Keputusan Mengenai Kisruh KPK vs Polri Secepatnya
suaramerdeka(com)

Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menuturkan Presiden Jokowi harus mengambil keputusan mengenai kisruh KPK vs Polri secepatnya. Waktunya sendiri sebaiknya dalam minggu-minggu ini.

Yang harus menyelesaikan beliau (Presiden Jokowi). Ini presidensial problem,” ujar Denny setelah seminar “Selamatkan KPK” yang digelar oleh Pusat Studi Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Andalas di Padang, Kamis (12/2/2015).

Menurutnya, Presiden Joko Widodo sudah berjanji akan segera mengambil keputusan minggu ini mnegenai Komjen Budi Gunawan.

Jangan ditunda lagi. Jangan biarkan KPK terus diteror. Pimpinan KPK umumnya mengetahui risiko (teror) itu. Tapi bagaimana dengan keluarga mereka?” tegas guru besar hukum tata negara UGM tersebut.

Denny berkeyaninan Presiden Jokowi akan memenuhi janjinya tersebut. Pasalnya, janji Presiden memang sudah seharusnya ditepati. Jika janji tersbeut tidak ditepati, ujar Denny, akan menjadi catatan public bahwa Presien Jokowi tida menepati janjinya.

Mengenai KPK sendiri, Denny mengatakan kondisinya memang sudah genting. Jika komisi antisurah ini dilecehkan dengan terror-teror, ini artinya juga melecehkan Presiden sebagai pemimpin tertinggi di negeri ini. Oleh karena itu, Denny mengatakan Presiden jangan menunggu proses praperadilan Budi Gunawan yang diselenggarakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mungkin baru diputus minggu depan.

Lebih lanjut Denny mengatakan, praperadilan calon tunggal Kapolri yang berstatus tersangka atas dugaan suap dan gratifikasi tersebut tidaklah relevan dengan kasus ini. Banyak kalangan yang mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Sutarman (Kepala Polri) saja diberhentikan sebelum masa jabatannya habis. Kenapa sekarang enggak bisa membatalkan orang yang masih calon?” ujarnya.

Berbeda dengan pernyatan Denny Indrayana, pakar hukum tata neara, Andi Irman Putra Sadin malah mendesak Presiden Jokowi untuk segera memberikan kepastian mengenai kapan Komjen Budi Gunawan akan dilantik sebagai Kapolri.

Presiden Jokowi harus cepat melantik Budi Gunawan menjadi Kapolri. Jangan ada wacana lain, yang saat ini harus dilakukan adalah Presiden melantik Budi Gunawan,” ungkap Irman.

Bahkan, tambah Andi, Presiden hendaknya menentukan jadwal pelantikan Komjen Budi Gunawan, bukan malah mencari calon lain sebagai pengganti Kapolri.

“Di sini enggak ada politik-politikan, semuanya sudah clear, tinggal melantik,” pungkas Andi.