suara ini baru bisa dinikmati pelanggan di sepanjang jalan protokol di Jakarta, seperti di jalan M.H. Thamrin sampai jalan Sudirman. Teknologi penjernih suara ini juga tersedia di Makassar.

Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli mengatakan, secara bertahap perusahaan akan memperluas teknologi HD Voice di kota lain, terutama kota yang telah dilaksanakan modernisasi jaringan, seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Batam, Balikpapan, Sukabumi, Bali, Medan, Pekanbaru, Padang, Mataram, Palembang, dan Manado.

Indosat menargetkan teknologi penjernih suara ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Indosat pada 20 Februari 2015 mendatang. Sampai kuartal ketiga 2014 lalu, Indosat masih memiliki 54,2 juta pelanggannya di seluruh Indonesia. Alexander mengatakan, meskipun saat ini tren komunikasi mengarah ke arah pemakaian data atau internet, tetapi Indosat percaya kualitas layanan suara tetap harus ditingkatkan.

“Kami harap dengan kualitas suara yang lebih jernih akan membuat kegiatan menelepon pelanggan lebih nyaman dan menyenangkan,” katanya dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia, Sabtu (07/02/2015).

Teknologi Voice HD atau teknologi penjernih suara dari Indosat ini mengaktifikan Adaptive Multi Rate Wideband (AMR WB) pada perangkat radio. AMR WB ini nantinya bisa meningkatkan penggunaan frekuensi untuk aplikasi voice dari frekuensi maksimum 3.400 Hz menjadi dua kali lipat, sebesar 7.000 Hz.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 300 perangkat telekomunikasi dari berbagai merek telah mendukung teknologi penjernih suara Voice HD ini. Teknologi ini telah diadopsi oleh operator telekomunikasi di lebih dari 60 negara.

Ini bisa dikatakan terobosan yang sangat baik dilakukan oleh Indosat, mengingat jumlah pelanggannya yang sudah mencapai 54,2 juta ini. Jumlah yang tidak sedikit untuk bisa diperhitungkan kualitasnya. Anda pelanggan Indosat? Siap-siap menikmati teknologi penjernih suara yang canggih ini.