matsui rena

Matsui Rena lulus dari SKE48 dan akan menjadi member sampai Agustus tahun ini. Tidak menyangka Rena akan lulus secepat ini meski rumor tentang kelulusannya sudah lama dibicarakan. Rumor Rena akan lulus telah terjadi beberapa bulan belakangan. Alasannya karena dia memutuskan untuk tidak mengikuti AKB48 Senbatsu Sousenkyou ke-7 yang telah diselenggarakan 6 Juni 2015 lalu.

Kemarin juga setelah diumumkan bahwa Rena akan hadir dalam siaran radio ‘AKB48 All Night Nippon’, media cetak Nikkan Sports langsung berkesimpulan lebih dahulu bahwa Rena akan lulus dari SKE48. Kabar itu kemudian berlanjut sampai media sosial, bahkan Aki-P menanggapinya.

Begini kira-kira arti postingan Yasushi Akimoto di akun 755-nya “Aku akan menyerahkannya kepada Rena. Dia mungkin mempertimbangkan soal kelulusannya, atau dia hanya ingin istirahat / hiatus. Dia telah memikirkannya dengan serius, dan keputusannya untuk menarik diri dari Sousenkyo adalah sesuatu yang dia lakukan karena ia ingin menemukan kembali dirinya sendiri. Mungkin itu sebabnya dia berpikir tentang hal ini. Aku sudah beberapa kali bertemu dengan dia, dan dia mungkin telah menyiapkan dirinya, dan akan membuat pengumuman malam ini tentang hal itu”.

matsui rena di AKB48 All Night Nippon

Akhirnya dalam acara “AKB48 All Night Nippon” bertema “Malam Ini, SP (special) Pengumuman Penting Matsui Rena” yang disiarkan tadi malam, Matsui Rena mengumumkan kelulusannya.

Alasannya untuk lulus adalah ingin fokus menjalani karier sebagai artis. Ternyata keputusan dia untuk lulus tidak dia sembunyikan, sebelum mengumumkannya, dia sudah berbicara dengan beberapa member. Alasan dia mengumumkannya di radio karena jika dia berbicara di teater dia merasa tidak bisa berkata apa-apa. Keputusan ini sudah dipikirkan olehnya sejak 2 tahun yang lalu meski baru benar-benar serius memikirkannya pada akhir tahun kemarin.

Untuk kelulusannya dia ingin berada dalam sebuah konser kelulusan di Nagoya (daerah asli SKE48). Sebelum mengumumkan di radio, dia sudah memberitahu Takahashi Minami lebih dulu mengenai rencana kelulusannya itu.

Semenjak pengumuman di radio itu, hingga sampai jam 24.00 malam, nama Matsui Rena ada pada posisi ke-6 sebagai trending topic Indonesia di twitter.

Mengenai hal ini Akimoto Yasushi memberikan banyak komentar sebelum Rena mengumumkan kelulusannya. Dia berkata bahwa jika dia mengumumkan kelulusannya mungkin alasannya karena pada sousenkyou tahun ini ada banyak sekali member SKE yang telah masuk peringkat jadi dia mungkin berpikir bahwa tanpa dia SKE tetap sukses.

Menurutnya, Rena sangat cinta dengan SKE ketika dia punya posisi ganda di Nogizaka46 dia merasakan ada energi berbeda di sana. Kemudian dia ingin membawa hal itu ke dalam SKE. Sebagai generasi 1 dan salah satu center dia telah membawa SKE sampai sejauh ini. Dia dan Jurina tidak perlu diragukan lagi keberhasilannya membawa SKE hingga sekarang. Dia dan Jurina adalah member paling berpengaruh untuk SKE.

Bagaimana nasib SKE48 setelah Rena lulus? Apakah SKE48 akan tetap berjaya? Siapa pengganti Matsui Rena untuk dipasangkan dengan Matsui Jurina?

Untuk mengenang Rena yang sebentar lagi lulus. Ini dia beberapa daftar momen terbaik selama dia berada di SKE48.

Peringkat Sousenkyou Pertama Matsui Rena

Matsui Rena di PV Tobenai Agehachou

Peringkat pertama yang didapatkan oleh Rena di AKB48 senbatsu sounsekyou diterima ketika berlangsung pemilihan member single ke-13 AKB48. Sayangnya, dia belum bisa memperoleh peringkat senbatsu dan hanya menjadi member undergirls dengan lagu “Tobenai Agehacho”. Dia berada di peringkat ke-29. Ini termasuk momen terbaik Rena karena pertama kalinya dia ikut pemilihan langsung menjadi member sister grup yang berhasil meraih peringkat.

Single AKB48 Pertama yang Mengikutsertakannya

senbatsu 10 nen sakura

Masih menjadi anak baru di keluarga 48, Rena beserta Jurina telah berhasil mendapatkan posisi senbatsu di single ke-11 AKB48 berjudul “10 Nen Zakura”. Meski waktu itu namanya memang belum terkenal. Namun mungkin berkat posisi senbatsunya di single AKB48, Rena bisa mendapatkan peringkat di senbatsu sousenkyou pertama AKB48.

Dapat Posisi Center di SKE48

wmatsui

Rena dan Jurina yang mempunyai nama marga sama “Matsui” disebut WMatsui (dibaca: double Matsui) menjadi duo center SKE48. Semenjak single pertama hingga single terakhir SKE48 kecuali “12 Gatsu Kangaroo” mereka berdua selalu dijadikan duo center. Oleh karena itu lah WMatsui menjadi member SKE48 paling terkenal dan dua orang (bisa juga dibilang member pertama) dari sister grup yang menjadi member senbatsu di single AKB48.

Mendapat Lagu Solo di Stage Teater

matsui rena membawakan kareha no station

“Kareha no Station” adalah lagu yang dinyanyikan asli oleh Matsui Rena sendiri (solo) di Stage ke-3 SKE48, Seifuku no Me. Lagu itu menjadi salah satu lagu terpopuler dan selalu mendapatkan peringkat di AKB48 Request Hour. Pernah mendapat peringkat 17, 22, 15, 21, 3, 2, 5, juga 1. Lagu ini pernah dibawakan oleh ace AKB48 “abadi”, Maeda Atsuko di AKB48 Kouhaku Utagassen 2011. Di request hour 2011 lagu itu menjadi lagu SKE48 dengan peringkat paling tinggi.

Peran Pertama di Drama yang Sangat Sukses dan Populer

akting matsui rena sebagai gekikara

Peran di drama pertama Rena adalah menjadi karakter Gekikara di drama 48 grup, Majisuka Gakuen. Dia bermain di Majisuka Gakuen dan Majisuka Gakuen 2. Karakter Gekikara adalah yang paling terkenal di drama tersebut. Dia memerankan sosok siswa yang sedikit gila karena tega menghabisi musuh atau lawan tanpa ampun. Tidak jarang badannya penuh dengan darah segar.

Kalimat yang paling menggambarkan karakternya adalah “Ne, Okotteru” yang artinya “Apakah kamu marah?” sambil tersenyum manis namun wajah sadis. Oleh karena kepopuleran karakternya, akhirnya dipentaskan drama panggung yang menjadikannya karakter utama bersama Yokoyama Yui dengan nama karakter “Otabe”. Judulnya adalah “Majisuka Gakuen ~Kyoto Keppu Shuugaku Ryokou”.

Dapat Posisi Ganda di Nogizaka46

matsui rena dan nogizaka46

Meski banyak yang tidak senang dengan keputusan manajemen untuk menjadikan Rena sebagai member rival grup resmi AKB48 itu, tapi dia punya kontribusi untuk Nogizaka46. Tentu sebagai member popular 48 grup dan idola populer di Jepang ada keuntungan yang bisa didapatkan Nogizaka46. Meski tanpa Rena, Nogizaka46 juga sudah sukses dengan sendirinya.

Selama menjadi member Nogizaka46 dia mendapatkan posisi yang sangat bagus. Berada di barisan paling depan dengan empat member Nogizaka46 yang lain. Jika saja dia mengikuti sousenkyou tahun ini mungkin peringkatnya akan naik drastis.

Rena sudah 3 kali berpartisipasi dengan 3 single Nogizaka46, dimulai dari Natsu no Free & Easy, Nandome no Aozora ka? dan Inochi wa Utsukushii. Namun dia mulai jadi member Nogizaka46 semenjak single “Kidzuitara Kataomoi” tapi dia bukan member senbatsu karena baru masuk setelah single rilis.

Peringkat Sousenkyou Tertinggi

Peringkat sousenkyou tertinggi yang pernah diraihnya adalah tahun lalu. Dia mendapatkan posisi ke-5 setelah tahun sebelumnya ada di posisi ke-7. Perolehan voting yang didapatkannya tahun lalu adalah 69.790 suara meski angka itu lebih kecil daripada ketika ada di peringkat ke-7 tahun sebelumnya (2013) dengan perolehan 73.173 suara.

Debut Akting Film

matsui rena di film GIFT

Film pertama Rena berjudul “GIFT” ditayangkan 14 Juni 2014 di Jepang. Dia bermain dengan aktor senior Kenichi Endo. Rena berperan sebagai seorang hostes yang bertemu dengan pria tua kesepian. Pria itu punya banyak uang tapi terisolasi dari orang. Pria itu bertemu Rena dan berjanji akan membayar uang sebanyak 100 juta yen kepadanya untuk 100 jam. Mereka melakukan perjalanan bersama.

Entah mengapa dalam satu tahun terakhir banyak sekali member SKE48 yang lulus dari grup. Semoga Rena masih akan terus terkenal di dunia entertainment Jepang.