Hotel-Berhantu-di-Indonesia
Hotel Berhantu di Indonesia | Foto: www(dot)srinadifm(dot)com

Fenomena hantu memang menjadi sebuah kisah yang cukup kontoversial di berbagai Negara. Menceritakan sebuah kisah mistis memang membuat kita merasa ngeri dan takut. Namun, bercerita tentang hantu menjadi kegiatan yang selalu asik untuk dibahas.

Biasanya orang-orang menceritakan tentang suatu legenda atau bercerita tentang hal-hal mistis yang dialami oranglain. Bahkan, sebagian orang bercerita tentang pengalaman pribadi mereka ketika tak sengaja melihat penampakan atau mengalami kejidian aneh disuatu tempat.

Ada berbagai tempat di dunia ini yang begitu kental dengan aura-aura menyeramkan, dari mulai rumah hingga bangunan-bangunan tua. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa tempat yang dianggap angker dan memiliki kisah mistis di dalamnya.

Bukan hanya bangunan tua yang masih kokoh berdiri, beberapa hotel di Indonesia pun memiliki kisah yang menyeramkan lho. Ya, memang jika dilihat dari fasilitas dan desain bangunan hotel yang sudah modern dan tak mencerminkan aura mistis, tapi tetap saja kisah menyeramkan dari tempat tersebut tetap terasa hingga kini.

Bahkan beberapa pengunjung hotel sempat merasakan langsung keangkeran dai hotel-hotel ini. Tetapi segelintir pengunjung lainnya hanya menganggap kisah hotel berhantu di Indonesia hanya sebuah mitos belaka.

5 Hotel Berhantu di Indonesia dengan Segala Kisahnya!

Ada beberapa hotel yang memang dipercaya sebagai hotel berhantu di Indonesia. Kisah-kisahnya pun memang nyata dan pernah dirasakan oleh beberapa pengunjungnya.

Lantas dimana saja hotel berhantu di Indonesia yang patut kita telusuri? Berikut ini adalah beberapa daftar hotel berhantu di Indonesia yang memiliki kisah mistis:

1. Hotel Inna Samudera Beach, Sukabumi

Hotel-Inna-Samudera-Beach
Hotel Inna Samudera Beach di Sukabumi | Foto: innasamudra(dot)com

Siapa yang tak tahu dengan legenda Nyi Roro Kidul sang penguasa Laut Pantai Selatan. Ya, legenda tentang Nyi Roro Kidul ini memang sudah melekat sebagai cerita rakyat yang dibicarakan secara turun temurun. Legenda ini diperkuat dengan salah satu kamar yang berada di Hotel Inna Samudera Beach.

Kamar-308-Inna-Samudera
Kamar 308 di Inna Samudera Beach | Foto: useewhatyoubelieve(dot)wordpress(dot)com

Salah satu hotel berhantu di Indonesia ini memiliki sebuah kamar yang tak biasa. Konon kamar misterius tersebut merupakan kamar Nyi Roro Kidul. Banyak keanehan jika kita melihat keadaan di dalam dan sekitar kamar yang bernomor 308 itu.

Payung-Hijau-di-Depan-Pintu-Kamar-308
Payung Pengantin Hijau Tanda Kamar 308 | Foto: feringebloging(dot)blogspot(dot)com

Kamar ini memiliki ciri khas khusus, yaitu tepat di depan pintu kamarnya berdiri payung pengantin berwarna hijau. Di dalam kamarnya pun semua perabotan dari gorden hingga seprei juga berwarna hijau. Selain itu, lukisan besar dengan gambar Nyi Roro Kidul pun ada disana.

Bagian-Dalam-Kamar-308
Cuplikan Film Kamar 308 | Foto: life(dot)viva(dot)co(dot)id

Di kamar 308 juga terdapat sebuah lemari kaca yang berisi gaun-gaun cantik milik Nyi Roro Kidul. Selain itu, kamar tersebut juga dilengkapi dengan meja rias yang lengkap dengan kosmetiknya. Konon semua itu adalah permintaan dari Nyi Roro Kidul.

Konon, Nyi Roro Kidul sering datang ke kamar 308 pada malam-malam tertentu. Cerita ini dipercayai karena beberapa kali para pegawai hotel yang bertugas membersihkan kamar tersebut melihat kasur agak berantakan, seperti bekas ditiduri.

Sesaji-di-Kamar-308
Sesaji di Kamar 308 | Foto: blog(dot)kiyudi(dot)com

Bukan hanya itu, sesaji dan dupa pun selalu tersedia di dalam kamar tersebut. Sesaji tersebut berasal dari para pengunjung yang sengaja datang ke kamar 308. Bahkan beberapa orang datang hanya sekedar ingin berdoa dan bertapa di kamar tersebut. Biasanya mereka banyak yang meminta rezeki dan jodoh.

Mitos yang paling terkenal mengenai legenda Nyo Roro Kidul adalah dilarang memakai baju berwarna hijau saat ke pantai. Larangan tersebut pun sangat ditaati oleh masyarakat sekitar baik para wisatawan.

2. Hotel Inna Garuda, Yogyakarta

Hotel-Inna-Garuda
Hotel Inna Garuda Yogyakarta | Foto: wikiwand(dot)com

Yogyakarta memang dikenal sebagai kota dengan pesona kebudayaannya yang masih kental. Selain itu, kota ini juga dijuluki Kota Pelajar. Namun, dibalik kedua hal tersebut Yogyakarta juga memiliki kisah-kisah mistis dari beberapa bangunan tuanya.

Sebut saja Hotel Inna Garuda. Hotel ini juga termasuk ke dalam hotel berhantu di Indonesia yang dipercayai memiliki kisah mistis yang menyeramkan. Pasalnya hotel ini berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dan hingga kini masih kokoh berdiri.

Kamar-911-di-Inna-Garuda
Kamar 911 di Hotel Inna Garuda | Foot: innagaruda(dot)com

Sama halnya seperti hotel Inna Samudera, hotel Inna Garuda juga memiliki satu kamar yang dianggap paling misterius. Kamar tersebut bernomor 911 dan 912.

Menurut pekerja dan beberapa pengunjung hotel, ketika malam hari pintu kamar tersebut kerap terbuka sendiri. Bahkan, ada seorang pengunjung yang pernah menginap di kamar tersebut pun mengatakan bahwa ketika malam hari suasana di kamar tersebut sangat sunyi dan senyap. Ia juga menuturkan pernah mendengar suara-suara aneh yang menakutkan.

Bukan hanya itu, pengunjung itu pun pernah melihat langsung kursi di kamar tersebut bergoyang sendiri. Menurut pegawai hotel, dahulu kamar tersebut pernah di singgahi oleh Jenderal Sudirman. Meski kamar tersebut menakutkan, tapi kamar dengan nomor 911 dan 912 tetap menjadi favorit pada pengunjung yang menginap.

3. Hotel Indonesia, Jakarta

Hotel-Indonesia
Hotel Indonesia Jakarta | Foto: thejakartapost(dot)com

Hotel berhantu di Indonesia selanjutnya adalah Hotel Indonesia. Hotel pertama dan megah ini juga tak luput dari kisah mistis dan fenomena hantu lho. Hotel Indonesia juga merupakan hotel berbintang yang pertama kali ada di Indonesia.

Kisah mistis yang paling terkenal dari hotel berhantu di Indonesia ini adalah hantu wanita Belanda yang berparas cantik, serta mengenakan gaun putih panjang. Konon penghuni hotel tersebut berdiam diri di lantai 7.
Beberapa pengunjung hotel mengaku pernah melihat sosoknya. Biasanya hantu perempuan cantik tersebut menampakkan diri di lift atau di sepanjang lorong hotel. Namun, penampakannya hanya dalam hitungan detik saja.

4. Hotel Niagara, Malang

Hotel-Niagara
Hotel Niagara di Malang Terkenal Angker | Foto: mlebulawang(dot)blogspot(dot)com

Hotel Niagara ini bisa di bilang hotel yang angker di Indonesia. Hotel ini terletak di pinggiran pusat kota Malang atau berada di daerah Lawang ini dikenal karena bangunannya tua yang megah. Bangunan hotel ini dibangun pada tahun 1918 dan kini telah berusia 97 tahun. Tak heran jika bangunan tua hotel ini menyimpan kisah-kisah sejarah perkembangan Indonesia.

Ada beberapa kisah mistis yang terjadi pada hotel berhantu di Indonesia ini. Dimulai dari lantai dasar hotel Niagara ini. Konon hotel ini memiliki sebuah bungker tua yang pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat pembuangan mayat.

Three-Beautiful-Ghost
Three Beautiful Ghost di Hotel Niagara | Foto: lensaterkini(dot)web(dot)id

Selain itu, ada kisah mistis lain yang terjadi di hotel ini. Menurut tamu hotel asal Belanda, bahwa mereka pernah mengalami sebuah pengalaman yang tidak mengenakan. Salah seorang dari mereka mengaku melihat sesosok hantu wanita Belanda. Bukan hanya satu yang dia liat melainkan tiga sosok wanita Belanda.

Konon ketiga Noni Belanda tersebut meninggal di hotel Niagara ini. Hingga kini ketika sosok hantu wanita Belanda itu kerap menampakan diri ketika malam tiba. Ketiga sosok wanita Belanda tersebut dikenal dengan sebutan ‘Three Beautiful Ghost Hotel’.

Sosok-Wanita-di-hotel-Niagara
Sosok Wanita yang Disinyalir Kerap Menampakkan Diri | Foto: plus(dot)kapanlagi(Dot)com

Kisah mistis lainnya adalah tentang seorang wanita yang meninggal gantung diri di jendela kamar hotel. Menurut warga sekitar, mereka pernah dikejutkan saat melihat sosok wanita yang gantung diri di jendela kamar di lantai 4 hotel ini. Wanita tersebut adalah seorang warga Negara Belanda yang depresi karena melihat suaminya selingkuh dengan wanita lain.

Kisah wanita gantung diri ini diperkuat dengan pengakuan dari beberapa orang yang melintasi hotel ini. Mereka mengaku melihat sesosok wanita dengan wajah yang mengenaskan tergantung di kamar hotel di lantai 4.

Tangga-di-Hotel-Niagara
Bagian Tangga di Hotel Niagara | Foto: plus(dot)kapanlagi(dot)com

Keangkeran hotel Niagara ini semakin menyeramkan dengan adanya pengakuan dari beberapa orang yang menginap. Konon ketika malam telah larut, mereka sering diganggu dengan ketokan pintu kamar. Kejadian ini dialami oleh hampir semua tamu hotel.

5. Hotel Grand Aquila, Bandung

Hotel-Grand-Aquila-Bandung
Hotel Grand Aquila Bandung yang ANgker | Foto: www(dot)aquila-international(dot)com

Hotel berhantu di Indonesia yang terakhir adalah Hotel Grand Aquila. Hotel ini merupakan salah satu hotel termegah dan termewah di Bandung. Namun, dibalik kemewahannya tersimpan kisah-kisah mistis yang membuat bulu kuduk berdiri.

Beberapa kisah mistis yang pernah dialami para pengunjung hotel berhantu di Indonesia ini, diantaranya ketukan pintu pada tengah malam, sering terdengar suara-suara aneh dari balik jendela kamar, serta keran air yang terbuka dengan sendirinya. Selain itu, hal mistis yang paling menyeramkan di hotel ini adalah beberapa orang pernah melihat penampakan hantu disekitar lorong-lorong kamar.

Itulah 5 hotel berhantu di Indonesia. Bagaimana? Apakah Anda berani menginap di salah satu hotel di atas? Hiyyyy……

Baca juga: Anda Pasukan Anti Ayam Jago? Yuk, Kenali Manfaat Cahaya Matahari yang Bakal Merubah Hidup Mu!