mengatasi sakit kepala
foto: reachingutopia(com)

Sakit kepala adalah salah satu gejala penyakit yang banyak diderita baik oleh laki-laki ataupun perempuan. Mengatasi sakit kepala bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kita tidak boleh meremehkan sakit kepala karena bisa jadi itu merupakan gejala penyakit lainnya yang lebih berat. Berikut ini tiga cara ampuh untuk mengatasi sakit kepala:

  1. Melakukan gaya hidup sehat

Gaya hidup yang tidak sehat bisa memperparah sakit kepala yang diderita. Jadi untuk mengatasi sakit kepala cobalah untuk mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat. Beberapa gaya hidup sehat antara lain:

  • Cukup tidur: istirahat atau tidur malam yang cukup akan membuat tubuh memulihkan energinya dengan baik.
  • Berolahraga: olahraga secara teratur akan membuatmu lebih sedap dipandang, perasaan juga lebih menyenangkan, serta lebih sehat. Tingkat energy dalam tubuh akan meningkat dengan berolahraga secara rutin. Kebutuhan olahraga setiap orang berbeda-beda tergantung jenis kelamin, usia, dan ukuran tubuh, sama dengan kebutuhan tidur.
  • Makan makanan yang sehat: makan makanan yang sehat memberikan dampak yang sehat bagi tubuh, kamu adalah apa yang kamu makan. Selain itu jangan lupa minum air yang cukup, 6-8 gelas setiap harinya.
  1. Makan makanan yang mengandung energi tinggi
  • Makan makanan yang mengandung karbohidrat karena itu dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat banyak jenisnya, maka pilihlah yang paling sehat misalnya sereal atau oatmeal. Ada juga karbohidrat sederhana yang bisa didapatkan dari buah-buahan, madu, dan nasi.
  • Makan protein yang rendah lemak. Ada banyak pilihan makanan yang mengandung protein, seperti ayam. Namun sebaiknya tidak mengikutkan lemak dan juga kulit ayam.
  1. Mengetahui gejala penyakit lainnya

Sakit kepala bisa merupakan gejala dari penyakit lainnya misalnya diabetes, anemia, depresi, dan lain-lain. Jika kita segera tahu bahwa ternyata sakit kepala tersebut diakibatkan karena penyakit lainnya maka selanjutnya cara mengatasi sakit kepala tersebut adalah dengan mengatasi akar masalahnya. Jika tak mengetahui pasti apa penyakit yang kita derita maka sebaiknya kita segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Semakin cepat penanganannya maka semakin mudah juga untuk mengatasi penyakit tersebut.