membersihkan wajah
foto: gastronicks(co)(uk)

Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan minyak jenis tertentu. Minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jarak, dan hazelnut adalah beberapa jenis minyak yang dapat membersihkan wajah secara natural. Menggunakan minyak dengan kombinasi yang benar akan membantu kita menyerap minyak dan kotoran dari pori-pori kulit dan mengeliminasi kulit mati.

Memilih Minyak untuk Membersihkan Wajah

1. Bedakan carrier oil dan active oil. Carrier oil merupakan minyak yang biasanya digunakan untuk mencairkan minyak lainnya. Minyak tersebut merupakan minyak yang lembut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak bunga matahari.  Minyak-minyak tersebut merupakan minyak dasar untuk proses membersihkan wajah. Active oil seperti minyak jarak dan hazelnut tidak bisa digunakan dengan sepenuhnya tapi minyak tersebut adalah astringet yang diperlukan untuk membersihkan dan kesehatan kulit.

2. Pilih pasangan minyak yang akan dipakai. Coba minyak zaitun sebagai dasar dan minyak hazelnut sebagai tambahan, atau minyak kelapa sebagai dasar dan minyak jarak sebagai tambahannya.

Menemukan Campuran yang Cocok untuk Kulitmu

1. Mengerti jenis kulitmu. Jenis kulit biasanya didefinisikan sebagai normal, kombinasi, atau berminyak.

2. Campuran minyak tergantung jenis kulitmu. Coba kombinasi berikut ini:

  • Kulit berminyak: 1 bagian minyak jarak atau minyak hazelnut dan 2 bagian minyak zaitun, minyak bunga matahari, atau minyak lainnya.
  • Kulit kombinasi: 1 bagian minyak jarak atau hazelnut dan 3 bagian minyak zaitun, minyak bunga matahari, atau minyak lainnya.
  • Kulit kering: sedikit minyak jarak atau hazelnut dan 2 bagian minyak zaitun, minyak bunga matahari, atau minyak lainnya.

Membersihkan Wajahmu

1. Buat campuran di telapak tanganmu, pastikan tanganmu bersih.

2. Gosokkan campuran minyak tersebut dengan lembut ke wajah yang kering. Biarkan selama 60 detik. Lebih baik diawalai dengan wajah yang kering, karena minyak dan air tidak mau menyatu satu sama lain.

3. Ambil handuk bersih dan beri air hangat/panas. Handuk yang telah basah dengan air hangat tersebut dapat ditaruh di wajah.

4. Kamu bisa duduk dan menunggu sambil wajahmu ditutupi handuk tersebut.

5. Lakukan langkah tersebut sekali atau dua kali sehari untuk hasil yang optimal.