Kasus Budi Gunawan
kompas(com)

Wakapolri Badrodin Haiti menjelaskan, Polri masih akan melakukan pengkajian atas limpahan berkas-berkas penyelidikan serta penyidikan kasus Budi Gunawan dari KPK. Kejagung sebelumnya menilai jika ditangani Mabes Polri, kasus Budi Gunawan ini hasilnya akan lebih efektif.

Terkait dengan kasus yang dilimpahkan dari KPK tentu nanti harus kita pelajari berkas-berkasnya sejauh mana,” jelas Badrodin di Gedung KPK, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Komjen Badrodin Haiti juga mengatakan, Polri akan melakukan pengkajian terhadap sejumlah alat bukti yang dijadikan dasar KPK dalam melakukan penyelidikan terhadap kasus Budi Gunawan. Jika unsur-unsur alat bukti sudah terpenuhi, tambahnya, nanti akan dikaji lagi apakah kasus tersebut layak dinaikkan ke tingkat penyidikan ataukah tidak.

Kalau nanti misalnya sudah masuk ke penyidikan, bisa juga di-SP3. Tapi, yang dipastikan oleh KPK dan Polri ini masih penyelidikan karena penyidikannya dibatalkan putusan praperadilan” tambah Badrodin.

Lebih lanjut Badrodn Haiti menjelaskan, Polri akan memproses pelimpahan kasus Budi Gunawan ini dari nol, yakni dari tahap penyelidikan. Namun demikian, pihak kepolisian belum bisa memulai penyelidikan karena berkas perkara Budi Gunawan hingga kini belum diterima oleh Polri.

Kita lihat hasil penyelidikan tim dari Bareskrim. Kejaksaan akan berkoordinasi berkas-berkas yang dilimpahkan dari KPK ke kejaksaan,” jelas Badrodin.

Sebelumnya, KPK melimpahkan kasus Budi Gunawan ini ke Kejaksaan Agung. Hal ini dilakukan setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan bahwa penetapan status tersangka terhadap Budi Gunawan oleh KPK secara hukum tidak sah.

KPK sendiri menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi berupa gratfiikasi selama Budi Gunawan menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003 sampai 2006 serta jabatan yang lainnya di Mabes Polri. Komjen Budi Gunawan kemudian mengajukan praperadilan kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Terkait penetapan sebaga tersangka, Budi Gunawan gagal menjadi Kapolri meskipun penetapan tersangka sudah dicabut. Sebagai penggantinya, presiden Jokowi kemudian menunjuk Wakapolri Komjen Badrodin Haiti menjadi calon Kapolri menggantikan Komjen Budi Gunawan. Budi Gunawan sendiri kini disebut-sebut masuk ke bursa Wakapolri.