Herengracht Canal adalah Salah Satu Kanal Terindah di Dunia
Herengracht Canal adalah Salah Satu Kanal Terindah di Dunia | Foto : 500px(com)

Apa perbedaan kanal-kanal di Indonesia dengan kanal-kanal terindah di dunia? Di Indonesia, kanal yang merupakan saluran air identik dengan banjir, karena memang fungsinya sebagai bagian dari sistem pengendalian banjir walaupun ada juga fungsi lainnya, yaitu untuk jalur transportasi ataupun perdagangan. Tapi untuk fungsi yang kedua ini, di Indonesia belum berjalan.

Lihat saja pembuatan kanal di Jakarta, semua orang pasti tahu tujuan pembuatannya adalah untuk mengatasi permasalan banjir di kota langganan banjir ini, tidak lebih dari itu.

Pada dasarnya, kanal adalah bagian dari aliran sebuah sungai yang mengalami pelebaran atau pendalaman di bagian tertentu.

Dalam jangkauan yang lebih luas lagi, kanal ini dibangun dengan lebih memperpanjang saluran sungai sehingga desainnya bisa dilintasi oleh kapal perdagangan ataupun kapal boat yang bertujuan memperpendek jarak tempuh perjalanan pelayaran.

Bagaimana dengan kanal-kanal di luar negeri? Apakah berfungsi juga untuk mencegah banjir dan untuk transportasi perdagangan?

Kanal-kanal Terindah di Dunia Ini Menjadi Ikon Pariwisata

Kanal-kanal Terindah di Dunia Ini Menjadi Ikon Pariwisata
Kanal-kanal Terindah di Dunia Ini Menjadi Ikon Pariwisata | Foto : www.tunliweb(no)

Selain untuk jalur transportasi air dan pengendalian banjir, kanal-kanal di luar negeri semakin melebarkan sayapnya juga menjadi tujuan wisata favorit di negaranya masing-masing.

Tak hanya mengedepankan fungsionalitas, sejumlah negara pun mempunyai kanal yang memesona dan indah dipandang mata. Bahkan, banyak juga yang disebut sebagai kanal terindah di dunia.

Daya tarik kanal-kanal tersebut mampu membuat banyak orang terpesona sehingga menjadikannya sebagai ikon pariwisata, salah satunya Grand Canal Venice di Italia.

Nah, berikut ini daftar kanal di dunia yang dikenal dengan keindahannya.

1. Grand Canal Venice di Italia

Berlibur ke Italia belum memuaskan jika belum berkunjung ke Kota Venesia, sebab di sinilah terdapat salah satu kanal terindah di dunia bernama Grand Canal Venice.

Dengan banyaknya arsitektur yang khas ditambah bangunan-bangunan bersejarah, perahu gondola yang hilir mudik di sepanjang kanal, dan suasana kota yang sangat romantis, maka tak salah jika kota ini dijuluki “Crown Jewel of Water Cities”.

Venesia adalah sebuah kota warisan sejarah pada masa lampau dengan kanal berjumlah 150 lebih yang membentuk kota tersebut.

Keindahan dan pesonanya terbukti berhasil menyedot banyak orang dari seluruh dunia yang ingin menikmati keromantisan suasana di kota air ini. Bahkan, ketenaran kanal di Kota Venesia ini sampai-sampai menyebabkan jumlah wisatawan lebih banyak daripada warga kota tersebut.

Ini dia foto-foto kanal di Venesia yang indah.

Grand Canal Venice
Grand Canal Venice | Foto : trips-and-travels(com)
Suasana Romantis di Kanal di Italia
Suasana Romantis di Kanal di Italia | Foto : www.canuckabroad(com)
Grand Canal Venice di Siang Hari
Grand Canal Venice di Siang Hari | Foto : www.prweb(com)

2. Kanal-kanal di Amsterdam, Belanda

Di Amsterdam, Belanda, kanal mulai dibangun pada abad ke-17 di era Golden Age. Adapun 3 kanal utama yang dibangun mengelilingi Kota Amsterdam yaitu, Herengracht, Prinsengracht, dan yang ketiga Keizersgracht atau semuanya dikenal dengan sebutan Grachtengordel.

Kini, di kota ini, ada kanal yang panjangnya 100km lebih dengan sekitar 1.500 jembatan di atasnya. Selain keindahan kanal-kanal utamanya, terdapat setidaknya 1.550 bangunan yang sangat monumental di sepanjang kanal-kanal tersebut.

Berikut ini foto-foto kanal terindah di dunia yang ada di Kota Amsterdam, Belanda.

Kanal Prinsengracht
Kanal Prinsengracht | Foto : keneckert(com)
Kanal Keizersgracht
Kanal Keizersgracht | Foto : www.pinterest(com)
Kanal Herengracht
Kanal Herengracht | Foto : www.novahotel(nl)

3. Stockholm Canals di Swedia

Populer dengan sebutan “Venesia dari Utara”, Stockholm canals yang berada di antara 14 pulau utama ini adalah salah satu pesona keindahan di Kota Stockholm, Swedia.

Dikarenakan keadaan geografis kota ini yang terbentuk dari pulau-pulau, wajar jika banyak perahu ataupun kapal yang melintasi kanal ini. Oleh sebab itulah, belum lengkap rasanya bila Anda ke Stockholm tanpa merasakan perjalanan melintasi kanal-kanal dengan kapal atau perahu.

Ini dia foto-foto kanal di Stockholm, Swedia.

Stockholm Canals
Stockholm Canals | Foto : www.touropia(com)
Kanal Stockholm yang Indah di Swedia
Kanal Stockholm yang Indah di Swedia | Foto : familynomadic.wordpress(com)
Jembatan dan Bangunan Bersejarah di Kanal Stockholm
Jembatan dan Bangunan Bersejarah di Kanal Stockholm | Foto : www.flickr(com)

4. Bruges Canal di Belgia

Di Belgia, salah satu kota wisata terkenal yang banyak dikunjungi adalah Bruges, kota bersejarah di Eropa yang termasuk juga sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Sama seperti Kota Stockholm, Bruges pun dikenal juga dengan sebutan “Venesia dari Utara”.

Di abad pertengahan, Sungai Reie yang berada di Kota Bruges dialihfungsikan jadi jaringan kanal sehingga membuka transportasi air bagi para pedagang untuk mengangkut barang dagangannya menuju pusat perdagangan.

Berkeliling melintasi Kanal Bruges menggunakan perahu atau kapal merupakan cara terbaik untuk menikmati pesona bangunan bersejarah di kota tersebut.

Nikmati keindahan kanal Bruges dari foto-foto ini.

Bruges Canal di Belgia
Bruges Canal di Belgia | Foto : www.hdwallpapers(im)
Kanal Bruges Banyak Dikunjungi Wisatawan
Kanal Bruges Banyak Dikunjungi Wisatawan | Foto : www.flickr(com)
Kanal Bruges yang Indah dan Mempesona
Kanal Bruges yang Indah dan Mempesona | Foto : travellingwizards(com)

5. Elbe Havel Canal di Jerman

Kanal Elbe Havel di Jerman adalah jalur air yang panjangnya mencapai 56km dan menghubungkan Kota Magdeburg di Sungai Elbe dengan Brandenburg di Sungai Havel.

Sejak 2003 lalu, kanal ini sudah dihubungkan juga dengan kanal Mitteland berkat dibangunnya jembatan air bernama Magdeburg Bridge.

Jembatan ini pun menjadi kebanggaan warga di sana karena memiliki keunikan tersendiri selain juga sebagai jalur transportasi air ke Kota Berlin ataupun Polandia.

Elbe Havel Canal di Jerman
Elbe Havel Canal di Jerman | Foto : www.homedsgn(com)
Elbe Havel Canal Menjadi Tempat Wisata Unggulan di Jerman
Elbe Havel Canal Menjadi Tempat Wisata Unggulan di Jerman | Foto : egyge(com)
Elbe Havel Canal Banyak Dikunjungi Para Wisatawan
Elbe Havel Canal Banyak Dikunjungi Para Wisatawan | Foto : m-tucker1013-dc.blogspot(com)

6. Kanal Panama di Panama City

Kanal Panama disebut-sebut sebagai prestasi terbesar yang pernah dilakukan oleh manusia, karena dengan panjang 77km lebih, salah satu kanal terindah di dunia ini berhasil menghubungkan Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik di sebuah jalur sempit.

Dengan sistem kanal yang pembangunannya rampung pada 1914 ini, kapal-kapal yang dulu menempuh jarak perjalanan lebih jauh dan berbahaya dari ujung Benua Amerika Serikat, kini bisa diperpendek jalurnya dengan rute yang aman melalui kanal ini.

Sampai saat ini, ada lebih dari 14.000 kapal yang melalui kanal Panama ini per tahunnya.

Kanal Panama di Panama City
Kanal Panama di Panama City | Foto : www.cruiseabout(com.au)
Kanal Panama yang Sangat Indah dan Menakjubkan
Kanal Panama yang Sangat Indah dan Menakjubkan | Foto : www.huffingtonpost(com)
Kanal Panama Sangat Mempesona Semua Orang
Kanal Panama Sangat Mempesona Semua Orang | Foto : www.redfrogbeach(com)

7. Kanal Suzhou di China

Kanal Suzhou dengan julukan “Venesia dari China” ini berada di sebelah China Timur yang langsung terhubung juga dengan Sungai Yangtze.

Kanal yang dibangun pada 5 SM ini dikenal dengan saluran airnya yang sangat memesona ditambah taman juga jembatan batu penuh sejarah.

Kanal ini pun dikenal luas karena berfungsi sebagai jalur perdagangan sutra di masa lalu serta mempunyai kemiripan dengan Grand Canal Venice di Italia, jalur perdagangan paling besar di dunia.

Indahnya Kanal Suzhou di Malam Hari
Indahnya Kanal Suzhou di Malam Hari | Foto : www.mkirste(de)
Jembatan di Atas Kanal Suzhou
Jembatan di Atas Kanal Suzhou | Foto : hawkebackpacking(com)
Kanal Suzhou di China Ramai Pengunjung
Kanal Suzhou di China Ramai Pengunjung | Foto : ourchinesewhispers.wordpress(com)

8. Kanal Alappuzha di India

Alappuzha atau nama lainnya Alleppey adalah sebuah kota tua nan indah di India yang terkenal dengan kanalnya dan dijuluki “Venesia dari Timur”.

Kanal Alappuzha ini langsung tersambung dengan Sungai Kerala di India, sebuah sungai yang terkenal dengan perlombaan perahu dayung.

Semua peserta lomba perahu dayung ini berlomba-lomba untuk meraih tropi bergengsi Nehru. Sementara itu, para wisatawan yang datang ke kanal ini biasanya menikmati keindahan suasana alam di sana dengan menyewa kapal atau perahu.

Kanal Alappuzha di India
Kanal Alappuzha di India | Foto : in.worldmapz(com)
Kanal Alappuzha
Kanal Alappuzha | Foto : chilliesineverything.wordpress(com)

Semoga saja kanal-kanal yang ada di Indonesia bisa mengubah wujudnya menjadi kanal-kanal terindah di dunia seperti yang ada di Italia, Jerman, China, dan negara lainnya.

Baca Juga Nih: Ada-ada Saja! Para Santri di Pesantren Diberi Makan Terong untuk Melemahkan Syahwatnya!