Berita Unik tentang Fobia Memang Menarik
Berita Unik tentang Fobia Memang Menarik | Foto : www.modernmom(com)

Ada banyak berita unik di dunia ini, salah satunya adalah tentang fobia-fobia aneh yang diderita sebagian orang. Apa itu fobia? Fobia merupakan perasaan takut yang sangat atau berlebihan terhadap sesuatu hal, bisa itu situasi, benda, orang, atau kejadian, dengan tanda-tanda keinginan seseorang tersebut untuk menjauhi apa yang ditakutinya.

Rasa takut berlebihan seperti ini penyebabnya banyak, di antaranya pengalaman seseorang yang diselimuti rasa bersalah atau malu dan pengalaman mengalami ketakutan hebat yang selanjutnya semuanya itu didorong ke dalam alam bawah sadar.

Kejadian traumatis di masa lalu atau masa kecil dulu bisa saja menjadi penyebab seseorang menderita fobia. Hal ini juga sering disebabkan karena faktor lingkungan, budaya, maupun keturunan.

Rasa takut dengan setan atau hal lain yang umum ditakuti itu wajar, tetapi rasa takut yang seharusnya tak ditakuti tentu menjadi hal yang aneh. Apakah ada orang yang mengalaminya?

Ini Dia Berita Unik Seputar Fobia Teraneh di Dunia!

Wajar rasanya jika di dalam diri setiap orang tersimpan rasa takut akan hal-hal yang menyeramkan, tetapi wajarkah jika ada orang yang takut dengan sayur, mandi, keju, dan hal umum lainnya?

Berikut ini kami sajikan berita unik dan lucu seputar fobia-fobia aneh yang walaupun terkesan lucu, tetapi orang yang mengalami sangatlah menderita.

1. Fobia Jatuh Cinta (Philophobia)

Fobia Jatuh Cinta
Fobia Jatuh Cinta | Foto : johantok.blogspot(com)

Jatuh cinta itu sudah biasa, tetapi takut jatuh cinta adalah berita unik dan aneh tentunya. Jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk menemukan cinta sejatinya, mereka yang menderita fobia jatuh cinta atau disebut dengan philophobia justru takut melakukannya.

Dalam dunia medis, pengidap fobia ini akan mengalami takut berlebihan dengan yang namanya jatuh cinta ataupun takut dalam membuat komitmen.

Apa penyebabnya? Kondisi takut jatuh cinta ini biasanya melanda seseorang karena mungkin di masa lalunya pernah mengalami trauma yang membuat orang tersebut kapok jatuh cinta lagi seperti trauma karena ditolak cintanya, diputusin, dan lain sebagainya.

2. Fobia Wanita Cantik (Venustraphobia)

Venustraphobia
Venustraphobia | Foto : zigaudrey.deviantart(com)

Pria mana yang tak suka dengan wanita cantik? Normal namanya kalau kaum pria menyukai lawan jenisnya, apalagi cantik, karena memang sudah seperti itulah kodratnya. Sebaliknya, wanita pun suka pria tampan dan ini normal.

Yang tidak normal adalah ketika ada seorang laki-laki yang takut pada wanita cantik. Memang cukup malang nasib pria penderita venustraphobia yang sangat takut bertemu wanita cantik.

Penderita fobia wanita cantik ini akan ketakutan saat bertemu atau dipertemukan dengan wanita cantik. Fobia dengan wanita cantik ini sangat jarang terjadi sehingga dianggap aneh bagi banyak orang.

Ada banyak penyebab seorang pria takut dengan wanita cantik, yaitu bisa saja karena kejadian buruk ataupun trauma di masa lalu yang melibatkan wanita cantik.

3. Fobia Tinggal di Rumah (Domatophobia)

Domatophobia
Domatophobia | Foto : www.flickr(com)

Rumahku adalah istanaku! Rumahku surgaku! Rumah merupakan surga bagi setiap orang, rumah adalah tempat berkumpul juga bernaung bersama keluarga, dan setiap insan pasti butuh rumah untuk melangsungkan kehidupannya.

Tapi, rumah bisa juga jadi sebuah tempat yang mengerikan bagi mereka penderita domatphobia. Inilah berita unik yang akan terus dikenang sepanjang masa.

Penderita fobia takut tinggal di rumah biasanya mengisolasi dirinya dari lingkungan di sekitarnya. Dirinya merasa ketakutan bila harus tinggal di dalam rumah dan justru hanya mau tinggal di tempat alami seperti gua atau sejenisnya.

Mungkin bagi orang normal seperti kita, rasa takut ini sangat-sangat konyol, tetapi bagi si penderita, tinggal di rumah adalah hal yang sangat menakutkan.

4. Fobia Bekerja (Ergophobia)

Ergophobia
Ergophobia | Foto : www.flickr(com)

Saat sedang menganggur, banyak orang berburu pekerjaan atau ingin memiliki pekerjaan. Apakah ada orang yang fobia bekerja atau takut bekerja?

Ternyata ada juga lho orang yang takut bekerja. Kondisi yang dikenal dengan sebutan ergofhobia ini berupa rasa takut tidak wajar terhadap pekerjaan ataupun lingkungan kerjanya.

Jenis ketakutan ini biasanya berupa campuran rasa takut terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan seperti takut bersosialisasi, takut presentasi atau bicara di depan umum, takut gagal mengerjakan pekerjaan, serta takut mengalami tekanan mental karena situasi lingkungan kerjanya.

5. Fobia pada Ibu Mertua (Pentheraphobia)

Pentheraphobia
Pentheraphobia | Foto : langnhincuocsong(com)

Suami takut istri itu sudah biasa, tetapi menantu takut ibu mertua itu mungkin masih terdengar aneh ya.

Antara menantu dan ibu mertua adalah dua orang yang sering menghiasai rumah tangga seseorang, salah satunya tentang rasa takut seseorang kepada ibu mertuanya.

Walaupun terdengar lucu, bagi Anda yang mengalami fobia pada ibu mertua, kondisi ini tentu saja sangat tidak lucu, tetapi menakutkan.

Ketika terpaksa harus berjumpa dengan sang ibu mertua, penderita pentheraphobia ini biasanya akan mengalami kecemasan, ketakutan, sampai mual, sebab khawatir dirinya melakukan hal-hal memalukan atau lainnya.

6. Fobia Mandi (Ablutophobia)

Ablutophobia
Ablutophobia | Foto : www.youtube(com)

Ablutophobia adalah keadaan seseorang yang mengalami takut berlebihan saat mencuci atau mandi. Aneh sekali ya jika aktivitas membersihkan diri ini sampai ada yang takut melakukannya.

Sampai kini, penyebabnya belum terungkap secara pasti, tetapi diperkirakan fobia ini bisa datang karena trauma seseorang di masa lalu, mengalami pengalaman yang menyedihkan, sampai emosi yang tak stabil.

7. Fobia Ikan (Ichthyophobia)

Ichthyophobia
Ichthyophobia | Foto : shareof(me)

Menu ikan adalah makanan yang sehat karena kaya vitamin dan itulah yang menyebabkan banyak orang hobi makan ikan. Tapi, pro dan kontra selalu ada di mana pun, termasuk yang kontra dengan ikan.

Apakah Anda takut ikan dan fobia ikan? Ikan bisa jadi sesuatu hal yang menakutkan bagi penderita ichthyphobia atau rasa takut berlebihan pada ikan.

Ya, si penderita ini selalu takut setiap kali melihat mata ikan yang besar-besar dan tubuh yang berlendir. Mereka sebisa mungkin akan berusaha menjauh dari suasana laut sebagai tempat hidup ikan maupun menu makanan ikan.

Apa lagi ya berita unik tentang fobia teraneh di dunia?

8. Fobia Sayur-sayuran (Lachanophobia)

Lachanophobia
Lachanophobia | Foto : photo(net)

Di dunia ini tak ada yang tak mungkin, sayur-sayuran yang merupakan makanan sehat ternyata ada juga yang membencinya.

Rasa takut yang berlebihan terhadap sayur-sayuran atau disebut lachanophobia ini tentu fobia unik sekaligus aneh. Ya, aneh karena sayuran adalah makanan yang sering dimakan dan justru bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

Nah, orang-orang yang menderita fobia sayur-sayuran ini akan merasa takut luar biasa walaupun hanya melihat sayuran, apalagi memakannya.

Ada banyak orang yang mengalami fobia sayur-sayuran ini, salah satunya adalah seorang gadis asal Portsmouth bernama Vicki Larrieux. Dirinya telah positif dan didiagnosis mengidap lachanophobia.

Rasa tegang dan panik sering muncul tiba-tiba setiap kali si gadis ini melihat sayuran. Oleh sebab itulah, setiap harinya, Vicki Larrieux tak pernah makan sayuran, terutama wortel, dan yang dimakan hanyalah kentang, daging, apel atau sereal.

9. Fobia Keju (Tourfobia)

Tourfobia
Tourfobia | Foto : chefjjs(com)

Siapa yang tidak suka keju? Keju adalah salah satu makanan yang rasanya gurih dan bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, sehingga disukai banyak orang.

Tapi, bagi beberapa orang, keju bisa menjadi fobia yang sangat menyeramkan. Takut berlebihan kepada keju yang dinamakan turofobia ini memang benar adanya.

Ya, mereka-mereka yang takut keju akan takut setengah mati untuk mengonsumsi keju. Ada beberapa pengidap turofobia yang hanya takut beberapa jenis keju, tetapi ada juga yang fobia dengan semua jenis keju.

10. Fobia Cermin (Catoptrophobia)

Catoptrophobia
Catoptrophobia | Foto : pixshark(com)

Inilah fobia kesepuluh, yaitu fobia cermin atau disebut juga dengan catoptrophobia, sebuah ketakutan untuk bercermin yang sangat kental dengan kepercayaan tertentu.

Seseorang takut bercermin karena kepercayaannya akan nasib buruk bisa menimpanya jika bercermin. Bahkan, lebih jauh lagi, dirinya sampai takut terhisap atau terkurung ke dalam cermin jika bercermin.

Dunia ini memang dipenuhi dengan keanehan-keanehan para penghuninya. Fobia-fobia yang dialami oleh setiap orang pun berbeda-beda dan aneh-aneh, ini memperlihatkan bahwa tak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Sekaya apa pun atau setinggi-tinggi derajat seseorang, pastilah memiliki rasa takut di dalam dirinya. Rasa takut terhadap sesuatu bisa menjadikan Anda fobia. Fobia aneh yang dialami banyak orang adalah berita unik yang akan dikenang sepanjang masa. Lalu, fobia apa yang Anda derita?

Baca Juga Nih: Ledakan di Mulut, Efek Samping Rokok Elektrik yang Paling Mengerikan?