Belum Bisa Mengatasi Masalah Banjir di Ibu Kota
tempo(co)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa Ahok mengakui bahwa ia belum bisa mengatasi masalah banjir di Ibu Kota. Namun demikian, ia mengaku telah bekerja keras untuk menyelesaikan masalah banjir yang selalu terjadi setiap kali datang musim hujan ini.

Makanya pertama saya harus minta maaf kepada masyarakat. Faktanya, DKI belum bisa menyelesaikan banjir,” ujar Ahok saat ditemui di di Balai Kota, Selasa (10/2/2015) kemarin.

Ahok juga menjelaskan, masalah banjir di Jakarta ini sangat kompleks. Selain intensitas hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan oleh wilayah Jakarta setiap tahun mengalami penurunan permukaan tanah. Hal lain yang menurutnya tidak kalah penting dalam memberikan pengaruh terhadap masalah banjir di Jakarta ini yaitu masyarakat Jakarta yang cenderung egois. Hal ini dibuktikan dengan sulitnya pemerintah melakukan pembebasan tanah di sepanjang sungai untuk proyek sodetan guna mengatasi masalah banjir.

Kadang egois, tidak mau ngasih,” ujar Ahok.

Namun demikian, ia mafhum dengan keegoisan masyarakat Jakarta tersebut. Menurutnya, sikap seperti ini sama dengan sikap yang ditunjukkan oleh warga yang ada di Waduk Pluit. Mereka ngotot menolak pembebasan tanah.

Kami berusaha meyakinkan mereka,” tegas Ahok.

Mengenai undangan Presiden Jokowi kepadanya untuk membicarakan masalah banjir di Jakarta ini, Ahok mengaku sudah siap menjelaskan. Bahkan, ia sudah menunggu undangan dari presiden yang dulu menjadi partner kerjanya tersebut.

Saya lagi tunggu,” ujar Ahok.

Sejak Senin (9/2/2015) hingga hari ini, sebagian wilayah di Kota Jakarta dilanda banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI mengatakan ada 49 titik genangan di Jakarta, termasuk kawasan Istana Negara. Genangan air kemungkinan akan bertambah karena hingga hari ini hujan masih mengguyur Kota Jakarta.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG pada 12-13 Februari 2015 Jakarta akan diguyur hujan engan intensitas sedang hingga tinggi. Jika hal ini terjadi, kemungkinan beberapa wilayah di Jakarta masih akan terendam banjir, bahkan wilayah yang terendam akan meluas. Terkait hal ini, warga Jakarta dan sekitarnya diimbau untuk waspada.