negara terbaik di dunia
sumber: bbc(com)

Jika berbicara tentang negara terbaik di dunia, sebagian orang menjawab itu Kanada. Seperti yang dialami oleh Eric Weiner, setiap Agustus keluarganya pergi untuk berlibur. Mereka selalu pergi ke daerah utara. Kanada mungkin bukan destinasi wisata yang paling eksotis, tapi menurut mereka eksotisme tersebut kadang dilebih-lebihkan. Kanada berarti tempat yang memiliki cuaca yang sejuk, kekeluargaan, dan memiliki wadah yang penuh dengan kebaikan. Itu beberapa alasan mengapa Kanada disebut sebagai negara terbaik di dunia.

Saat mereka pergi melewati perbatasan  Amerika Serikat, tampak bahwa petugas dari Amerika tampak kasar dan serius, sedangkan orang Kanada kebalikannya. Mereka tidak pernah gagal untuk bersikap sopan. Bahkan saat mereka lupa bahwa paspor anak merekea kadaluarsa, mereka tetap bersikap baik dan membiarkan tetap masuk.

Kebaikan yang tampak di tempat masuk menuju Kanada tersebut berlanjut saat perjalanan wisata tersebut. Mereka menemukan pelayan hotel yang baik dan juga orang asing yang baik. Bagi para turis, Kanada menjadi tempat yang nyaman untuk didatangi dengan sambutan kebaikan yang mereka berikan. Peneliti menyebutkan hal tersebut merupakan kebiasaan orang Kanada untuk tidak berbuat buruk dan mengucapkan kata “maaf” untuk semua hal dan pada siapapun.

Kemacetan di Toronto dan Montreal mungkin buruk tapi kalian hampir tidak pernah mendengar bunyi klakson yang mengganggu. Kasus pembunuhan di Kanada juga tergolong rendah. Selain sopan, orang Kanada juga dikenal rendah hati dan menghargai sikap yang heroik.

Tidak semua percaya ini adalah hal yang baik. Kebaikan orang Kanada menurut Valpy adalah sebuah bentuk mekanisme pertahanan. Masalah kadang datang karena setiap orang menjadi terlalu baik untuk mengatakan sesuatu. Kesopanan memang kadang menjadi cara untuk membuat interaksi sosial berjalan lancar dan mengurangi risiko konflik.

Tak salah jika Kanada memang disebut sebagai negara terbaik di dunia. Jika banyak tempat seperti Kanada di dunia mungkin saja dunia bisa jadi lebih baik, tapi benarkah demikian? Setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik itu Kanada, Amerika Serikat, ataupun Indonesia, kita perlu mengembangkan hal-hal yang baik dan mengurangi hal yang kurang baik.