Minta KemenPU-Pera Segera Tuntaskan Perbaikan Tanggul Kali Sunter
kompas(com)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) minta KemenPU-Pera segera tuntaskan perbaikan tanggul Kali Sunter, Jakarta Utara. Pasalnya, perbaikan tanggul Kali Sunter ini merupakan kunci untuk meminimalisasi genangan air di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Sampai hari ini, perbaikan tanggul tersebut belum juga rampung. Padahal, proyek ini dikerjakan sejak tahun 2012.

Kalau kamu mau tutup sungai, enggak boleh ada istilah diskon 10-20 persen, harus ditutup 100 persen. Kalau kamu harus tutup 1.500 cm, kamu sudah tutup 1.499 cm-nya, ada gunanya enggak? Ya pasti (tanggul) enggak berguna, tetap saja bocor,” ujar Basuki, saat blusukan di tanggul Kali Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (12/2/2015).

Basuki juga mengatakan peninjauannya tadi pagi adalah untuk memastikan agar kontraktor Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat segera menuntaskan pengerjaan tanggul tersebut. Basuki juga menuturkan pengerjaan tanggul yang tak kunjung selesai ini disebabkan oleh permasalahan administrasi.

Jadi persoalannya itu di birokrasi, belum ada dananya turun karena belum tender atau apalah. Ini kewenangannya pemerintah pusat, Kementerian PU, ya kendalanya karena administrasi belum selesai. Memang kita itu selalu kerja setengah-setengah,” ujar Ahok.

Jika pengerjaan tanggul Kali Sunter ini selesai, genangan air dan banjir tidak akan melanda kawasan tersebut. Bukan hanya itu, aktivitas perekonomian juga tentu akan pulih kembali. Pasalnya, akses menuju Pelabuhan Tanjung Priok pulih kembali. Menurutnya, ketika jalan Yos Sudarso terendam banjir, aktivitas ekonomi di jalan tersebut juga menjadi lumpuh.

Kepala BBWSCC Tubagus Iskandar juga menyebutkan pembangunan tanggul Kali Sunter yang dimulai tahun 2012 tersebut didanai oleh World Bank.

Panjangnya 1,8 kilometer yang sudah dikerjakan 1,3 kilometer. Tinggal lima ratus meter lagi. Akhir tahun ini diharapkan bisa selesai,” jelas Iskandar.

Basuki ada di kawasan tanggul Kali Sunter tersebut sekitar 15 menit. Dalam peninjauan tersebut selain didampingi Iskandar, Basuki juga didampingi Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi, Kepala Dinas Tata Air Agus Priyono, dan Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara Bondan Diah Ekawati.