Penundaan Kenaikan Harga BBM
orangterkayaindonesia.com

Jusuf Kalla mengatakan kenaikan harga BBM bersubsidi harusnya dilakukan Awal November ini. Namun, kenaikan harga BBM ini ditunda dengan beberapa alasan. Menurut Jusuf Kalla, alasan utama penundaan kenaikan harga BBM bersubsidi ini yaitu karena minyak dunia mengalami penurunan dan ada di kisaran US$ 80 per barel.

Terkait rencana kenaikan harga BBM bersubsidi ini, Jusuf Kalla mengatakan alasan utama dari rencana ini adalah karena terjadinya defisit anggaran yang cukup besar yang disebabkan oleh besarnya subsisi BBM. Subsidi BBM inilah yang membuat nilai impor Indonesia menjadi meningkat. Perlu diketahui, untuk tahun 2014 ini, nilai defisit APBN sudah mencapai 2,5% dari PDB. Belum lagi menurunnya harga komoditas Negara seperti karet, batu bara dan sawit yang menyebabkan menurunnya penerimaan Negara.

Dengan dua hal domestik ini, dari sisi pemerintah bisa kita perbaiki dengan menaikkan BBM saja, yang mestinya awal bulan lalu, tapi kita tunda sedikit. Karena pada saat yang sama harga minyak dunia turun ke US$ 80-85 per barel, jadi tentu ada penyesuaian ulang lagi berapa harga yang kita naikkan,” tutur JK di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Lebih lanjut JK mengatakan meskipun harga BBM ini naik, tapi subsidi akan tetap ada. Ini berarti harga BBM bersubsidi tidak akan sepenuhnya dilepas.

Jadi tak lama lagi tentu (kenaikan harga BBM), karena makin lama makin sulit tentu gelombang ketidaksenangan. Ini keputusan yang harus kita ambil apapun risikonya. Sebagaimana Pak Jokowi sudah menjelaskannya termasuk menjelaskannya di luar negeri hal tersebut,” ujar Jusuf Kalla.

Dengan adanya rencana kenaikan harga BBM ini, pro dan kontra terkait masalah ini hingga sekarang masih bergulir. Bukan hanya di masyarakat, tapi hal ini juga terjadi diantara politisi dan kader-kader partai. Rencana ini juga membuat harga bahan pokok melonjak sehingga membuat masyarakat merasa keberatan.

Jika alasan penundaan kenaikan harga BBM ini disebabkan oleh turunnya harga minyak dunia. Apakah ini berarti ada kemungkinan kenaikan harga BBM ini batal jika harga minyak dunia tidak naik lagi? Kita lihat saja nanti.