batu-merah-delima-yang-asli

Siapa yang tak kenal dengan batu akik merah delima atau batu ruby? Batu akik yang indah nan elok ini tengah menjadi buruan para penikmat akik di seluruh Indonesia. Selain itu, batu ini juga memiliki harga yang cukup fanstastis lho.

Harga jual yang mahal membuat para pedangan nakal memanfaatkan kesempatan ini. Banyak dari mereka yang menjual batu merah delima palsu dengan harga yang cukup tinggi. Memang batu merah delima palsu jika dilihat dengan mata telanjang hampir 100% mirip dengan yang asli.

Hal tersebut membuat para penikmat akik menjadi was-was takut terkecoh dengan situasi ini. Mungkin, bagi mereka yang sudah malang melintang menjadi kolektor akik, membedakan batu merah delima yang asli dan palsu bukan hal yang sulit. Tetapi bagi mereka yang baru tertarik untuk mengoleksi akik, membedakan batu akik yang asli atau palsu adalah persoalan sulit.

batu-merah-delima-yang-asli-dan-palsu

Agar tak mudah tertipu para penjual batu merah delima palsu, sebaiknya Anda mengetahui tentang batu merah delima yang asli. Batu merah delima yang asli memiliki ciri-ciri dan khasiat yang dipercaya mampu mendatangkan kebaikan bagi si pemakainya.

Ciri-ciri batu merah delima yang asli, diantaranya:

Batu merah delima yang asli bentuknya kecil, bisa dibilang ukurannya sama seperti biji delima, tidak besar. Jika Anda menemukan batu merah delima dalam ukuran besar, dapat dipastikan bahwa batu tersebut palsu.

• Warna merah batu ini tidak memiliki gelembung atau mengkristal

• Batu merah delima yang asli memiliki serat batu

• Walaupun kecil, tapi batu ini memiliki bobot yang berat

• Batu merah delima yang asli permukaannya sangat dingin dibandingkan dengan yang palsu

Ciri-ciri batu merah delima yang asli ini dapat membantu Anda dalam membedakan batu yang asli dengan yang palsu. Selain itu, batu merah delima yang asli juga memiliki khasiat yang dipercaya oleh sebagian orang. Karena khasiat tersebut lah batu merah delima banyak diburu para kolektor akik.

batu-merah-delima-soekarno-soeharto

Batu merah delima yang asli dipercaya mampu menambah kesan wibawa seseorang. Batu ini biasanya dipakai para pemimpin yang disegani oleh rekannya dan ditakuti musuhnya. Contohnya, batu merah delima ini pernah dipakai oleh Presiden Indonesia pertama dan kedua.

batu-merah-delima-yang-asli-atau-batu-ruby

Konon, menurut mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa batu merah delima ini berasal dari alam ghaib yang disebut ‘mustika merah delima’. Kebanyakan batu akik yang lain bisa ditemukan dalam perut bumi dan bisa didapatkan dengan cara ditambang atau menggali.

Sedangkan untuk batu merah delima sendiri, seseorang yang ingin memiliki batu ini harus memiliki jiwa spiritual yang tinggi. Maka dari itu tak sembarangan orang yang dapat memiliki batu akik cantik ini.

Zaman dulu batu merah delima ini digunakan sebagai media pengobatan alternatif untuk penawar racun, untuk menghindarkan manusia dari wabah penyakit, untuk membuang rasa duka cita yang mendalam, dan untuk menghilangkan sikap sombong.

Batu merah delima termasuk ke dalam batu legenda yang dikenal sudah sejak lama sebagai batu dengan kesaktian yang luar biasa. Hal ini pun masih menjadi misteri di masyarakat atau mungkin hanya sebuah mitos belaka.

Inilah Cara Membedakan Batu Merah Delima yang ASli dan Palsu!

tes-batu-merah-delima-yang-asli

Jika Anda benar-benar ingin memiliki batu delima yang asli. Setelah mengetahui ciri-cirinya, Anda juga harus mengetahui cara yang paling tepat untuk membedakan batu merah delima yang asli dan yang palsu.

Lantas cara apa saja yang dapat membedakan batu merah delima yang asli dan palsu? Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan:

1. Siapkan air putih sebagai alat untuk mengecek keasliannya.

2. Siapkan 40 gelas yang telah terisi oleh air putih. Letakan ke 40 gelas tersebut secara memanjang.

3. Masukkan batu merah delima pada gelas pertama, tunggu hingga air nya berubah menjadi warna merah.

Mengapa dibutuhkan 40 gelas air putih? Karena, batu merah delima yang asli warna merahnya mampu menembus 40 gelas yang diletakan memanjang, dalam waktu yang cukup lama. Namun, jika batu tersebut hanya mampu menembus 40 gelas dalam waktu hitungan menit, bisa dipastikan batu merah delima itu palsu. Sebab, banyak pembuat batu akik nakal yang sengaja meletakkan lampu senter di dalam batu tersebut untuk memberikan kesan merah.

Cara membedakan batu merah delima yang asli dan palsu ini bisa Anda praktikan dirumah. Semoga dengan tips di atas Anda yang mulai tertarik dengan batu akik tidak terkecoh dengan ulah para pedagang nakal. Lets try!