film paling rasis
sumber: bbc(com)

Setelah seratus tahun berlalu, The Birth of a Nation (1915) tetap menjadi film paling rasis. Sebenarnya filmnya menggunakan teknik sinema yang inovatif, sayangnya ini jadi film paling rasis. The Birh of a Nation diciptakan oleh DW Griffith, yang pernah menjadi seorang aktor dan juga pemain teater.

Ini bercerita tentang dua keluarga Amerika, satu dari Union dan satu lagi dari Confederate. Bercerita pada saat perang sipil dan rekonstruksi di Amerika Serikat. Film tersebut berdurasi lebih dari tiga jam dan mempekerjakan sekiar 18.000 orang dan 3.000 kuda. Pada tahun 1922, film ini telah dilihat lebih dari 5 juta orang, dan merupakan blockbuster yang pertama.

“Ini merupakan film box office yang sukses, film mainstream, sepenuhnya mainstream,” kata Professor Alan Rice dari University of Central Lancashire yang telah mengorganisir sebuah series dari film tersebut.

Ini menjadi sejarah saat sebuah film pertama kali direkam di White House. Tapi ini juga revolusioner karena alasan lainnya seperti penggunaan teknik pembuatan film yang baru. Mereka menggunakn fotografi malam, panorama long shot, montage, dan editing paralel yang bekerja dengan baik.

Sayangnya, film ini kemudian dikenal menjadi film yang paling rasis karena ceritanya. Film tersebut menggambarkan bahwa orang kulit hitam pantas untuk dihukum mati tanpa pengadilan, dan itu benar-benar sangat rasis. Profesor Rice juga menemukan bahwa di film tersebut seorang kulit hitam pemerkosa dihadapkan pada stereotype bahwa laki-laki kulit hitam menggunakan matanya hanya untuk wanita kulit putih.

Paul McEwan melihat cerita dalam film tersebut seperti melukiskan bahwa memberikan hak pada orang kulit hitam adalah kesalahan, kesalahan fatal, bahwa mereka melakukan hal buruk yang sebenarnya tidak mereka lakukan, dan juga menganggap bahwa Ku Klux Klan (KKK) adalah penyelamat Amerika.

Film memang dapat berpengaruh besar pada penontonnya, seperti pada film The Birth of a Nation ini. KKK sebenarnya merupakan organisasi yang mati pada tahun 1915 namun seteleh film paling rasis ini menjadi populer, KKK kemudian diciptakan kembali menjadi organisas masif pada tahun 1920.