cara berkebun
foto: www.ehow.com

Kita akan membahas cara berkebun di dalam ruangan. Berkebun sendiri merupakan hal yang sebenarnya menyenangkan dan menyehatkan untuk dilakukan. Menumbuhkan sayuran sendiri dan mengurangi pengeluaran dan meningkatkan konsumsi nutrisi dalam keluarga kita. Banyak sayuran yang memang ditumbuhkan di luar ruangan tapi bisa juga ditumbuhkan di dalam ruangan. Beberapa sayuran yang dapat tumbuh di dalam ruangan antara lain tomat, lettuce, kentang, dan wortel. Bagaimana cara berkebun di dalam ruangan?

Berikut ini cara berkebun di dalam ruangan:

  1. Menyiapkan tempat

Kebun sayuran bisa besar atau kecil, dan kebun di dalam ruangan bisa disesuaikan dengan besar ruangan yang kita miliki. Jika kita ingin menumbuhkan sayuran di dapur yang kecil, maka gunakan tempat/container kecil dan pilih tanaman kecil yang dapat ditumbuhkan.

  1. Memperhatikan cahaya

Beberapa tanama menjadi lemah saat tidak mendapatkan cahaya matahari yang baik dan sebagian tidak tumbuh dengan baik. Tanaman yang memproduksi buah biasanya membutuhkan lima jam penyinaran matahari setiap hari. Taruhlah pelindung jika sinar matahari langsung dapat mengenainya setelah 8 jam. Sinar matahari langsung setiap hari akan memberikan hasil yang baik. Bisa juga menambahkan cahaya buatan untuk beberapa tanaman yang membutuhkan cahaya banyak seperti tomat.

  1. Memperhatikan lingkungan

Perhatikan lingkungan tempat tanaman tersebut ditumbuhkan, misalnya temperatur dan kelembabannya. Ruangan yang udaranya kering bisa membuat tanaman juga cepat kering dari biasanya. Jika udara di ruangan kering, kita bisa melembabkan tanaman dengan menggunakan semprotan air.

  1. Merawatnya

Setelah menanamnya maka jangan lupa untuk merawatnya dengan baik, misalnya dengan menyiramnya. Tanaman di dalam ruangan sebenarnya membutuhkan air yang lebih sedikit daripada tanaman di luar ruangan. Ada juga beberapa jenis tanaman yang membutuhkan penyiraman dua kali sehari. Jadi pelajari dulu tanaman yang akan kita tanam tersebut. Penyiraman yang berlebihan juga tidak baik dan membuat tanaman mudah busuk. Tidak perlu menambahkan pupuk jika tanah yang digunakan sudah subur.

Nah, itulah cara-cara berkebun di dalam ruangan, kita bisa menerapkannya di rumah kita sendiri.