Aneka-cara-membuka-mata-batin

Mata batin dikenal dengan sebutan indra ke enam atau sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melihat hal-hal ghaib. Sebagian orang berupaya untuk membuka mata batinnya untuk melihat yang tidak bisa dilihat oleh mata lahiriyah.

Namun, sebelum membahas tentang aneka cara membuka mata batin, sebaiknya kita cari tahu dulu tentang ilmu mata batin itu sendiri. Ilmu mata batin adalah pengetahuan spiritual yang di dalamnya terdapat beberapa amalan untuk seseorang. Jika orang tersebut melakukan amalan itu maka dia akan memiliki kelebihan yang luar biasa.

Kelebihan yang akan dimiliki adalah mampu membaca isi hati orang lain, mampu melihat serta berkomunikasi dengan makhluk ghaib, bisa melakukan penerawangan, mampu melihat masa lalu dan masa depan, serta mampu memprediksi suatu kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Mata batin sendiri ada di dalam diri setiap manusia sejak manusia itu dilahirkan dalam keadaan fitrah atau suci. Namun, seiring dengan perjalanan hidup manusia sering diliputi berbagai sifat keduniawian yang membuat mata batin tidak bersinar. Lihat saja bayi yang baru lahir dia begitu peka akan hal-hal yang berbau ghaib.

Beberapa Aneka Cara Membuka Mata Batin yang Bisa Anda Lakukan!

indra-ke-enam

Oleh karena itu, banyak orang yang ingin kembali membuka atau mempertajam mata batinnya melalui berbagai cara. Di dalam agama Islam terdapat beberapa do’a yang dapat membukakan mata batin Anda. Beberapa aneka cara membuka mata batin salah satunya dengan membaca do’a.

Dengan melakukan ibadah secara terus menerus senantiasa istiqamah adalah salah satu bagian dari aneka cara membuka mata batin. Mendekatkan diri kepada Allah, melakukan segala ibadah wajib yang diperintahkan Allah SWT juga bisa mempertajam mata batin Anda.

Semua itu dilakukan dalam rangka membersihkan hati dari segala dosa, hingga hati menjadi bersih sebening kaca tanpa noda. Karena, seseorang dengan hati yang bersih tak hanya akan mempertajam mata batinnya, tapi juga akan memiliki kenikmatan serta ketentraman jiwa.

Lantas aneka cara membuka mata batin apa saja yang dapat dilakukan? Berikut ini adalah beberapa alternatif cara membuka mata batin yang bisa Anda lakukan:

1. Dengan Do’a

Selain menjalankan ibadah dengan tulus dan ikhlas serta istiqamah, membaca do’a serta mengamalkan beberapa amalan cara membuka mata batin juga akan membuat mata batin kita terbuka dengan sendirinya.

Dengan membuka mata batin, niatkan hal tersebut untuk kebaikan serta bersihkan hati dari semua perasaan iri hati, dengki dan hasut. Penyakit hati itulah yang membuat mata batin kita tertutup.

Ada 3 do’a yang mampu membukakan mata batin, diantaranya:

• “Allahu wujudullah dzatullah sifatullah sirrullah kunfayakun”. Sebaiknya do’a ini dibaca tiga kali dalam satu tarikan nafas. Jika dilakukan saat melaksanakan semedi lafalkan do’a ini dalam hati sebanyak-banyaknya.

• “Shidiqul ghuyub bisirullah”. Bacalah do’a ini sebanyak sebelas kali dalam satu tarikan nafas. Sama seperti do’a sebelumnya ketika melakukan semedi lafalkan do’a ini dalam hati sebanyak-banyaknya.

• “Bismillahi Rokhmatal Ghoiba Wassamawati Wal Ardhy, Allahumma Juz ‘Alaikal Bashor”. Untuk doa cara membuka mata batin ini lakukan di pagi dan sore hari. Bacalah doa ini sebelas kali dalam satu tarikan nafas.

Selain itu, rapatkan kuku jempol tangan kanan dan kiri, jilat tiga kali dan tipu tiga kali sambil di usapkan pada kedua mata tiga kali.

2. Dengan Puasa

Aneka cara membuka mata batin yang ke dua adalah dengan berpuasa Senin-Kamis. Usahakan berpuasa selama 7 kali Senin dan 7 kali Kamis tanpa terputus. Bukan hanya itu, Anda juga diharuskan tidak makan dari bahan makanan yang asalnya bernyawa.

Sebaiknya memulai puasa pada hari senin tanggal 12, 13, atau 14 penanggalan Hijriyah saat bulan masih mengembang. Tidak dianjurkan orang yang ingin membuka mata batin dengan puasa memulainya saat tanggal 15 bulan purnama.

Sebelum memulai puasa, Anda juga harus menyediakan air hujan secukupnya untuk perlengkapan ritual membuka mata batin. Dikhususkan pada hari Senin memulai puasa, pada pukul 12 malam Anda harus melakukan sholat hajat. Setelah melaksanakan sholat hajat, Anda juga diharuskan menuliskan kata “Batin” dalam bahasa arab sebanyak 52 kali pada piring kaca. Setelah itu, basuh tulisan tersebut dengan air hujan sampai benar-benar terhapus.

Air hujan yang digunakan untuk menghapus tulisan tersebut Anda minum sambil membaca doa: “Bismillahirohmanirrokhim Alla Ya’ lamu man kholaq, wahuwal-lathiiful khobir”, sebanyak tiga kali di dalam hati.

Pada saat puasa hari Senin pertama, setelah sholat isya disarankan untuk berdizikir “Yaa Khobiir” sebanyak 812 kali dan sholawat “Allahumma sholli’alaa sayyidinaa Muhammad sholaatantuthli’unaa bihaa maqoshidal quluubi wabaarik wasallam”, sebanyak 41 kali.

Sedangkan setelah melakukan sholat hajat dan ritual khusus tadi, dianjurkan untuk membaca 9 asmaul husna di bawah ini sebanyak 41 kali.

asmaul husna untuk membuka mata batin

Amalan-amalan di atas aadalah amalan yang harus dikerjakan saat hari Senin pertama ketika memulai puasa. Sementara di hari-hari selanjutnya, dianjurkan untuk rutin membaca 9 asmaul husna tadi sebanyak 3 kali, “Yaa Khobiir” 21 kali, dan sholawatnya 5 kali setiap usai melaksanakan sholat Maghrib.

Untuk setelah melaksanakan sholat fardhu baca “Yaa Bhatiinu 100 kali atau lebih baik langsung membaca 1000 kali dalam sehari. Agar mata batin terbuka dengan cepat sebaiknya hindari mengkonsumsi daging dan telur dalam makanan sehari-hari.

3. Membuka Mata Batin dengan Surah Al Ikhlas

membuka-mata-batin-dengan-surah-al-ikhlas

Jika pada cara membuka mata batin dengan berpuasa harus melakukan ritual khusus, cara yang satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Sebenarnya tahapan pertama dalam membuka mata batin dengan berbagai cara sama saja, harus memantapkan hati, mental, fisik serta niat yang baik.

Mengapa harus diberengi dengan niat yang baik? Karena, apapun yang kita lakukan dengan tujuan baik maka yang kita inginkan akan tercapai. Salah satu cara membuka mata batin yang sangat mudah adalah dengan membaca surah Al Ikhlas. Cara ini sangat cocok untuk orang-orang awam atau pemula.

Cara yang pertama adalah mantapkan niat dalam hati. Kemudian usahakan untuk bangun setiap hari sebelum matahari terbit. Biasakan Anda terjaga ketika adzan subuh berkumandang. Hal ini dilakuakan agar Anda dapat meilhat matahari terbit dari ufuk timur.

Selanjutnya adalah membaca surah Al Ikhlas setiap hari ketika matahari akan terbit. Usahakan baca surah tersebut sebanya-banyaknya sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan membuat target dalam menentukan seberapa banyak Anda akan membaca surah Al Ikhlas setiap harinya. Hal terpenting dalam cara ini adalah rasa ikhlas dalam hati.

Pada sore hari sebelum bulan muncul atau matahari akan terbenam bacalah surah Al Ikhlas sama seperti pagi hari. Lakukan cara ini selama satu tahun terus menerus setiap hari hingga mata batin Anda benar-benar terbuka dan tajam.

Diusahakan dalam melaksanakan cara ini jangan sampai orang lain tahu sebelum mata batin kita benar-benar terbuka. Setelah Anda yakin mata batin Anda telah terbuka dan tajam ujilah mata batin Anda. Anda bisa mengujinya dengan berlatih ketika malam hari. Salah satu cara menguji mata batin adalah dengan mendengar suara alam yang sangat lirih.

Beberapa aneka cara membuka mata batin di atas bisa Anda coba di rumah. Namun, dengan catatan jangan memanfaatkan mata batin untuk hal-hal yang tidak baik!