cara menghilangkan tato permanen
genesymboltattoo(blogspot.com)

Cara menghilangkan tato permanen selalu dicari bagi mereka yang ingin segera menghapus tato di tubuhnya. Bukankah berbahaya? Ini cara efektifnya. Seperti yang kita ketahui, tato adalah tanda atau desain permanen yang dibuat pada tubuh dengan cara menyuntikkan pigmen ke dalam lapisan dermal kulit. Mengingat tato dimaksudkan untuk menjadi permanen, sehingga menghapus tato merupakan pekerjaan yang tidak mudah.

Tato merupakan identitas diri yang menunjukkan sisi lain dari pribadi seseorang, itulah yang biasanya dianut para penikmat tato pada umumnya. Setiap tato yang dibuat selalu mengandung makna dan arti khusus misalnya tulisan nama seseorang, tanggal penting, hingga gambar- gambar yang mengisahkan kejadian atau peristiwa tertentu.

cara menghilangkan tato permanen
rebelsmarket(com)

Kenangan mendalam juga biasa diabadikan melalui tato terutama tato permanen sehingga bisa selalu diingat dan dikenang selamanya mengingat tato permanen sangat sulit hilang mengingat sifatnya yang pemanen. Namun, dikemudian hari ketika anda dihadapkan pada situasi dan kondisi tertentu sehingga anda diharuskan mengahapus tato- tato permanen di tubuh anda bisa jadi anda akan merasa kebingungan mengenai cara menghilangkan tato permanen.

Di era serba modern seperti saat ini menghapus tato permanen caranya semakin beragam, mulai dari yang paling cepat hingga yang membutuhkan proses yang cukup lama semua itu tergantung kondisi tato permanen di kulit tubuh anda, semakin lama tatonya otomatis tinta tato sudah meresap ke jaringan kulit yang semakin dalam sehingga cara menghilangkan tato permanen pun membutuhkan cara yang lebih maksimal. Berikut cara menghilangkan tato permanen yang efektif.

Gunakan Laser

cara menghilangkan tato permanen
e-tattoo(blogspot.com)

Teknologi paling mutakhir sebagai cara menghilangkan tato permanen adalah laser, yang cukup efektif sekaligus paling aman bagi kulit. Prinsipnya adalah mengurai partikel tinta di bawah permukaan kulit, agar dapat dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh alami manusia.

Krim Anti Tato

cara menghilangkan tato permanen
kaskus(co.id)

Krim anti tato juga bekerja dengan cara menghilangkan tato permanen agar bisa luruh dari permukaan kulit. Krim semacam ini umumnya berisi larutan trichloroacetic acid (TCA) yang akan bereaksi dengan tinta namun lebih aman bagi kulit. Kerugiannya tak lain adalah harganya yang sangat mahal, yakni sekitar US$ 100 atau sekitar Rp 863 ribu untuk pemakaian rutin selama 2 bulan. Selain itu, efektivitasnyarelatif rendah sehingga lebih tepat disebut menyamarkan tato dan tidak dijamin akan hilang 100%.

Teknik Cryotherapy

cara menghilangkan tato permanen
tattoodesign.com-designs(net)

Tato juga bisa dihilangkan dengan menggunakan nitrogen cair yang suhunya berada di bawah titik beku. Jaringan kulit yang ditetesi cairan tersebut akan membeku dan hancur, kemudian luruh bersamatinta tato yang ada pada lapisan di bawahnya. Kelemahan teknik yang disebut cryotherapy ini adalah memicu kerusakan kulit yang serius. Dokter tidak bisa menghancurkan tinta tato yang letaknya di bawah kulit, tanpa merusak permukaan terluar dengan hanya meneteskan nitrogen cair di atasnya.

Mengiris Kulit

cara menghilangkan tato permanen
tattoopinners(com)

Teknik lain yang cukup mudah meski tetap harus dilakukan oleh dokter adalah mengiris kulit yang ada tatonya. Risiko terbentuknya jaringan parut pada teknik ini lebih besar dibandingkan dermabrasi, sehingga hanya dilakukan pada jenis tato yang tidak terlalu besar. Mengiris kulit hanya dilakukan pada tato berukuran besar jika teknik lain tidak berhasil menghilangkannya.

Teknik Dermabrasi

cara menghilangkan tato permanen
tattoo99(co.uk)

Teknik ini memakai sejenis amplas atau butiran pasir untuk menggosok kulit hingga lapisan paling luarnya terkelupas. Tinta tato yang terletak di bawah lapisan tersebut kemudian tinggal dikikis dengan pisau bedah oleh seorang dokter kulit. Meski mudah dan relatif murah, cara ini memiliki kerugian yakni rasa sakit yang luar biasa terutama jika ukuran tatonya cukup besar.

Teknik Eksisi

cara menghilangkan tato permanen
tattoodrawingpics(com)

Teknik Eksisi ini dilakukan oleh ahli bedah dermatologi menghilangkan tato dengan pisau bedah dan menutup luka dengan jahitan (dalam beberapa kasus yang melibatkan tato besar, akan diperlukan sebuah cangkok kulit dari bagian lain dari tubuh).

Bahan Alami

cara menghilangkan tato permanen
sheenamckee(blogspot.com)

Beberapa bahan alami yang bisa dijadikan cara menghilangkan tato permanen diantaranya madu, air jeruk lemon, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Pilih salah satu bahan tersebut kemudian oleskan pada bagian kulit tubuh yang terdapat tato yang ingin dhapus, lakukan secara rutin dan terus- menerus, secara berangsur- angsur tato permanen akan memudar hingga akhirnya hilang secara alami.