Bisnis UKM
www.kereatif.com

Sekilas tentang UKM di Indonesia pasti membahas tentang suatu bisnis kecil dan menengah yang dilakukan oleh perseorangan atau kelompok dengan penghasilan yang sesuai standart dan usaha yang didapat dari bisnis yang digeluti. Biasanya sebagai bahan rekomendasi UKM memiliki kekaayan bersih sampai 200 juta rupiah.

Karena sesungguhnya semua telah diatur dalam undang-undang keputusan presiden tahun 1998 yang mengatakan bahwa bisnis usaha kecil dan menengah sebagai kegiatan ekonomi rakyat yang sebagaian besar bergerak di bidang usaha kecil perlu dilindungi agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dan perselisihan antara sesama.

Kriteria usaha kecil den menengah juga diatur dalam undang-undnag nomor 9 tahun 1995 yang berbunyi sebagai berikut:
1. Usaha milik warga negera Indonesia bukan yang lain.
2. Usaha berdiri sendiri bukan menjadi salah satu cabang atau anak perusahaan yang tidak dikelola dan dimiliki secara langsung oleh pemilik usaha kecil dan menengah.
3. Dapat membentuk bisnis perorangan yang tidak berbadan hukum dan didirikan sendiri salah satunya koperasi.
4. Mempunyai kekayaan bersih maksimal Rp 200.000.000,- tanpa dihitung bangunan dan tanah yang ditempati.
5. Mempunyai keuntungan omset setiap tahunnya maksimal Rp 1000.000.000,-

Selain itu, peran UKM di Indonesia sangat terbukti dalam penyelamatan bidang ekonomi untuk bangsa ketika dilanda krisis ekonomi yang pernah terjadi tahun 1997. Kebijakan pemerintah juga sudah menekan kepada UKM untuk terus dijaga dan diberikan pelayanan yang memuaskan agar UKM tumbuh berkembang dan maju. UKM juga menunjukan kemampuan untuk tetap dinamis dan ramah lingkungan dalam sistem perjalanan usaha yang terus berjalan sehingga UKM sudah menjadi peran penting di Indonesia bahkan di benua Asia.

Itulah sekilas tentang UKM di Indonesia yang perlu adanya perlindungan dan hak yang memadai agar UKM di Indonesia lebih maju dan memberikan kontribusi lebih di bidang perekonomian bangsa. Selain itu mewujudkan satu sasaran yang insklusif. Berkesinambungan, merata dan bijaksana serta mempunyai daya ketahanan yang tinggi. UKM untuk negara Indonesia dan UKM untuk Asia bahkan seluruh dunia.