tentang gluten
sumber: abcnews(go)(com)

Berbicara tentang gluten, mungkin sebagian masyarakat ada yang tahu apa itu gluten sedangkan yang lain tidak. Pada sebuah polling yang dilakukan pada orang dewasa Amerika Serikat, mereka mengatakan bahwa mereka mencoba memakan makanan bebas gluten. Google juga berbicara tentang gluten hingga mencapai 95 juta hasil pencarian. Jika kamu salah satu yang senang dengan makanan bebas gluten, mungkin karena kamu menghindari penyakit atau kamu pikir kamu alergi dengan gluten. Berikut ini beberapa hal tentang gluten yang perlu kamu ketahui:

Gluten tidak selalu menjadi masalah penyakit perut/celiac disease

Studi terbaru di Columbia University menyebutkan bahwa protein gandum juga bisa menjadi penyebab dari celiac disease. Sementara gluten merupakan protein tipe pertama di gandum, studi kemudian meneliti tentang celiac disease dan reaksi imunnya terhadap protein non-gluten.

Label makanan bebas gluten sekarang sudah distandarisasi

Sebelumnya label “bebas gluten” tidak diregulasi atau didefinisikan oleh badan administasi di Amerika Serikat, namun pada Agustus lalu akhirnya ada standarisasi yang jelas. Perusahaan makanan bisa menggunakan label tersebut pada produk yang memiliki kurang dari 20 bagian per juta gluten. Ini juga digunakan di Canada dan Eropa, dengan kata lain produk dengan label “Bebas gluten” sebenarnya tidak seratus persen bebas dari gluten. Jika kamu ingin yang alami dan bebas dari gluten maka pilihlah makanan yang tak diolah eperti buah-buahan dan sayuran.

Makanan bebas gluten juga banyak yang tidak sehat

Sementara sebagian orang mengartikan bahwa makanan bebas gluten adalah sesuatu yan sehat, ternyata banyak juga makanan bebas gluten yang tidak sehat. Makanan gluten free seperti cookies, pizza, mac dan keju, es krim, sandwich, chips dan bir, termasuk makanan yang perlu diwaspadai. Jadi perlu juga melihat kandungan keseluruhan makanan bukan hanya tentang gluten di dalamnya saja.

Makanan cepat saji yang bebas gluten belum tentu aman

Beberapa restoran cepat saji saat ini juga menawarkan makanan yang bebas gluten, tapi itu belum tentu aman bagi orang yang menderita celiac disease. Makanan tersebut disiapkan di dapur bersama dengan makanan lain yang mengandung gluten, dan itu masih tidak aman bagi penderita celiac disease.