Bisnis Karikatur
www.kangrif.blogspot.com

Peluang karikatur digital di Indonesia merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk memulai bisnis yang sesuai hobi dan mengasyikkan. Karena pepatah bijak mengatakan hal yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Bagi orang yang menyukai dan menggeluti bidan karikatur baik manual maupun digital, kecanggihan teknologi yang ada saat ini tentunya sangat mendukung untuk memulai bisnis. Terutama bidang desain grafis dengan membuat bisnis karikatur berbentuk digital. Sebab peluang bisnis ini diperuntukkan kepada seluruh kalangan. Baik kalangan anak-anak, dewasa muda maupun tua.

Peluang karikatur digital ini membutuhkan modal yang relatif kecil. Cukup dengan mengasah kemampuan untuk lebih mengetahui dan mendalami desain grafis. Beserta aplikasi yang mendukung untuk pembuatan karikatur secara professional. Selain itu, bahan yang harus dipersiapkan untuk memulainya juga tidak mahal dan mudah untuk mendapatkannya. Misalnya saja untuk satu papan yang berukuran 10 R harganya hanya Rp. 40.000 saja. Lalu kita berikan sentuhan desain grafis yang menarik dan membuat konsumen membelinya, maka hasil karya kita bisa dijual hingga Rp. 90.000. Selain itu, ada banyak sekali keuntungan yang didapat dari bisnis karikatur ini. Untuk kebutuhan penulisan buku, majalah, surat kabar, website, iklan hingga sentuhan untuk desain interior.

Peluang karikatur di Indonesia versi digital ini jika dijadikan lahan bisnis, dapat dinilai cukup potensial. Biasanya karikatur digunakan oleh kalangan muda sebagai hadiah dalam berbagai acara seperti, ulang tahun, wisuda dan acara lainnya. Peristiwa seperti ini juga selalu terjadi setiap tahunnya bahkan setiap hari ada saja kalangan yang memesan karikatur untuk berbagai macam acara. Maka dari itu, bisnis karikatur bisa menjadi suatu bisnis yang sangat menjanjikan.

Untuk memulai bisnis karikatur ini, sebelumnya kita harus menguasai dan benar-benar memiliki kemampuan dalam mengoperasikan desain grafis. Tentunya dengan beberapa software pendukung yang perlu dipelajari. Juga harus memiliki imajinasi dan daya kreatif yang tinggi. Karena dengan kemampuan itu bisa bermanfaat untuk mengembangkan bisnis karikatur di Indonesia yang masih jarang digeluti. Kita bisa belajar lewat internet atau bisa juga langsung belajar secara mendetail lewat kursus tentang pembuatan karikatur secara digital.