Untung Menulis Buku
www.kompasiana.com

Siapapun bisa menjadi penulis buku. Bukan hanya dari kalangan mereka yang memiliki riwayat pendidikan tinggi. Tetapi juga kalangan biasa. Keuntungan finansial dari menulis buku memang tidak dapat diprediksi. Sebab hal tersebut tergantung dari kualitas buku yang ditulis. Ada buku yang sangat laris di pasaran hingga membawa penulisnya menjadi milyarder. Adapula yang tidak terlalu laris tapi sangat beranfaat bagi orang lain. Untung menulis buku juga dapat menjadi warisan kepada anak cucu kita. Karena menulis merupakan salah satu kekayaan intelektual yang dimiliki seseorang.

Keuntungan menulis buku sangat banyak. Baik secara materi atau non-materi. Berikut ini beberapa keuntungan menulis buku dari segi materi dan non-materi, antara lain:

– Dari Segi Materi
Menulis buku berpotensi mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Selain bisa memenuhi kebutuhan hidup menulis buku juga bisa memenuhi kebutuhan yang lain. Seperti bisa membeli barang elektronik, membangun rumah dan lain-lain. Buktinya sudah banyak penulis yang sukses dengan hanya menekuni untuk selalu menulis buku. Sebab royalti dari buku yang ditulis sifatnya jangka panjang. Ada istilah cetak ulang dan perpanjangan kontrak. Belum lagi jika buku tersebut difilmkan atau diangkat ke media pertelevisian. Juga ketika buku tersebut mendapatkan penghargaan tertentu. Tentunya akan berpengaruh pada kondisi perekonomian penulisnya. Sekalipun banyak yang berkata menjadi penulis tidak bisa dijadikan pekerjaan utama karena penghasilannya yang tidak tetap. Namun anggapan itu bisa dengan mudah dipatahkan oleh para penulis senior yang telah mengabdikan dirinya menjadi penulis yang mapan secara finansial.

– Dari Segi Non-Materi
Menulis buku juga mendapatkan keuntungan yang besar lainnya. Yaitu mendapatkan pahala yang dapat dijadikan tabungan untuk di akhirat kelak. Karena banyak para ulama yang menyiarkan agama lewat menulis buku. Selain itu menulis buku menambah wawasan yang lebih luas, terlatih dalam membaca untuk mendapatkan ide menulis, memperlancar masalah bahasa dan dikenala orang. Menulis buku juga dapat menghilangkan rasa stress karena bisa mencurahkan dan menyampaikan seluruh masalah dan problem yang ada dalam diri lewat tulisan dan berani untuk dibaca oleh orang lain. Secara otomatis orang tersebut akan terinspirasi setelah membaca tulisan kita dan menggugah hati atas pelajaran yang didapat dari tulisan kita.

Keuntungan menulis buku juga dapat menolong sesama manusia. Menolong dalam artian yang luas tentunya. Bisa menolong secara materi yaitu lewat keuntungan menulis buku, kita sumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Bisa juga non-materi yaitu lewat menulis buku kita bisa menghibur orang yang membutuhkan hiburan atas keputusasaan terhadap sesuatu hal, lewat tulisan kita yang terkait dengan masalah orang tersebut.
Itulah untung menulis buku yang sebenarnya, baik dari segi materi yang sudah tentu kita ketahui dan segi non-materi yang belum tentu kita ketahui.