sumber foto : kompas. fathkun nadjib sebelum kecelakaan.
sumber foto : kompas. fathkun nadjib sebelum kecelakaan.

Kematian Fathkun Nadjib korban tabrak lari di Cipularang masih sisakan kisah menyentuh hati. Siapa kira, niat mulia pemimpin klub offroad Jelajah Tanah Air (Jelata) pada malam kecelakaan terjadi (29/11), justru berakhir tragis. Apalagi pelaku tabrak lari di KM 97 tol Cipularang langsung kabur dan belum ditemukan sampai kini.

Sebelum kejadian itu, Fathkun Nadjib (50) turun dari mobil dan bermaksud menolong seorang sopir Mitsubishi Microbus yang terhimpit badan mobil, setelah mobil oleng lalu menabrak sebuah truk.  Tak lama kemudian, mobil jeep yang dikendarai Yusuf Ramdan berhenti di bahu jalan sebelah kiri persis di depan kendaraan Mitsubishi Microbus.

Saat itulah Fathkun Nadjib bermaksud menolong korban. Namun tiba-tiba ada kendaraan melaju cepat menabrak tubuh Fathkun Nadjib serta putra Fathkun, Yusuf Ramdan atau Dede. Video tabrak lari sempat diabadikan Dede (mengalami luka luar) karena saat itu dirinya sedang merekam proses evakuasi. Video tersebut sudah tersebar dengan harapan bisa menemukan pelaku beserta kendaraannya.

Pada 30 November 2014, akun Youtube atas nama Eko Prabowo, mengunggah video berdurasi 55 detik yang memperlihatkan detik-detik kejadian memilukan tersebut. Dalam video  terlihat jelas posisi Nadjib sedang melakukan evakuasi bersama seorang petugas.

Mobil lain terlihat melintas agak jauh, tetapi entah mengapa, mobil tabrak lari itu tiba-tiba melaju di tepi dan langsung menyambar korban. Tabrakan keras membuat Nadjib tewas seketika, sementara penabrak terus memacu mobilnya ke arah Jakarta.

Setelah video tabrak lari yang menewaskan Nadjib beredar di internet, spekulasi identitas mobil penabrak marak dibicarakan. Dugaan juga sempat dinyatakan oleh Wakil Kepala Polres Purwakarta Kompol Indra Gunawan setelah melihat goresan mobil penabrak di badan mikrobus. Kemungkinan mobil penabrak lebih pendek dari Toyota Avanza dan bisa jadi sejenis Honda Stream atau Mitsubishi Grandis.

Kepergian Fathkun Nadjib oleh karena kemuliaan hati, sangat layak mendapat penghargaan sebesar mungkin dari masyarakat. Tapi terutama adalah doa supaya amal ibadahnya, terkhusus pada saat kejadian diterima disisi-Nya. Selamat jalan,  Fathkun Nadjib, off-roadernasional berhati mulia.

nadjib2
sumber foto : kompas