huffingtonpost.[com]
huffingtonpost.[com]
Siapa pun rasanya tak ingin mengalami kebotakan.  Kondisi kehilangan banyak rambut di bagian kepala, menjadi malapetaka yang memalukan dan mengurangi penampilan.  Apalagi jika terjadi pada usia muda, jelas sangat mempengaruhi kepribadian.  Mereka yang mengalami masalah kebotakan atau gejala rambut rontok berlebihan bakal berusaha keras mencari cara menumbuhkan rambut botak.

Meski sekarang ada klinik kecantikan dan salon yang menawarkan implant rambut atau penanam rambut  dengan bantuan dokter. Tapi opsi harus menyediakan dana besar. Tak setiap orang mampu  melakukan.   Mereka mencari alternatif lain menumbuhkan rambut botak dengan melakukan treatment secara alami menggunakan bahan-bahan alami.

Sekarang banyak sekali kasus kebotakan karena penyebabnya semakin banyak, tak hanya karena faktor genetic saja.    Misalnya dampak samping dari kemoterapi,  mengidap stress berkepanjangan, faktor obat-obatan dan gaya hidup tidak sehat.

Cara mencegah dan mengurangi rambut rontok :

  • Tonic ekstrak gingseng

Gingseng terkenal dengan kasiatnya yang mampu menumbuhkan rambut kepala.  Bentuknya berupa tonik hasil ekstraksi gingesng Korea.   Tonic ini banyak di jual di toko – toko kecantikan dan super market.

Cara penggunaan tonik dilakukan setelah keramas, ketika rambut masih basah sebaiknya kulit kepala di beri tonik. Caranya tonik diteteskan pada kapas seperlunya, kemudian tempel-tempelkan di kulit kepala secara merata. Terutama area yang mengalami kebotakan.

  • Lidah buaya

Opsi lain yang lebih murah dan natural adalah menggunakan daun lidah buaya atau nama latinnya Olea Vera. Lidah buaya dikenal bermanfaat  menyehatkan rambut kepala dan memulihkan kerontokan.

  • Konsumsi sayuran bergizi tinggi

Selain itu Anda juga harus mengimbangi dengan asupan makanan bergizi tinggi. Seperti sayuran hijau,  buah-buahan dan susu.  Terutama makanan yang mengandung mineral, vitamin D dan kalsium.  Makanan bergizi ini bermanfaat merangsang pertumbuhan rambut. 

  • Pola hidup sehat dan rutin berolah raga

Patuhi juga pola hidup sehat, tidur teratur  hindari begadangan.  Kendalikan stress dengan menghindari pemicunya.  Selain itu Anda rutin olah raga secara teratur agar peredaran darah di seluruh tubuh mengalir lancar.  Selain itu  dengan berolah raga,  keringat akan cepat keluar sambil membawa racun keluar tubuh melalui pori-pori.