qualitative2

Mencari contoh proposal penelitian kualitatif jauh mudah didapat di internet maupun di perpustakaan. Namun menyusun sendiri sebuah proposal tanpa  belajar literature yang cukup jelas akan kesulitan. Maka dari itu agar proposal penelitian Anda cepat disetujui oleh dosen. Tak ada pilihan harus banyak membaca buku –buku literature dan contoh proposal yang baik dan benar.

Dalam dunia pendidikan perguruan tinggi, sebelum menyusun tugas akhir atau skripsi  mahasiswa harus mengajukan proposal kepada dosen pembimbingnya. Maksud proposal adalah gambaran sekilas tentang rencana penyusunan tugas akhir.   Dalam proposal ditulis metode penelitian dengan sistem kualitatif atau kwantitatif.  Jika proposal mendapat persetujuan dari dosen, mahasiswa langsung segera menyusun skripsi.

Namun tak sedikit proposal menjadi ganjalan  bagi mahasiswa, karena berkali –kali proposal yang diajukan gagal mendapat ACC.  Karena mungkin tidak mengikuti contoh proposal penelitian kualitatif.

Pengertian  penelitian kualitatif

qualitative

Sebelum membahasa lebih lanjut tentang bagaimana penyusunan proposal, ada baiknya kita mengetahui apa itu pengertian dari penelitian kualitatif.

Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif, lebih menekankan pada analisa. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Sementara landasan teori dimanfaatkan sebagai pegangan utama, agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan.  Penelitian jenis ini lebih banyak menggali keterangan atau pengumpulan data dari lapangan. Termasuk interview, dan pengambilan sample.

Penelitian model ini membutuhkan waktu lama,penyusun harus turun ke lapangan, interview dan membagikan quisioner kepada responden. Selanjutnya data –data yang terkumpul diolah menjadi sebuah laporan.

qualitative 3

Sementara penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang bersifat induktif, objektif dan ilmiah di mana data yang di peroleh berupa angka-angka atau pernyataan-pernyataan yang di nilai, dan dianalisis dengan analisis statistik. Diskripsinya penelitian dilakukan dengan data –data yang telah ada tanpa perlu lagi terjun ke lapangan mendatangi responden.

Contoh proposal penelitian kualitatif

qualitative3

Berikut ini contoh skema proposal penelitian kualitatif yang benar. Terdiri dari empat bab. Setiap bab dipisah lagi menjadi sub bab guna memudahkan dalam penjelasannya.

BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

B. Fokus Penelitian

C. Rumusan Masalah

D. Tujuan dan Maksud Penelitian

E. Kegunaan Penelitian

BAB II : STUDI KEPUSTAKAAN
BAB III : PROSEDUR PENELITIAN

A. Metode, dan alasan menggunakan penelitian

B. Tempat dan Waktu Penelitian

C. Alat Penelitian

D. Sampel Sumber Data Kualitatif

E. Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

F. Teknik Analisis Data Kualitatif

G.  Rencana Pengujian Keabsahan Data Kulitatif

BAB IV : JADWAL PENELITIAN K

A. Organisasi Penelitian Kualitatif

B. Jadwal Penelitian Kualitatif

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tips menulis proposal yang baik dan benar

writing proposal2

Proposal merupakan langkah awal menyusun karya ilmiah, maka dari itu dianjurkan peneliti atau mahasiswa diwajibkan menulis dengan bahasa Indonesia baku sesuai dengan EYD.

  • Meniadakan singkatan yang bukan standar

Terkadang kita tak sadar kerap menyingkat sebuah kata menjadi beberapa huruf saja.  Dalam penulisan karya ilimiah termasuk proposal  diharamkan menyingkat kata kerja, nama kota, kata imbuhan dan sebagainya. Kecuali ada istilah tertentu yang memang penulisannya harus di singkat. Tapi harus sesuai dengan standar penulisan.

  • Tulis secara jelas tapi tidak bertele  -tele

Tips ketiga sebaiknya penyusunan setiap bab ditulis secara jelas dengan bahasa  yang enak dibaca.

Terangkan juga pokok –pokok bahasan secara gamblang, seperti latar belakang masalah, metode penelitian dan sebagainya.  Namun sebaiknya penulisan tidak dilakukan secara bertele-tele.

Akhir kata carilah contoh proposal penelitian kualitatif agar karya ilmiah Anda bisa menghasilkan nilai yang memuaskan.