Masjid-Tercantik-di-Dunia
Masjid Tercantik di Dunia | Foto: mvslim(dot)com

Masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim dahulu hanya memiliki desain yang itu-itu saja. Namun, saat ini banyak masjid dengan desain unik, cantik, serta bergaya futuristik. Bahkan beberapa masjid yang kita temui bentuk dan desainnya tak lazim seperti masjid kebanyakan.

10 Masjid Tercantik di Dunia dengan Desain Unik nan Ciamik

Para arsitektur masjid tercantik di dunia ini berani bermain dengan desain yang tak biasa. Bisa dibilang para arsitektur tersebut membuat masjid yang anti-mainstrem. Salah satu masjid tercantik di dunia yang memiliki desain unik adalah Masjid Al-Irsyad di Bandung. Bentuk masjid ini berbentuk kubuh menyerupai Kabah.

Selain di Indonesia, masjid dengan desain unik nan futuristik juga bisa kita temui di berbagai Negara. Bahkan di Negara yang masyarakatnya minoritas beragama Islam pun membangun sebuah masjid dengan desain yang unik dan cantik.

Meski beberapa masjid masih dalam proses pembangunan, tapi jika dilihat dari kerangkanya yang belum jadi saja sudah terlihat betapa uniknya masjid tersebut. Masjid dengan desain unik dan cantik menjadi kebanggaan bagi umat Muslim. Karena, semakin uniknya masjid maka semakin banyak umat Muslim yang berbondong-bondong menghampiri masjid tersebut untuk sekedar beribadah.

Lantas dimana saja masjid tercantik di dunia itu? Berikut ini adalah daftar masjid tercantik di dunia yang memiliki desain unik nan futuristik;

1. Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi

Masjidil-Haram-Makkah
Masjidil Haram, Makkah Masjid Tercantik di Dunia Pertama | berhaji(dot)com

Masjid tercantik di dunia yang pertama adalah Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Masjidil Haram merupakan tujuan utama umat Islam dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah. Masjid ini dibangun mengelilingi Kabah.

Selain menjadi masjid tercantik di dunia, Masjidil Haram juga dinobatkan sebagai masjid terbesar di dunia lho. Luas Masjidil Haram mencapai 3,9 hektar dan saat ini sedang direnovasi untuk diperluas kembali. Ketika musim Haji seperti sekarang ini, masjid ini mampu menampung 4 juta Jemaah haji.

 

Saat ini, kompleks Masjidil Haram sedang dalam proses renovasi besar-besaran yang diperkirakan akan selesai tahun 2020. Desain bangunannya pun dibuat menjadi lebih modern dan dapat memberikan kenyamanan bagi para Jemaah Haji. Pembangunan ini dilakukan, karena dari tahun ke tahun Jemaah Haji yang datang semakin bertambah.

2. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Masjid-Nabawi
Masjid Nabawi di Madinah | Foto: Laziway(dot)in

Masjid tercantik di dunia selanjutnya adalah Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Masjid yang satu ini tergolong ke dalam masjid teristimewa, karena dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu, di masjid ini terdapat makam beliau bersama para sahabatnya.

Bukan hanya itu, Masjid Nabawi juga menjadi salah satu masjid tujuan utama para umat Muslim seluruh dunia untuk beribadah. Masjid Nabawi juga masjid terbesar di dunia ke dua setelah Masjidil Haram.

Masjid Nabawi ini memiliki desain bergaya klasik dan kontemporer Islamic yang indah. Masjid ini juga memiliki 10 buah menara yang menjulang. Masing-masing menaranya memiliki tinggi hingga 105 meter atau 344 kaki.

Payung-di-Masjid-Nabawi
Payung di Masjid Nabawi | Foto: lazyway(dot)in

Yang unik dari masjid tercantik di dunia ini adalah adanya puluhan bahkan hingga ratusan payung-payung raksasa yang terdapat di halaman masjid. Payung-payung tersebut dapat membuka dan menutup pada pagi hari dan sore hari.

Payung-payung raksasa itu digunakan untuk membantu menahan sengatan dari sinar matahari. Payung tersebut didominasi dengan warna putih dengan desain penyangganya yang artistik menambah keindahan dari masjid ini.

3. Islamic Cultural Center and Museum of Tolerance, Tirana, Albania 

Islamic-Cultural-Center-Albania
Islamic Culture Center di Albania | Foto: dream(dot)co(dot)id

Sebuah masjid baru yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim Albania akhirnya mulai di bangun. Masjid baru tersebut terletak di ibu kota Negara Albania, yakni Tirana. Sebenarnya masjid baru ini diajukan sejak tahun 1990-an dan baru diberikan izin pembangunannya tahun ini oleh pemerintah setempat.

Pembangunan masjid tercantik di dunia ini diarsiteki oleh Bjarke Ingels Group yang bekerja sama dengan Direktorat Urusan Agama Turki. Masjid ini diresmikan pembangunanya pada 13 Mei 2015 lalu oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Albania, Bujar Nishani.

Interior-Islamic-Culture-Center-Albania
Interior di dalam Islamic Culture Center | Foto: pinterest(dot)com

Desain masjid ini dibuat unik dan artistik modern. Selain itu, masjid ini juga akan dilengkapi dengan museum muliti agama yang megah. Konon, pembangunan masjid ini menelan biaya sebesar 30 juta euro. Pembangunan masjid ini diperkirakan akan selesai dalam dua tahun. Masjid unik ini mampu menampung 4.500 Jemaah di atas lahan seluar 20.000 meter persegi.

4. Masjid Al-Irsyad, Bandung, Indonesia

Masjid-Al-ISryad-Bandung
Masjid Al Irsyad Bandung Masjid Tercantik di Dunia | Foto: indonesiaexplorer(dot)net

Masjid Al Irsyad ini terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Indonesia. Masjid ini dibangun dalam satu tahun pengerjaannya. Bentuk masjid ini sangat unik sekilas hanya sebuah kubus besar seperti bangunan Kabah di Makkah, Arab Saudi.

Masjid Al Irsyad ini termasuk ke dalam Masjid Tercantik di dunia dengan desain yang unik. Masjid ini diresmikan pada 17 Ramadhan 1431 Hijriah, tepatnya tanggal 27 Agustus 2010 silam. Bangunannya yang unik, kokoh dan megah. Tak lama setelah selesai di bangun masjid unik ini langsung mendapatkan penghargaan bergengsi tingkat dunia.

Masjid-Al-Isrsyad-Padalarang
Interior Masjid Al Irsyad Bandung | Foto: infobdg(dot)com

Masjid kebanggan umat Muslim Bandung ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil, yang kini menjabat sebagai wali kota Bandung. Penataan bebatuan pada keseluruhan dinding masjid ini sangat memukau. Jika dilihat dari kejauhan, masjid ini akan menghadirkan lafaz Arab yang terbaca sebagai dua kalimat tauhid, yaitu Laailaha Ilallah Muhammad Rasulullah.

Masjid Al Irsyad memiliki luas sekitar 1.871 meter persegi. Interior masjid ini dihiasi lampu-lampu yang terpasang sebanyak 99 buah sebagai symbol dari 99 Asmaul Husna. Masjid ini mampu menampung 1.500 Jemaah.

5. King Abdullah Financial Mosque, Riyadh

King-Abdul-Aziz
King Abdullah Mosque | Foto: constructionweekonline(dot)com

Jika dilihat desain masjid ini mirip dengan Masjid Al Irsyad di Bandung. Bentuk masjid ini berbentuk kubus besar yang dibangun di atas lahan seluas 9.920 hingga 27.870 meter persegi. King Abdullah Financial District Mosque ini didesain oleh FXFOWLE Architects.

Hal unik yang menjadikan masjid ini tergolong ke dalam masjid tercantik di duni adalah kolam-kolam air yang mengelilingi masjid. Masjid ini juga memiliki celah-celah di dindingnya yang didesain untuk memunculkan cahaya yang indah ketika lampu dinyalakan.

6. Masjid Camlica, Istanbul, Turki

Masjid-Camlica-Turki
Masjid Camlica Turki | Foto: archiscene(dot)net

Masjid Camlica merupakan salah satu masjid yang terbesar di Istanbul, Turki. Masjid ini juga menjadi bagian dari masjid tercantik di dunia. Desainnya yang unik dan futuristik menjadikan masjid ini terkenal ke seluruh dunia.

Masjid Raksasa ini dibangun di Bukit Camlica yang memiliki ketinggian mencapai 934 meter di atas permukaan laut. Desain unik masjid ini dirancang oleh dua arsitek wanita bernama Bahar Mzark dan Hayriye Gul Totu.

Interior-Masjid-Camlica
Interior Masjid Camlica Turki | Foto: abunawaf(dot)com

Masjid Camlica ini dibangun dengan anggaran 50 juta Liras Turki. Masjid ini juga disebut-sebut sebagai masjid anti-diskriminasi untuk kaum wanita. Masjid Camlica ini memiliki tempat terpisah untuk bersuci serta lorong khusus sholat wanita. Masjid ini juga memiliki fasilitas penitipan anak, ruangan khusus penyandang cacar, galeri seni, museum, dan perpustakaan.

Masjid tercantik di dunia ini dibangun dengan desain yang futuristik dan berbeda dengan masjid kebanyakaan. Saking besarnya masjid ini menyediakan lahan parkir yang mampu menampng hingga 3.500 kendaraan. Bukan hanya itu, disekitar masjid ini juga akan dibangun beberapa madrasah lho.

7. Masjid Kristal, Kuala Trengganu, Malaysia

Masjid-Kristal-Malaysia
Masjid Kristal Malaysia Masjid Tercantik di Dunia | Foto: santabanta(dot)com

Masjid tercantik di dunia selanjutnya adalah Masjid Kristal yang terletak di Taman Tamadun Islam di Pulau Wan Man, Kuala Trengganu, Malaysia. Sebenarnya desain dan bentuk masjid ini sama seperti masjid lain, namun yang membedakan adalah material utama dari masjid ini.

Dinamakan Masjid Kristal karena sebagian besar bangunan ini terbuat dari kaca dan baja. Masjid ini memiliki luas 2.146 meter persegi dan mampu menampung lebih dari 700 Jamaah. Fasilitas dari masjid ini juga tergolong lengkap. Masjid ini juga memiliki jaringan WIFI gratis untuk mengakses internet guna membaca Al Quran elektronik.

Masjid-Kristal-Senja-hari
Masjid Kristal kala Senja | Foto: eleventx(dot)blogspot(dot)com

Yang menjadikan masjid Kristal ini unik adalah kemampuan berubah warna pada siang dan malam hari. Karena desainnya yang dilapisi kaca pada bagian luar, maka masjid ini akan memantulkan cahata atau bayangan dari arah yang berlawanan.

Pada malam hari, masjid ini seoalah-olah berwarna hitam dengan dihiasi gerakan ombak yang meliuk. Nah, jika siang hari masjid ini akan menampilkan kilauan cahaya yang indah menyerupai Kristal. Kilauan tersebut bersumber dari teriknya sinar matahari.

8. Masjid Qolsharif, Kazan, Rusia

Masjid-Qolsharif
Masjid Qolsharif Rusia | Foto: suggestkeyword(dot)com

Masjid Qolsharif adalah masjid terbesar di Rusia dan Eropa, yang terletak di Kazan, Rusia. Masjid ini dibangun pada abad ke-16. Sebenarnya masjid ini telah mengalami beberapa kali perombakan sebelum seperti sekarang ini.

Masjid tercantik di dunia ini di rancang oleh dua orang arsitektur asal Rusia, yaitu I. Sayfullin dan S. Shakurov. Desain masjid ini merupakan percampuran antara unsur modern dan tradisional. Masjid Qolsharif ini didominasi oleh warna biru langit dan warna putih.

Interior-Masjid-Qolsharif
Interior Masjid Qolsharif Rusia | Foto: stock-clip(dot)com

Selain karena bangunannya yang unik, masjid ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang umat Muslim dalam melaksanakan ibadahnya. Diantaranya, perpustakaan, museum, dan perkantoran iman disekitar masjid. Hal inilah yang membuat masjid ini banyak dikunjungi umat Muslim dari seluruh dunia.

9. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid-Faisal-Pakistan
Masjid Faisal, Pakistan, Masjid Tercantik di Dunia | Foto: entertainmentmesh(dot)com

Masjid tercantik di dunia selanjutnya adalah Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan. Masjid ini juga termasuk ke dalam daftar majid terbesar dan termegah di Asia Selatan. Namanya diambil dari salah satu nama Raja, yaitu Raja Faisal bin Abdul. Beliau adalah orang yang telah mendukung dan membiayai pembangunan masjid Faisal ini.

Desain masjid ini sangat unik dan anti-mainstrem. Tiada ada kubah sama sekali di masjid ini. Bentuk masjid ini memang tidak biasa, katanya sang arsitek terinspirasi dari tenda. Masjid ini dirancang oleh sorang arsitek asal Turki yang bernama Vedat Dalokay.

Interior-Masjid-Faisal
Interior Masjid Faisal di Pakistan | Foto: thehistoryhub(dot)com

Masjid Faisal ini bergaya kontemporer yang tidak biasa dengan tampilan lebih tradisional. Selain itu, masjid ini juga memiliki ruang sholat utama yang berbentuk segitiga yang meruncing ke bagian tas. Karena arsiteknya berasal dari Turki, maka masjid ini sangat kental dengan desain masjid-masjid Turki.

10. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darusalam

Masjid-Sultan-Omar-Ali-Brunei
Masjid Ultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darusalam | Foto: ruzhiwashere(dot)com

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ini terletak di Bandar Seri Begawan, Brunei Darusalam, yang termasuk ke dalam masjid kerajaan Kesultanan Brunei. Nama masjid ini diambil dari nama Sultan Brunei ke-28, yaitu Omar Ali Saifuddin III.

Arsitektur masjid ini berkiblat pada gaya Italia. Masjid yang dibangun di atas kolam buatan ini dirancang oleh arsitek asal Italia yang bernama Cavaliere Rudolfo Nolli. Maka tak heran jika desainnya berkiblat pada gaya Italiano.

Masjid-bandar-Seri-Begawan
Masjid Megah di Brunei | Foto: propertyworld(dot)com

Salah satu masjid tercantik di dunia ini dikelilingi taman dan air mancur yang menambah keindahan masjid ini. Selain itu, didepan masjid ini juga terdapat sebuah jembatan yang mengubungkan masjid dengan replika perahu mahligai kerajaan milik Sultan Bolkiah.

Itulah kesepuluh masjid tercantik di dunia yang memiliki desain unik. Tak heran jika masjid-masjid tersebut menjadi daya tarik wisata syariah di negaranya. Apakah Anda tertarik mengunjungi salah satu diantaranya?

Baca Juga: Waspadalah! Penyakit Nomophobia Ini Juga Mengintai Mu