KH Zainudin MZ

Siapa yang tidak kenal dengan KH Zainudin MZ? KH Zainudin MZ dikenal sebagai salah satu pemuka agama Islam di Indonesia. Meski beliau sudah tiada, namun ceramah KH Zainudin MZ tetap dikenang.

Mengenang Ceramah KH Zainudin MZ

Pemuka Agama Islam yang satu ini dijuluki dengan sebutan “Da’I sejuta umat”. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, dalam setiap ceramahnya, pasti dihadiri oleh ribuan umat. Lantas, bagaimana awal mula KH Zainudin MZ dikenal banyak orang?

KH Zainudin MZ dikenal lewat dakwahnya. Tepatnya ketika ceramah-ceramahnya masuk ke dunia rekaman. Kaset rekaman tersebut tak hanya beredar di Indonesia, melainkan negara-negara Asia lainnya. Sejak itulah, KH Zainudin MZ mulai dilirik oleh beberapa stasiun tv dan akhirnya dikenal banyak orang.

Semakin sering ia tampil di televisi, Zainuddin semakin fokus untuk menebarkan dakwah kepada umat Islam. Sudah banyak topik yang ia angkat dalam setiap ceramahnya.

Nah, di antara sekian banyak ceramah, salah satu topik yang menarik perhatian banyak orang adalah tentang 10 golongan teman setan. Lantas, siapa saja yang termasuk ke dalam kelompok tersebut?

10 Golongan Teman Setan

Siapa disini yang mau jadi temannya setan? Naudzubillahimindzalik, pasti tidak ada kan. Nah, tapi kita harus hari-hati, karena tanpa disadari ada perbuatan yang menjerumuskan kita menjadi teman setan.

Lantas, siapa saja yang termasuk ke dalam 10 golongan teman setan itu? Daripada penasaran, yuk simak 10 golongan teman setan dalam ceramah KH Zainudin MZ ini.

1. Hakim yang Curang

hakim

Seperti yang kita tahu, semua perbuatan harus bisa dipertanggungjawabkan. Karena nanti di akhirat, satu per satu umat manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas segala hal yang dilakukan semasa hidupnya.

Dan ternyata, dari sekian banyak umat manusia, para hakim mendapat giliran pertama kali didakwa pada hari kiamat. Dan diperkirakan, dari sekian banyak hakim, hanya segelintir yang bisa selamat. Mengapa demikian?

Setelah ditimbang amal baik dan amal buruknya, sebagian besar hakim lebih condong ke amal buruk. Dan perbuatan yang paling sering mereka lakukan adalah bertindak curang.

Namun pada dasarnya, hakim dibagi menjadi 3 golongan. Golongan pertama merupakan hakim yang mengetahui kebenaran, dan memutuskan perkara sesuai fakta, golongan ini masuk ke surga.

Golongan kedua merupakan hakim yang tahu akan kebenaran, tapi memutuskan tidak sesuai dengan fakta, ia masuk neraka. Terakhir hakim golongan ketiga, tidak tahu akan kebenaran dan memutuskan perkara dengan kekeliruan, ia juga masuk neraka.

Dan ketiga golongan pertama dan kedua masuk neraka, mereka adalah temannya setan. Hal ini membuktikan bahwa salah satu ciri teman setan adalah bersikap curang, tidak berkata sesuai dengan kenyataan.

2. Orang Kaya yang Sombong

sombong

Selain kecurangan, sikap sombong menjadi ‘kereta’ yang mengantarkan seseorang ke neraka. Iya, golongan teman setan lainnya adalah orang kaya yang sombong.

Orang kaya merupakan seseorang yang dianugerahi harta yang melimpah. Dan seharusnya, sebagai orang kaya harus bisa berbagi dengan orang-orang yang tidak mampu. Namun nyatanya, tak sedikit orang kaya yang justru bersikap angkuh, sombong.

Apa itu sombong? Sombong merupakan sikap dimana seseorang membanggakan diri sendiri dan menganggap dirinya jauh lebih baik dibandingkan orang lain. padahal sikap sombong merupakan salah satu sifat yang dibenci Allah swt.

Tak heran, jika akhirnya orang kaya yang sombong termasuk dalam 10 golongan teman setan. Sebab sifat sombong juga tertanam pada diri setan.  Dan jika termasuk temannya setan, kelak akan hidup bersama setan di neraka. Naudzubillahhimindzalik.

3. Pedagang yang Berkhianat

khianat

Apa itu khianat? Khianat merupakan tidak bisa dipercaya, curang, tidak berkata jujur. Sifat khianat ini bisa menyerang segala kalangan, contohnya pedagang. Dan pedagang yang berkhianat termasuk ke dalam 10 golongan teman setan.

Khianat yang dilakukan pedagang ada dua macam, yaitu berkhianat kepada pembeli dan sesama pedagang. Contoh khianat kepada pembeli adalah mengatakan barang itu asli, padahal yang dijual adalah barang palsu. Hingga akhirnya, pembeli menjadi korbannya.

Sementara itu, contoh berkhianat kepada sesama pedangang adalah saat berbagi untung. Misalnya si A dan si B kerjasama dalam berdagang. Namun saat pembagian keuntungan, si A curang dengan membagi keuntungan lebih banyak kepadanya.

Lantas, apa bahaya dari khianat? Bahaya dari khianat tentunya membuat kepercayaan itu hilang. Selain itu, siap-siaplah untuk menjadi teman setan dan hidup bersama dalam api neraka. Naudzubilahimindzalik.

4. Pemabuk

miras

Arak merupakan salah satu jenis minuman yang memabukkan. Dan tahukah, kalau orang yang meminum arak, tidak diterima sholatnya selama 40 hari, meski hanya setetes. Artinya, sholat yang ia lakukan selama 40 hari kedepan itu tidak diterima. Bahkan, dengan kehendak-Nya Allah bisa saja mencabut nyawa sang pemabuk kapan pun Dia mau.

Orang yang suka mabuk termasuk dalam 10 golongan teman setan. Karena sudah jelas, dalam Al Quran dijelaskan bahwa arak itu minuman haram dan harus dihindari. Dan barang siapa yang melanggar perintah Allah, bersiaplah menerima azab yang amat pedih.

5. Suka Memfitnah

fitnah

Lisan kadang lebih tajam dari silet. Ungkapan ini ternyata benar adanya. Berucap memang mudah, tapi mempertanggungjawabkannya berat. Nah, tak sedikit orang yang dengan mudahnya menuduh orang melakukan hal yang tidak-tidak. Orang yang seperti ini disebut tukang fitnah.

Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa, pemfitnah lebih jahat dibandingkan dengan tukang sihir dan pembunuh. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, fitnah bukan hanya mengorbankan satu atau dua orang, melainkan orang banyak.

Dalam ceramah KH Zainudin MZ diterangkan bahwa di antara 10 golongan teman setan, salah satunya adalah pemfitnah (orang yang suka fitnah). Allah tidak akan ragu untuk menjatuhkan para pemfitnah ke dalam api neraka. Naudzubillahhimindzalik.

6. Orang yang Riya

riya

Apa itu riya? Riya merupakan dengan sengaja memperlihatkan amal kebaikan kepada sesama manusia. Padahal seharusnya, segala sesuatu yang baik hendaknya diniatkan karena Allah swt. Dengan kata lain, riya merupakan memamerkan suatu kebaikan agat mendapat pujian dari orang lain.

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa riya termasuk salah satu perbuatan yang dibenci Allah. Bahkan riya termasuk dosa besar yang harus kita hindari. Dan jika sikap riya sudah tertanam kuat dalam keseharian, tak menutup kemungkinan kita menjadi teman setan.

Iya, dari 10 golongan teman setan, salah satu di antaranya adalah riya. Karena riya termasuk sifat setan. Jadi, jika tak ingin menjadi teman setan, jauhilah sifat riya. Jauh dari sifat riya, mendekatkanmu ke dalam surga Allah swt.

7. Orang yang Memakan Harta Anak Yatim

anak yatim

Beruntunglah bagi kalian yang masih mempunyai orangtua yang lengkap. Masih bisa mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtua kalian. Berbeda halnya dengan anak yatim.

Anak yatim harus rela kehilangan orangtuanya. Mereka harus bisa berdiri sendiri dalam menjalani hidup. Dan sebagai sesama muslim kita harus saling tolong menolong, termasuk kepada anak yatim.

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa sebaik-baiknya rumah ialah yang didalamnya ada anak yatim dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Dan rumah yang jelek adalah rumah yang didalamnya ada anak yatim namun diperlakukan dengan tidak baik.

Ingat, dari keseluruhan harta yang kita miliki, ada harta anak yatim. Jangan pernah menyakiti apalagi menelantarkan anak yatim, apalagi memakan harta anak yatim. Memakan harta anak yatim termasuk dosa besar.

Selain itu, memakan harta anak yatim merupakan salah satu ciri teman setan. Hal ini juga disampaikan oleh KH Zainudin MZ dalam ceramahnya bahwa salah satu golongan dari teman setan adalah mereka-mereka yang dengan sengaja memakan harta anak yatim.

8. Orang yang Mudah Meninggalkan Sholat

sholat

Bagi umat muslim, sholat menjadi salah satu ibadah yang wajib. Tak heran jika sholat disebut sebagai tiang agama. Jika sholatnya full, imannya kokoh. Sebaliknya, jika sholatnya bolong-bolong, pondasi imannya juga perlahan akan roboh.

Oleh karena itulah, sholat menjadi salah satu ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Dalam sehari, ada 5 waktu sholat wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Lantas, bagaimana hukumnya orang-orang yang mudah meninggalkan sholat?

Balasan untuk orang yang dengan mudah meninggalkan sholat itu amat banyak. Pertama, Allah akan mempersulit rezeki mereka. kedua, tidak akan dikabulkan doanya. Dan yang paling parah, ia akan menghadapi sakaratul maut dalam keadaan hina.

Orang yang dengan mudah meninggalkan sholat adalah teman karibnya setan. Karena dengan sengaja meninggalkan perintah Allah tanpa rasa takut.

9. Orang yang Tidak Membayar Zakat

zakat

Bagi setiap muslim, membayar zakat itu hukumnya wajib. Dalam surah al-Baqarah disebutkan “dirikanlah sholat dan tunaikan zakat. Kata “tunaikan” disini menandakan bahwa konsekuensi hukumnya wajib dikerjakan. Namun sebagian dari kita, mengganggap zakat itu hukumnya sunah.

Lantas, bagaimana hukum orang yang tidak membayar zakat? Tidak membayar zakat lebih hina dibandingkan mencuri. Dan hukumannya pun lebih sadis dibanding potong tangan. Dan orang yang tidak membayar zakat termasuk ke dalam 10 golongan teman setan.

10. Orang yang Suka Melakukan Hal-hal yang Sia-sia

melamun

Waktu adalah segalanya, untuk itu manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Gunakan waktu untuk hal-hal yang positif. Jangan sampai waktu terbuang sia-sia.

Dan ternyata, orang yang suka melakukan hal-hal yang sia-sia itu termasuk teman setan. Lantas, seperti apa hal-hal yang sia-sia itu? Misalnya sehari-hari hanya nongkrong di warung kopi. Sementara orang-orang diluar sana sibuk mencari kerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Itulah ulasan singkat ceramah KH Zainudin MZ tentang 10 golongan teman setan. Semoga kita tidak termasuk kedalamnya. Aamiin Yarobal Alaminn.