bambang1

Pihak Bareskrim Mabes Polri menangkap Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, Jumat pagi (23/1) pukul 07.30 WIB. Bambang ditangkap di bilangan Depok ketika mengantar anaknya berangkat sekolah.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Ronny Frangky Sompie membenarkan penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto. Ditambahkan Ronny, kabar yang sempat beredar dari pihak kepolisian adalah bahwa penangkapan Bambang tak berhubungan dengan kasus Budi Gunawan.

“Ini berkaitan dengan kasus memberikan atau menyuruh memberikan keterangan palsu di depan pengadilan, yakni Mahkamah Konstitusi,” katanya di Mabes Polri.

Sementara itu, pihak KPK sangat terkejut dengan penangkapan Bambang Widjojanto yang tak terduga.

“Iya tadi dibawa oleh Bareskrim Mabes Polri. Ajudan bilang beliau dijemput oleh orang dari Bareskrim. Mungkin sekarang posisinya di Bareskrim,” kata Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi. Namun, Johan pun belum mengetahui pasti alasan penangkapan Bambang.

Pihak KPK sedang berusaha mencari tahu tentang kebenaran penangkapan wakil ketua KPK tersebut. Pukul 13.00 WIB pihak KPK akan memberikan keterangan pers.

Kasus Pilkada 2010?

Ronni Sompie mengungkapkan jika kasus pilkada yang dimaksud tak lain pilkada tahun 2010 di Kota Waringin Barat, Kalimantan Tengah. Kasus tersebut terbilang sangat lama, tetapi masyarakat baru melaporkan pada Januari 2015.

“Dari barang bukti yang ditemukan dan dikumpulkan penyidik berupa dokumen dan keterangan para saksi yang telah diperiksa dan keterangan ahli, maka bareskrim melakukan upaya penangkapan terhadap tersangka BW yang saat ini sedang dalam proses pembuatan BAP oleh penyidik bareskrim,” katanya.

Sebagai kuasa hukum, Bambang diduga melakukan kriminalisasi kasus dengan memaksa saksi untuk memberikan keterangan palsu pada sidang di Mahkamah Konstitusi.

Ronny mengungkapkan, ancaman pasal yang menjerat Bambang yaitu sekitar 7 tahun penjara dan saat ini sedang dalam pemeriksaan. Ia mengklaim tim penyidik Polri telah memiliki dua alat bukti yang cukup untuk menjerat Bambang.

Saat ini , polisi sedang membuat berita acara pemeriksaan (BAP) terhadap Bambang Widjojanto.