Pengajuan Gugatan Praperadilan
liputan6(com)

Komjen Pol Budi Gunawan telah ditetapkan sebagai tersangka kasus rekening gendut oleh KPK beberapa waktu lalu. Terkait hal ini, Mabes Polri melayangkan pengajuan gugatan praperadilan terhadap KPK. Namun demikian, Kepala Kepala Divisi Hukum Polri Irjen Pol Moechgiarto menolak untuk menjelaskan secara detail materi gugatan yang dilayangkan tersebut.

Moechgiarto sendiri membenarkan bahwa gugatan praperadilan tersebut sudah diajukan kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/1/2015) kemarin.

Praperadilan sudah kami ajukan ke PN Jaksel, Senin,” ujar Moechgiarto di Mabes Polri, Selasa (20/1/2015).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie mengatakan pengajuan gugatan praperadilan ini tentu dilakukan karena adanya alasan yang mendasar.

Nanti semua terbuka di pengadilan,” ujar Ronny, Selasa (20/1/2015).

Rony mengatakan tim dalam pengajuan gugatan praperadilan ini dibentuk bukan hanya dari Polri saja tapi juga dari ahli hukum.

Itu jadi dasar untuk mengajukan praperadilan,” ungkap Rony.

Menurutnya, hal ini merupakan bentuk dari sikap kritis pihak Kepolisian. Ini berarti sikap kritis tersebut digunakan dengan mengambil jalur hukum yang berlaku.

Pembelaan terhadap anggota Polri kita lakukan sesuai dengan jalur hukum yang ada,” pungkasnya.

Terkait pengajuan gugatan praperadilan dari Polri ini, Bambang Widjojanto selaku Wakil Ketua KPK mengaku akan menghormati langkah Polri tersebut.

Jika ada kehendak dari siapapun untuk mengajukan praperadilan atas suatu proses hukum pada penegak hukum, itu harus dihormati,” ujarnya, Selasa (20/1/2015).

Bambang menjelaskan memang ada aturan hukum yang berkaitan dengan praperadilan. Dengan begitu, sangatlah wajar jika jalan tersebut dipilih.

Hukum memang mengatur hal itu,” imbuh Bambang.

Ia mengaku KPK juga akan mempersiapkan diri untuk menghadapai praperadilan yang diajukan oleh pihak Polri ini. Meskipun sebelumnya, Jenderal Sutarman (mantan Kapolri) sudah menerima serta mengaku akan bersikap kooperatif dalam membantu KPK dalam proses penyelidikan kasus rekening gendut Budi Gunawan.

KPK harus menyiapkan diri sebaik-baiknya atas proses yang akan dihadapi itu,” jelasnya.

Seperti yang sudah diberitakan, Presiden Jokowi menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri walaupun beliau sudah melewati fit and propert test serta pencalonannya disetujui DPR. Penundaan ini dilakukan setelah KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan