sumber foto : rimanews
sumber foto : rimanews

Apakah Prabowo Dukung Pemerintah Naikkan Harga BBM? Ya! Keputusan Prabowo dukung pemerintah menaikkan harga BBM ternyata sudah dipikirkan secara matang oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut.

Namun demikian, ada syarat khusus yang Prabowo sampaikan kepada Presiden Jokowi terkait penetapan harga.  Menurutnya, kelompok ekonomi miskin harus terjamin dan dilindungi dari dampak kenaikan harga BBM.

“Pemerintah harus melakukan antisipasi yang baik, yang paling penting dipikirkan antisipasi untuk rakyat yang paling lemah dan yang paling miskin agar tidak memberatkan,” ujar Prabowo seperti dilansir oleh cnn Indonesia.

Mengapa Prabowo Subianto mendukung kenaikan BBM?

Menurut Prabowo, subsidi BBM memang sudah harus dikurangi pada tahun ini. Pada kondisi nyata, memang beban subsidi BBM terhadap ekonomi nasional sudah terlalu berat. Hal ini harus diakui termasuk oleh anggota DPR supaya tak terlalu keras dalam menilai masalah BBM.

Maka kemudian, jalan untuk menyelamatkan, mau tidak mau memang sewajibnya subsidi harus dikurangi, kalau mampu dikurangi seminim mungkin. “Yang jelas kami berpendapat tidak masuk akal kalau negara ini membakar (subsidi) Rp 300 triliun per tahun,” ujar Prabowo seperti dilansir oleh merdeka.

Prabowo juga mencontohkan jika subsidi bisa terarah untuk membantu rakyat miskin seperti yang terjadi di negara lain. “Misalnya di Thailand itu untuk bus yang tidak ber-AC biaya ditanggung pemerintah 100 persen. Warga gratis. Itu yang harus kita pikirkan,” ujarnya.

Selanjutnya Prabowo juga mendukung penuh rencana pemerintah memberikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), asalkan kebocoran dana tidak terjadi.

“BLSM kita dukung asal jangan ada kebocoran. Kami dapat informasi beras untuk rakyat miskin tidak sampai. Gerinda mendukung, gimana solusi terbaik supaya tidak bocor,” ujar sang mantan Danjen Kopassus.