Bisnis Sampingan Toilet Umum Ternyata Menjanjikan
Bisnis Sampingan Toilet Umum Ternyata Menjanjikan | Foto : en.wikipedia(org)

Bisnis sampingan yang menjijikkan kini banyak diminati masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Emang ada bisnis yang menjijikkan? Jangan salah, bisnis yang erat kaitannya dengan kata ‘jijik’ ini ternyata menjanjikan untuk dijadikan usaha sampingan bagi karyawan, yaitu bisnis toilet umum.

Mendengar tentang bisnis WC umum memang membuat kita semua sedikit bergidik. Kenapa kepikiran untuk bisnis toilet umum, memangnya tidak ada bisnis yang lain?

Jangan salah, jangan memandang soal jijiknya toilet, tetapi lihatlah potensi bisnis dari usaha WC umum ini. Kita bisa memulai usaha sampingan modal kecil ini dengan cukup mudah, lho.

Bisnis Sampingan Toilet Umum untuk Karyawan, Income Banyak dan Tanpa Pajak Pula!

Bisnis Sampingan Toilet Umum untuk Karyawan
Bisnis Sampingan Toilet Umum untuk Karyawan | Foto : rooang(com)

Anda karyawan yang sedang memikirkan bisnis sampingan, pasti tak pernah berpikir untuk bisnis toilet umum, karena memang dijamin Anda tidak minat untuk menjalani bisnis yang jorok ini.

Tapi, setelah membaca tulisan ini, dijamin Anda para karyawan yang sedang mencari peluang usaha sampingan pasti akan minat mendirikan bisnis WC umum ini. Kenapa?

Jika dipikir-pikir, buang hajat besar dan kecil merupakan sebuah kebutuhan primer yang bersifat mendesak, bukan sebuah keinginan.

Terkadang, saat menahan keinginan untuk BAB ataupun buang air kecil, seseorang bisa sangat emosi dan sangat arogan. Nah, dalam keadaaan seperti itulah, seseorang pasti rela membayar mahal asal keinginan buang hajatnya cepat terfasilitasi, walaupun di toilet yang kotor sekali pun.

Jika tarif menggunakan toilet itu misalkan seribu rupiah per orang per toilet, kita bisa membayangkan berapa pendapatan yang didapat bila ada puluhan orang yang buang hajat per hari di toilet umum yang dikelola seseorang.

Bahkan, ada seorang pengusaha toilet yang penghasilannya sebulan mencapai ratusan juta, lho! Percaya tak percaya kan? Itulah pengakuan seseorang yang sudah membuka bisnis toilet di seluruh Pulau Jawa.

Ini Nih Jumlah Uang yang Bisa Didapat dalam 1 Bulan!

Penghasilan dari Bisnis Toilet Umum Sangat Menjanjikan
Penghasilan dari Bisnis Toilet Umum Sangat Menjanjikan | Foto : mellbao.blogspot(com)

Bisnis sampingan WC umum dengan modal kecil untungnya sangat menjanjikan? Gak percaya atau belum percaya? Coba saja kita estimasikan keuntungan bisnis ini dengan hitung-hitungan sederhana berikut ini.

Misalkan Anda memulai usaha toilet sebanyak 2 ruangan toilet. Bila dalam sehari toilet umum ini dikunjungi 50 orang untuk buang air kecil dengan bayaran Rp2.000 per orang, dalam 1 hari artinya Anda bisa mengantongi uang sebanyak:

50 pengunjung x Rp2.000 = Rp100.000.

Lalu, penghasilan dalam 1 bulan berapa? Rp100.000 x 30 hari = Rp3.000.000.

Luar biasa bukan penghasilan kotor dari sekadar bisnis toilet ini? Penghasilan sebesar tadi baru dari satu atau dua toilet, apalagi jika Anda menambah jumlah toilet menjadi puluhan. Terbayang kan berapa rupiah yang akan didapat dalam sebulan?

Nah, untuk lebih meyakinkan lagi, berikut ini ada 2 kisah sukses pengusaha WC umum yang berpenghasilan ratusan juta dalam sebulan.

Kisah Sukses Pengusaha Toilet Hanya Bermodal 3 Juta

Bisnis Toilet Umum Bisa Bermodalkan Hanya 3 Juta
Bisnis Toilet Umum Bisa Bermodalkan Hanya 3 Juta | Foto : travelingprecils.blogspot(com)

Kisah pengusaha sukses yang bergelut dalam bisnis sampingan toilet umum datang dari seorang pria Bandung bernama Nanang Nurmadji. Pria ini menjalankan bisnisnya dengan cara menyewa toilet-toilet di sejumlah tempat seperti mall, terminal, sampai di pasar.

Nanang menyewa toilet-toilet tersebut sekitar 3 sampai 5 juta per tahun dengan jumlah toilet rata-rata 2 sampai 5 toilet.

Tapi, dengan menyewakannya sebesar Rp1.000 per pengunjung, Nanang bisa menghasilkan uang sampai 2 –  5 juta dalam sehari. Artinya, dalam waktu 1 bulan, dirinya mampu menghasilkan rupiah rata-rata sebanyak 100 jutaan.

Keuntungan yang sangat-sangat besar, bukan? Padahal pada awal memulai usaha ini, Nanang hanya menghabiskan modal 3 juta rupiah untuk menyewa 4 toilet di salah satu pusat perbelanjaan Kota Tasikmalaya.

Beberapa waktu kemudian, Nanang berhasil menambah tempat bisnisnya menjadi 18 spot toilet yang tersebar di wilayah Tasikmalaya, Bandung, Purwakarta, Bekasi, dan Jakarta.

Kini, aktivitas nanang hanyalah berkeliling mengecek toilet-toiletnya di kota-kota tersebut, sedangkan untuk operasional semua toilet yang dimilikinya diurus oleh 33 karyawannya dengan tugas menjaga sekaligus mengelola setiap toilet. Adapun gaji karyawan-karyawan tersebut saat itu adalah 850 ribu rupiah per bulan.

Sementara itu, biaya kebersihan toilet semuanya hanya sekitar 5 jutaan, sehingga dalam sebulan, uang yang dihabiskan untuk operasional tak lebih dari 35 juta rupiah.

Dalam hal urusan kejujuran para karyawannya, Nanang bahkan telah mampu memasang sejumlah CCTV di pintu masuk utama spot-spot toilet yang dimilikinya untuk mengetahui jumlah pengunjung dan uang yang disetorkan.

Tapi, sejauh ini Nanang mengaku belum terlalu memerlukan CCTV tersebut sebab semua karyawannya jujur dalam menyetorkan uang kepadanya.

Kini, pria ini sukses menjadi jutawan hanya dengan menggeluti usaha toilet yang identik dengan aktivitas kotor-kotoran ini.

Kisah Sukses Pengusaha Toilet Portable

Bisnis Sewa Toilet Portable Untung Ratusan Juta
Bisnis Sewa Toilet Portable Untung Ratusan Juta | Foto : cleandelaware(com)

Pria yang satu ini masih berasal dari Bandung, Wibowo Susilo namanya, dan ia sangat tertarik akan besarnya potensi bisnis toilet portable di pasar luar negeri.

Menurutnya, kebutuhan akan toilet tidak hanya kebutuhan orang-orang di luar negeri, sehingga usaha ini pun bisa dijalankan dengan baik di Indonesia. Berdasarkan pemikiran hal itulah, Wibowo Susilo dengan hanya bermodalkan keyakinan menyisakan uang tabungannya untuk memulai usaha toilet portable pada 2009 lalu.

Untuk modal awal, ia menghabiskan uang sampai 300 jutaan yang dipakai untuk membeli 10 unit toilet portable impor dari negara Amerika.

Memang tergolong modal yang cukup besar memang, tetapi ini jangan dijadikan patokan modal untuk memulai usaha toilet, lihatlah kisah suksesnya saja dan ambil saja ide-ide bagusnya.

Dengan 10 toilet tersebut, pria ini mulai menawarkan jasanya ke banyak tempat seperti kampus-kampus, pameran-pameran, sampai ke penyelenggara event organizer.

Walaupun pada awalnya usahanya ini sempat terhenti karena tak ada pelanggan, dirinya tak pernah menyerah untuk terus berpromosi ke mana-mana. Promosi online maupun lewat proposal terus dilakukan sampai akhirnya mendapat respons.

Hasilnya, kini dalam sebulan, ia rata-rata melayani pelanggan sekitar 50 unit toilet portable dari sejumlah wilayah di Indonesia, mulai Jakarta, Yogyakarta, Sumatera sampai ke Bali.

Tak hanya itu, ia pun menambah jumlah toiletnya berjenis premium untuk kebutuhan VIP serta EO untuk para artis di luar negeri.

Dalam sebulan, dirinya mengaku mampu mendulang uang sekitar 500 juta bahkan lebih sampai 800 juta. Adapun tarif sewa per 1 unit toilet ini adalah 2 juta rupiah jenis standar, sedangkan jenis premium 15 juta rupiah.

Anda para karyawan yang ingin menjalankan bisnis sampingan mudah-mudahan tergerak untuk bergelut menjadi pengelola bisnis jijik dan kotor namun menjanjikan ini.

Baca Juga Nih: Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat Menggunakan Obat Bau Mulut Ini Ampuh Juga, Lho!