Cara-Membedakan-Charger-Asli-dan-Palsu
Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu | Foto: www(dot)pricearea(dot)com

Asli atau palsu! Cara membedakan keaslian suatu barang yang terlihat sangat mirip memang sulit. Saat ini hampir semua barang memiliki kembarannya. Contohnya tas, sepatu, handphone, dan masih banyak lagi.

Tuntutan gaya hidup yang tinggi memaksa masyarakat Indonesia saat ini untuk memiliki barang-barang branded dengan harga selangit. Namun, banyak orang dengan kemampuan financial rendah juga memaksakan untuk memilki barang mahal tersebut. Sehingga terciptalah berbagai barang tiruan atau palsu dengan kualitas yang rendah pula.

Bukan hanya barang-barang seperti tas dan lain-lain. Bahkan spare part handphone, mobil dan motor pun tak luput dijadikan barang tiruan. Misalnya, beredarnya charger dan headset palsu di pasaran.

Ketergantungan orang terhadap smartphone menjadikan charger dan headset salah satu barang yang harus selalu dibawa. Karena, jika smartphone kehabisan baterai dan tak membawa charger pasti kelimpungan mencari-cari charger.

Karena saking banyaknya orang yang menggunakan smartphone, banyak orang yang meraup keuntungan dengan membuat perangkat handphone tiruan atau palsu. Bentuk dan tampilannya pun sangat mirip, namun yang membedakan tentu kualitasnya.

Bentuk charger palsu dibuat sangat mirip dengan yang asli, pasti membuat pembeli kebingungan. Mungkin tidak menjadi masalah jika si pembeli memang tahu membeli spare part tiruan dengan segala resikonya. Tapi sebagian besar pembeli merasa sangat dirugikan akan hal ini.

Sebagai orang awam yang hendak membeli charger asli dengan kualitas baik tentu akan merasa rugi jika diberikan charger palsu atau tiruan. Hal ini harus diwaspadai dan jangan sampai terjadi. Saat ini sudah banyak penjual yang mengelabui konsumennya yang masih awam dengan memberikan charger dengan kualitas rendah.

6 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu!

Maraknya kasus tiru-meniru ini juga memaksa masyarakat harus pintas membedakan barang asli atau palsu ini. Sebaiknya sebelum membeli charger Anda harus mengetahui cara membedakan charger asli atau palsu. Karena, bisa saja Anda menjadi korban penipuan si penjual dengan menjual charger palsunya kepada Anda.

Lalu bagaimana cara membedakan charger asli dan palsu? Sedangkan bentuk dan tampilannya sangat mirip dengan barang yang asli. Simak info berikut ini mengenai cara membedakan charger asli dan palsu yang harus Anda ketahui.

1. Perhatikan ukuran colokan charger

Perhatikan-Colokan-ke-Smartphone
Perhatikan colokan ke smartphone | Foto: umahdroid(dot)blogspot(dot)com

Cara membedakan charger asli dan palsu yang pertama adalah perhatikan ukuran dari colokan charger ke smartphone. Karena, jika charger palsu disandingkan dengan yang asli akan terlihat perbedaannya. Charger palsu ukuran colokannya lebih panjang dibandingkan yang asli.

2. Perhatikan lekukan adapter

Perhatikan-Lekukan-Adapter
Perhatikan lekukan adapter | Foto: umahdroid(dot)blogspot(dot)com

Cara yang kedua adalah perhatikan dengan teliti lekukan yang terdapat pada adapter atau kepala charger. Jika dilihat dengan seksama lekukan adapter charger palsu terlihat lebih jelas. Sedangkan lekukan adapter charger asli terlihat lebih halus dan rapih.

3. Keterangan atau tulisan yang tertera pada adapter

Perhatikan-Keterangan-atau-Tulisan
Perhatikan Keterangan atau Tulisan pada Adapter | Foto: umahdroid(dot)blogspot(dot)com

Perhatikan dengan seksama tulisan atau keterangan yang tertera pada adapter charger. Cara yang ketiga ini memang agak sulit, karena jika dilihat sepintas tulisan atau keterangan tersebut tidak ada yang berbeda. Namun, jika dilihat dengan teliti terlihat jelas perbedaanya.

Yang paling jelas adalah tulisan keterangan pada charger asli terlihat lebih tebal huruf-hurufnya. Biasanya pada charger palsu tertera simbol A+ dan pada charger asli sama sekali tidak ada simbol tersebut.

4. Perhatikan lubang colokan USB

Perhatikan-Lubang-colokan-USB
Perhatikan Lubang Colokan USB | Foto: umahdroid(dot)blogspot(dot)com

Charger yang beredar saat ini baik asli maupun palsu berbentuk kabel data atau USB yang dilengkapi adapter. Hal ini memudahkan cara membedakan charger asli dan palsu. Karena pada charger palsu lubang colokan USB tidak rapih. Sedangkan lubang colokan USB pada charger asli lebih rapih dan halus.

5. Lekukan khusus di besi colokan

Perhatikan-Lekukan-Pada-Besi
Perhatikan Lekukan Pada Besi yang Dicolokan ke listrik | Foto: umahdroid(dot)blogspot(dot)com

Cara membedakan charger asli dan palsu selanjutnya adalah perhatikan lekukan khusus yang terdapat di besi colokan ke listrik. Pada charger asli terdapat lekukan khusus pada besi colokan ke listrik. Sedangkan pada charger palsu tidak ada lekukan sama sekali.

6. Perhatikan tulisan Samsung pada adapter

Perhatikan-Huruf-A
Perhatikan Huruf A nya | Foto: umahdroid(dot)blogspot(dot)com

Cara membedakan charger asli dan palsu yang terakhir adalah perhatikan tulisan Samsung pada adapter. Jika dilihat dengan seksama ada perbedaan yang terlihat. Pada charger asli tulisan Samsungnya terlihat jelas tanpa ada cacat sedikitpun. Sementara itu tulisan Samsung pada charger palsu sering terjadi kecacatan. Contohnya bisa dilihat pada gambar.

Memang sulit membedakan barang yang asli dan palsu. Tapi, jika diperhatikan dengan seksama terlihat jelas perbedaannya. Selain keenam cara diatas ada hal penting dan sangat harus diperhatikan, yaitu setiap charger asli dengan merk apapun pasti memiliki stiker hologram.

Stiker-Hologram-di-Charger-Asli
Stiker Hologram pada Charger Asli | Foto: s66(dot)photobucket(dot)com

Contohnya saja pada charger merk Samsung. Setiap charger aslinya pasti memiliki stiker hologram atau berwarna biru bertuliskan ‘SEIN’. Jika ketika membeli charger tidak ada stiker tersebut maka dipastikan charger tersebut palsu.

Bukan hanya itu, charger yang dijual di counter-counter HP mayoritas produk tiruan atau palsu. Bisa dibilang sangat jarang sekali ada counter yang menjual spare part asli. Jika Anda ingin membeli charger atau perangkat handphone lainnya yang asli sebaiknya datang langsung ke service center merk charger yang Anda butuhkan. Tentunya service center terdekat.

Itulah keenam cara membedakan charger asli dan palsu yang perlu diketahui oleh Anda sebagai pengguna smartphone. Mari mulai pintar membedakan yang asli dan palsu. Jangan sampai kecolongan ya!

Baca Juga: Keren! Gedung Tua di Bandung Berubah Tapi Tetap Bersejarah