Bambang Widjojanto Ditangkap Bareskrim  Mabes Polri
viva(co.id)

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap Bareskrim Mabes Polri, Jumat (23/1/2015) pagi tadi ketika sedang mengantar anaknya ke sekolah. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apa penyebab Bambang Widjojanto ini ditangkap.

Iya tadi dibawa oleh Bareskrim Mabes Polri. Mungkin sekarang posisinya di Bareskrim. Belum ada keterangan ditangkap karena kasus apa, ” ungkap Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi, Jumat (23/1/2015).

Berdasarkan informasi yang didapat, Bambang Widjojanto ditangkap sekitar pukul 07.30 WIB. Pada saat itu, ada petugas yang mengaku dari Bareskrim Mabes Polri yang langsung membawa Bambang. Ketika dibawa oleh Bareskrim, bambang hanya sendirian dan tanpa didampingi oleh ajudannya. Bambang dibawa ke Bareskrim tanpa ada perlawanan apapun.

Johan Budi, Deputi Pencegahan KPK membenarkan penangkapan terhadap Bambang tersebut. Namun, setelah dilakukan konfirmasi kepada Mabes Polri, Wakapolri Komjen Badrodin Haiti mengaku tak terjadi penangkapan terhadap Bambang Widjojanto. Petugas dari mabes Polri juga tidak menyampaikan keterangan jelas apa kasus yang menyebabkan Bambang Widjojanto ditangkap.

Saya sudah mengontak pak Wakapolri, dan beliau mengungkapkan bahwa tidak ada penangkapan,” ujar Johan.

Bambang Widjojanto sendiri selama ini dikenal sebagai sosok pimpinan yang paling aktif dalam penanganan kasus-kasus korupsi, tanpa terkecuali. Kasus terakhir yang sedang ditangani oleh KPK sendiri adalah kasusrekening gendut Komjen Pol Budi Gunawan.

Kemarin, Kamis (22/1/2015) kuasa hukum Komjen Pol Budi Gunawan, Razman nasution membenarkan kliennya tersebut telah melaporkan pimpinan KPK kepada Kejaksaan Agung. Ada beberapa hal yang menjadi alasan Budi Gunawan melaporkan pimpinan KPK tersebut, antara lain kesan adanya pembiaran pada kasus tersebut terkait waktu kejadian dan waktu pemeriksaan.

Alasan lain dari dilaporkannya pimpinan KPK tersebut yaitu jumlah pimpinan KPK yang hanya empat orang. Padahal seharusnya ada lima orang. Dengan demikian, menurutnya, penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka itu cacat hukum karena pimpinan KPK tidak lengkap pada saat penetapan tersangka.

Setelah terjadi beberapa episode baru semenjak ditetapkannya Budi Gunawan menjadi tersangka kasus rekening gendut yang juga menyerat beberapa nama lain, penangkapan Bambang Wdjojanto ini merupakan episode yang paling mengejutkan. Lantas, adakah hubungan antara penetapan Budi Gunawan ini dengan penangkapan Bambang Widjojanto ini?