suara-misterius

Beberapa hari ini warga dibelahan dunia mendadak heboh, karena mendengar suara yang cukup kencang dan menggelegar berasal dari langit. Suara tersebut diberitakan mirip dengan suara ‘Terompet Sangkakala’.

Suara terompat yang dikabarkan mirip ‘terompet sangkakala’ itu disimbolkan sebagai akhir dari kisah hidup manusia di dunia. Seperti yang telah diketahui suara terompet tersebut terdengar hingga ke Kanada, Australia, Jerman, dan Amerika Serikat. Suara yang begitu menggelegar dan membuat bulu kuduk berdiri bagi siapa pun yang mendengarnya.

Fenomena suara terompet yang terdengar sangat dahsyat itu menimbulkan berbagai terori. Dari mulai teori religius yang mengkaitkan dengan tanda hari kiamat, hingga teori ilmiah. Lantas apa saja penjelasan mengenai fenomena suara terompet tersebut? Berikut ini adalah penjelasan mengenai suara misterius itu.

Menguak Suara Misterius Mirip Terompet Sangkakala

Teori Ilmiah tentang suara misterius

suara-misterius-menurut-teori-ilmiah

Menurut beberapa ilmuan suara misterius tersebut diduga berasal dari bencana alam dibumi, seperti gempa bumi, gelombang air pasang, atau ledakan gas metana. Ada juga yang mengatakan, bahwa suara misterius yang digadang-gadang mirip dengan suara ‘terompet sangkakala’ itu berasal dari gesekan lempeng tektonik dari dasar bumi.

Sebagian orang juga menyebutkan bahwa suara misterius itu berasal dari tekanan atmosfer yang cukup tinggi. Ada juga yang menganggap suara tersebut diduga bersumber dari gesekan kereta dengan rel dan kabel. Bahkan sebagian orang beranggapan, jika suara tersebut berasal dari kendaraan UFO dan alien.

Menurut beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuan hebat dunia, suara terompet atau dengungan itu dikenal dengan istilah ‘The Hum’. Di tahun 2009, para ahli mempercayai telah memecahkan misteri yang kini telah berusia lebih dari 30 tahun itu.

Apakah Anda pernah mendengar suara dengungan bumi? Jika belum, coba Anda tutup pintu dan jendela rumah, kemudian matikan semua peralatan eketronik dan berdiam dirilah sejenak. Ketika semua terasa sunyi dan senyap, tiba-tiba Anda mendengar suara berdengung dan mulai terdengar aneh di telinga. Nah, suara aneh dan dengungan itu lah yang disebut ‘The Earth Hum’ atau suara dengungan bumi.

Dengungan bumi ini adalah suara yang memiliki frekuensi rendah dan dapat didengar di sebagian wilayah. Suara ini juga dapat terdengar lebih kencang dibeberapa tempat. Fenomena The Earth Hum pertama kali ditemukan pada tahun 1998, dan sudah dirasakan sekitar tahun 1970-an.

Teori Religius, suara terompet sangkakala tanda kiamat dari Surga

suara-misterius-menurut-teori-religius

Di dalam kitab suci Alquran sudah tercantum tentang penggambaran hari kiamat kelak. Hari kiamat atau hari kehancuran alam semesta beserta dengan isinya. Gambaran hari kiamat jelas tercantum di dalam surah An Naml ,Surah Yasin, Surah Al Qiyamah, dan Surah Al Qariah.

Menurut Hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abi Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah setelah selesai menciptakan langit dan bumi, Allah menciptakan sangkakala, lalu diberikan kepada malaikan israfil, kemudian diletakan di mulutnya dan pandangan mata Israfil tertuju ke arah Arasy menunggu perintah untuk meniupkan sangkakala.”

Aku (Abu Hurairah) berkata: “Wahai Rasulullah apakah sangkakala itu?” Rasulullah menjawab, “tanduk yang sangat besar.”

Rasulullah bersabda, “Demi zat (Allah) yang mengutusku untuk kebenaran, sesungguhnya garis tengah sangkakala itu seluas langit dan bumi, sangkakala akan ditiup dengan 3 kali tiupan. Yang pertama tiupan mengejutkan, yang kedua tiupan mematikan dan yang ketiga, tiupan kebangkitan manusia untuk menghadap Tuhan semesta alam.”

Di dalam Alquran juga jelas menggambarkan tiada sesuatupun yang mengetahui tentang datangnya hari kiamat. Dalam Surah Al Qariah terdapat ayat yang menjelaskan ketika sangkakala dibunyikan, seluruh alam semesta bergoncang dengan goncangan yang dahsyat, dan manusia layaknya anai-anai yang bertebaran. Itulah gambaran hari kiamat yang terdapat di dalam Alquran.

Menurut LAPAN tentang suara misterius yang mirip dengan sangkakala

thomas-djamaludin-tentang-suara-misterius

Kini sejumlah ilmuan berbondong-bondong melakukan penelitian mengenai fenomena suara misterius ini. Tak terkecuali, di Indonesia juga melakukan penelitian tentang fenomena alam ini. Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) pun telah mendengar soal keanehan ini.

Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa suara misterius yang mirip dengan sangkakala itu bukan berasal dari luar bumi. “Kami belum mengetahui asal suara itu dari bencana alam di Bumi atau bukan, yang jelas suara itu bukan dari luar bumi,” jelas Thomas.

Thomas juga mengatakan suara pada dasarnya membutuhkan gelombang udara atau perambat. Dengan demikian, anggapan suara misterius yang terdengar di tiga benua itu bukan berasal dari langit atau luar angkasa. Suara yang berasal dari luar angkasa tidak akan mungkin bisa terdengar hingga ke bumi bumi, sebab di luar angkasa tidak ada atmosfer atau perambat suara.

Berbagai sumber juga yang menyebutkan suara tersebut berasal dari dalam bumi. Ketua LAPAN itu pun membantahnya. Menurut dia jika suara tersebut bersumber dari inti bumi maka seharusnya akan timbul getaran di permukaan bumi.

Jika dilihat dari beberapa video yang tersebar, dilaporkan tidak ada geraran yang muncul dipermukaan saat suara misterius itu terdengar. Thomas juga mengatakan tidak ada dampak bahaya dari efek suara misterius yang muncul itu.

Suara misterius yang disebut mirip dengan terompet sangkakala itu, kini tengah menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Sebagian orang meyakini bahwa fenomena ini berkaitan dengan teori ilmiah, tapi sebagian orang juga meyakini bahwa suara misterius itu sebagai tanda atau peringatan dari Yang Maha Kuasa untuk umat manusia.