makanan favorit
foto: parenthub.com.au

Tak dapat dipungkiri jika sebagian makanan favorit kita adalah makanan yang kurang sehat. Walaupun kita tahu bahwa itu tidak begitu sehat namun kita malah tak bisa berhenti memakannya karena memang itu makanan favorit kita. Padahal kita sebenarnya juga ingin menjadi sehat dengan memakan makanan yang sehat. Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini beberapa tips yang dapat membuat makanan favorit kita menjadi lebih sehat:

  1. Memasak dengan minyak yang lebih sedikit

Minyak canola dan minyak zaitun adalah jenis minyak yang bagus bagi kesehatan jantung kita. Minyak jenis tersebut dapat dipakai dalam berbagai resep makanan. Tapi tetap saja minyak mengandung 120 kalori per sendok makan, jadi jangan gunakan terlalu banyak. Selain untuk menggoreng makanan, minyak tersebut dapat ditambahkan ke salah dan sop, tapi tetap coba gunakan sedikit saja.

  1. Membuat makanan krispi tanpa berminyak

Memanggang makanan adalah salah satu cara memasak makanan favorit kita tanpa menggunakan terlalu banyak minyak. Misalnya saja jika ingin membuat ayam krispi, kita dapat melumuri ayam dengan susu atau telur lalu baluri dengan tepung atau tepung roti. Selanjutnya lumuri dengan minyak zaitun atau kanola. Siapkan panggangan, nah daripada menggorengnya, kita dapat memanggangnya sampai krispi.

  1. Menambah rasa tanpa tambahan garam

Garam bisa membuat makanan menjadi gurih tapi terlalu banyak garam apalagi penyedap rasa juga tidak baik bagi kesehatan. Kurangilah bumbu garam pada masakan dan ganti dengan bahan lain yang lebih sehat, seperti perasan lemon atau potongan tumbuh-tumbuhan.

  1. Ganti mentega dengan minyak zaitun/canola

Kita senang dengan rasa mentega dan kadang memang rasanya tidak dapat digantikan. Tapi jika bisa sebaiknya kita menggunakan minyak zaitun daripada mentega. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh 7 kali lebih besar dibandingkan dengan minyak. Lakukan beberapa percobaan dengan mengganti setidaknya setengah dari mentega dengan minyak.

  1. Gunakan putih telur untuk mengganti satu telur

Putih telur memiliki kalori dan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan kuning telur. Coba gunakan 2 putih telur untuk mengganti satu buah telur pada resep kita.