Kota-Berhantu-di-Dunia
Kota Berhantu di Dunia | Foto: stikwyrm(dot)deviantart(dot)com

Wisata hantu atau menelursuri berbagai tempat yang dianggap angker menjadi trend tersendiri dikalangan masyarakat Indonesia. Munculnya berbagai acara televisi yang bernuansa hantu membuat masyarakat Indonesia merasa penasaran akan cerita atau tempat-tempat berhantu yang ditayangkan televisi.

Bahkan ada beberapa komunitas anak muda yang gemar melakukan wisata hantu ke berbagai tempat angker. Tempat-tempat angker memang memiliki daya tarik tersendiri dan membuat kita penasaran tentang kejadian apa yang telah terjadi di tempat itu.

Bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki tempat-tempat angker dengan segala cerita menyeramkannya. Di berbagai Negara di dunia ini juga memiliki tempat atau bahkan kota hantu dengan cerita yang sangat menyeramkan.

5 Kota Berhantu di Dunia dengan Cerita yang Menyeramkan!

Kota berhantu di dunia ini memang memiliki sejarah cerita yang mengenaskan. Kota hantu atau kota yang terbengkalai akibat ditinggal oleh seluruh penduduknya. Bangunan-bangunan kosong yang tak berpenghuni memang menjadi tempat yang sangat disenangi para makhluk halus.

Kota berhantu dan menyeramkan itu tersebar di seluruh dunia dan hingga kini menjadi tempat wisata hantu terfavorit para wisatawan mancanegara.

Lantas dimana saja tempat kota berhantu di dunia itu? Berikut ini adalah informasi tentang kota berhantu di dunia yang sangat menyeramkan;

1. Kota Pripyat, Ukraina

Kota-Pripyat-Ukraina
Kota Pripyat, Ukraina salah satu kota berhantu di dunia | Foto: www(dot)mnn(dot)com

Kota berhantu di dunia yang pertama adalah kota Pripyat yang terletak di Ukraina Utara. Kota ini terkenal karena kisahnya yang tragis. Seluruh penduduk kota ini langsung dipindahkan saat bencana Chernobyl terjadi pada April 1986 silam.

Saat itu, salah satu PLTN yang berada di kota tersebut mengalami kebocoran, yakni PLTN Chernobyl. Kandungan radiasi nuklir yang tersebar di Pripyat sudah dalam tahap mematikan dan tak baik untuk dihuni makhluk hidup. Oleh karena itu, semua penduduk yang berada di pripyat langsung meninggalkan kota itu.

Rumah-Sakit-di-Pripyat-Ukraina
Salah satu rumah sakit di Pripyat Ukraina | Foto: photorator(dot)com

Sebelum bencana Chernobyl terjadi kota ini dihuni 50.000 orang. Semua orang diharuskan meninggalkan Pripyat dengan hanya membawa satu koper saja yang berisi dokumen, buku dan pakaian yang tak tercemar. Gedung apartemen, rumah sakit, kolam renang, hingga semua barang yang dimiliki pun harus ditinggalkan. Hingga saat ini, kota berhantu di dunia ini tetap kosong tanpa seorang pun yang menghuni.

2. Oradour Sur Glane Town, Prancis

Oradour-Sur-Glane-Town-Prancis
Oradour Sur Glane, saksi bisu kekejaman nazi dan perang dunia II | Foto: icihersmagz(dot)com

Oradour Sur Glane adalah sebuah desa kecil terletak di Prancis. Desa ini menjadi saksi bisu kekejaman perang dunia ke II dan Nazi. Sekitar 624 penduduk kota berhantu di dunia itu dibantai oleh pasukan tentara Jerman sebagai bentuk balas dendam.

Pasukan tentara Jerman yang dipimpin oleh Adolf Diekmann ini tak memandang gender, mereka menghabisi nyawa para penduduk dengan sangat kejam.

Sebanyak 190 penduduk laki-laki dihabisi dengan cara kaki mereka diberpndong oleh senapan mesin dan dibakar. Hal tersebut bertujuan untuk membuat mereka mengalami siksaan dan mati perlahan.

Sedangkan sebanyak 247 nyawa wanita dan 205 nyawa anak-anak pun dibakar disebuah gereja yang telah dilumuri bensin. Para wanita dan anak-anak yang berusaha kabur melalui jendala langsung ditembak mati.

Sejumlah penduduk akhirnya berhasil selamat dari kejadian tragi situ, salah satunya adalah wanita berusia 47 tahun bernama Marguerite Rouffanche. Rouffanchelah yang menceritakan kekejaman pasukan Jerman itu. Ia berhasil menyelamatkan diri setelah bersembunyi di semak-semak belakang gereja.

Jejak-Kota-Berhantu-di-Dunia-di-Perancis
Jejak kota Berhantu di Prancis | Foto: malesbanget(dot)com

Setelah perang dunia berakhir, pemerintah Perancis sepakat untuk tidak merevitalisasi atau membangun kembali Oradour Sur Glane.

3. San Zhi, Taiwan

San-Zhi-Taiwan
San Zhi Taiwan, resort yang menjadi kota berhantu di dunia | Foto: www(dot)notcot(dot)com

Di sepanjang pantai utara Taiwan, antara Tamsui dan Keelung di San Zhi terdapat suatu wilayah yang terdiri dari rumah-rumah dengan desain futuristic. Penduduk lokal San Zhi sendiri sangat menghindari wilayah ini, karena mencurigai adanya kegiatan supranaterula di rumah-rumah tersebut.

San-Zhi-Pod-Taiwan
San Zhi Pod Taiwan | Foto: photomonde(dot)fr

Kawasan rumah unik ini dibangun pada tahun 1980, tapi ada yang menyebutkan tempat ini dibangun tahun 1960. Mulanya, salah satu kota berhantu di dunia dibangun untuk tempat peristirahatan mewah kaum jetset. Namun, pada proses pembangunannya terjadi sebuah kecelakaan fatal pada pekerjanya, akhirnya pembangunan kawasan ini dihentikan hingga sekarang.

San-Zhi-terbengkalai
Keadaan Resort yang rusak dan terbengkalai | Foto: icihersmagz(dot)com

Berbagai kesulitan yang menghampiri pembangunan kawasan resort ini, seperti kesulitan dana dan kesulitan mencari para pekerja. Kemudian proyek resort ini benar-benar dihentikan. Penduduk setempat mempercayai bahwa kota kecil tersebut dihuni oleh makhluk halus.

Sebetulnya arsitektur dan desainnya sangat unik, selain itu juga beberapa fasilitas pendukungnya, seperti kolam renang, taman, dan area bermain anak-anak telah rampung dibangun, tapi sayang pembangunannya dihentikan.

Kondisi-Kamar-di-San-Zhi-Pod
Kondisi Kamar di San Zhi Pod Taiwan | Foto: sometimes-interesting(dot)com

Dahulu kawasan San Zhi ini akan diteruskan kembali pembangunannya oleh Taipei Hilton Hotel. Tapi ditengah proses pembangunan, para pekerjanya banyak yang meninggal dunia.

Hingga saat ini tak ada satu orang pun yang mengetahui kecelakaan seperti apa yang telah terjadi. Dan sampai saat ini rumah-rumah di kota kecil itu tetap berdiri kokoh, namun kosong dan sepi.

4. Pulau Hashima, Jepang

Pulau-Hashima-Jepang
Pulau Hashima Berhantu di Jepang | Foto: unik-go(dot)blogspot(dot)com

Pulau Hashima atau yang biasa disebut dengan pulau ‘hantu’ Hashima ini termasuk ke dalam salah satu kota berhantu di dunia. Pulau ini terletak di lepas pantai Nagasaki, Jepang. Bentuk pulau ini sangat mirip dengan kapal perang, tak heran jika pulau ini juga dikenal dengan Gunkanjima atau pulau kapal perang.

Selama hampir satu abad lebih pulai ini merupakan tempat penambangan batu bara. Dahulu sekitar 5.000 orang pernah menghuni pulau ini dan bekerja sebagai penambang batu bara. Namun, aktivitas pertambangan pun ditutup setelah mengalami kebangkrutan.

Gedung-di-Pulau-Hashima-Jepang
Gedung kosong di Pulau Hashima Jepang | Foto: hipwee(dot)com

Para penduduk pulau yang memiliki luas 6,3 hektar pun pergi meninggalkan pulau tersebut. Lama ditinggalkan, berbagai bangunan di pulau ini pun menjadi rusak dan terbengkalai. Bukan hanya itu, tempat ini pun menjadi angker karena tak berpenghuni.

Tapi keangkeran tempat ini justru menjadi pemikat para wisatawan. Banyak wisatawan mancanegara yang sengaja datang langsung ke pulau ini untuk merasakan kengkeran dari pulau ini.

Spot-Berhantu-di-Jepang
Spot Berhantu di Jepang | Foto: yukpegi(dot)com

Bangunan-bangunan rusak seperti, bangunan sekolahan, rumah sakit, dan restoran pun menjadi spot favorit untuk melakukan ujinyali.

setting-tempat-di-film-skyfall
Setting Tempat di Film James Bond- Skyfall | Foto: pegipegi(dot)com

Keangkeran pulau Hashima ini membuat produsen film Hollywood tertarik untuk memakai tempat ini sebagai latar belakang filmnya. Salah satu film yang mengambil setting tempat di pulau ini adalah film James Bond, Skyfall. Hingga kini pulau Hashima masih menjadi daya tarik wisata hantu di Jepang.

5. Helltown, Ohio, Amerika Serikat

Helltown-Ohio-AmerikaSerikat
Helltown di Boston, Ohio, Amerika Serikat | Foto: weekinweird(dot)com

Kota berhantu di dunia selanjutanya adalah Helltown. Salah satu kota di Boston, Ohio, Amerika Serikat. Kota kecil ini berdiri sejak tahun 1806 dan berkembang sampai tahun 1974. Rumah penduduk kota Helltown ini dibeli pemerintah untuk dijadikan sebuah taman nasional oleh pemerintahnya.

Rumah-rumah penduduk yang telah dibeli itu rencananya akan dihancurkan. Namun, beberapa rumah kosong masih dibiarkan berdiri hingga kini. Rumah-rumah kosong tak berpenghuni itu membuat suasana kota menjadi lebih angker dan menyeramkan.

Tempat yang paling menyeramkan dari kota ini adalah pemakaman umum Boston yang berada di kawasan Helltown. Menurut warga sekitar, banyak orang yang melihat penampakan hantu di lokasi pemakaman tersebut.

Jembatan-Mills
Jembatan mengerikan di Helltown | Foto: copycateffect(dot)blogspot(dot)com

Bukan hanya itu, jembatan Boston Mills yang berada di daerah Helltown juga terkenal akan keangkerannya. Sejumlah pengendara yang melintasi jembatan itu kerap mendengar suara anak kecil sedang menangis.

Stanford-Road-Mengerikan
Stanford Road salah satu spot mengerikan di Helltown | Foto: ohioforgotten(dot)com

Lokasi angker lainnya yang berada di Helltown adalah jalan Stanford Road atau “jalan menuju neraka”. Jalanan ini dianggap jalur maut, karena memiliki turunan tajam yang sangat curam dan telah memakan banyak korban jiwa.

Itulah kelima kota berhantu di dunia yang memiliki kisah tragis yang menyeramkan. Hingga kini kota-kota tersebut masih dibiarkan kosong dan tak berpenghuni. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Baca Juga: Teknologi Masa Depan Super Canggih yang Wow Banget!