5 makanan sehat
lintas(.me)

Seringkali makanan yang kita makan sehari-hari, dilabeli sebagai makanan sehat. Akan tetapi, secara konsisten gagal memberikan manfaat sehatnya. Berikut adalah kebenaran dari 5 produk maknan ‘sehat’ tersebut, yang bisa menipu Anda, seperti yang dilansir dari CNN, Jumat (13/02/2015).

Konsumsi Sereal

5 makanan sehat
raflinshouseearth(blogspot.com)

Beberapa sereal mengandung bahan-bahan organik seperti biji-bijian yang tinggi serat. Namun, tidak berarti secara otomatis itu baik. Gula organik juga merupakan gula. Banyak kemasan sereal organik yang mengandung pemanis. Jangan pula tertipu oleh sereal berserat tinggi. Sebab, seringkali itu dilengkapi dengan serat tambahan. Selain itu, konsumsi juga biji-bijian, buah-buahan kering yang dibekukan, serta kacang yang tidak diolah.

Keripik Sayur

5 makanan sehat
resepnasional(com)

Keripik kemasan yang mengaku berbahan dasar sayuran, sebagian besar terbuat dari tepung terigu atau tepung jagung. Alih-alih mendapatkan manfaat sehat sayuran, justru Anda akan lebih banyak mengonsumsi tepung yang mengandung gluten, protein khusus yang sulit dicerna oleh tubuh. Cobalah untuk membuat keripik sayuran sendiri dengan bahan tambahan lain yang terkontrol jumlahnya.

Minum Yogurt

5 makanan sehat
schoolmealsthatrock(org)

Di kedai kopi, makanan seperti seperti croissant, muffin, bagel, parfait (hidangan manis yang disajikan dalam gelas-gelas kecil) buah dan yogurt sepertinya adalah pilihan ideal. Kita mengira makanan tersebut memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Jangan tertipu, sebab kandungan gulanya pun tak kalah tinggi. Sebagian besar setidaknya mengandung 30 gram gula, beberapa bahkan melampaui 50 gram. Pilihlah yogurt polos dan beberapa buah segar. Campurkan buah ke dalam yogurt, lalu tambahkan tetesan madu.

Granola Bar

5 makanan sehat
onlineacademiccommunity(uvic.ca)

Banyak makanan serat granola yang mengandung lebih dari sepertiga kebutuhan serat harian kita, yakni 140 kalori. Sayangnya, kudapan ‘sehat’ tersebut tidak memperoleh serat dari gandum atau kacang. Masalah sebenarnya ada pada daftar bahan makanan. Granola bar disesaki oleh tambahan gula, minyak olahan, pewarna dan perasa buatan, serta pengawet. Jika Anda inign menikmati granola bar, pastikan daftar makanan memiliki bahan-bahan alami yang tinggi serat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Jus Botolan

5 makanan sehat
minumanbahanalam(blogspot.com)

Seseorang mungkin berpikir bahwa dia mendapat manfaat sehat sayur atau buah-buahan dalam minuman kemasan dingin. Namun, tanpa sadar dia mendapatkan lebih banyak gula dari sana. Beberapa smoothie kemasan mengandung lebih dari 50 gram gula per botol.