menolak ahok
foto: sindonews.net

Kemarin baru saja terjadi demo menolak Ahok untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Penolakan yang dilakukan dengan demonstrasi tersebut tidak dilakukan kemarin saja, tapi sudah beberapa kali. Mereka dari ormas-ormas Islam di Jakarta, salah satu yang mendapatkan sorotan adalah FPI atau Front Pembela Islam. Spanduk-spanduk yang mereka bawa berisi kalimat untuk menolak Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Saat diwawancarai di televisi swasta, perwakilan dari FPI menyatakan bahwa penolakan terhadap Ahok tidak hanya dikarenakan agama yang dianut Ahok berbeda dari mayoritas warga Jakarta, tapi juga karena Ahok sering membuat kebijakan yang merugikan umat Islam. Beberapa sikap yang mereka mereka anggap tidak berpihak pada umat Islam yaitu : melecehkan ayat suci, menggusur masjid, melarang kuban, mendukung pelacuran, menghina ormas islam, mengurangi bantuan untuk lembaga islam, melarang busana muslim di sekolah, dan lain-lain.

Sikap yang diungkapkan tersebut tentunya tak sepenuhnya mutlak seperti yang mereka tuliskan, misalnya pada poin melarang kurban maka yang dimaksud adalah pelarangan penjualan kurban di pinggir jalan dan melarang kurban di sekolah-sekolah. Gaya kepemimpinan Ahok yang spontan,  tak segan meluncurkan kata-kata keras dan kurang bersahabat mungkin yang membuat beberapa ormas Islam jadi berpikir negatif padanya.

Mendapatkan penolakan, dan melihat ulah FPI yang keras untuk menolaknya menjadi gubernur tentunya membuat Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama menjadi mempermasalahkan ormas Islam tersebut. Ia mengajukan surat permohonan pada Mendagri agar FPI dibubarkan. Sebagian masyarakat yang juga gerah dengan ulah FPI yang terlalu keras tersebut ikut mendukung agar ormas tersebut ditertibkan.

Namun, sebenarnya siapa saja yang menolak Ahok menjadi Gubernur Jakarta? Sebenarnya ormas yang demo menolak Ahok kemarin tidak hanya berasal dari FPI saja, tapi beberapa ormas Islam. Mungkin karena yang paling populer di media adalah FPI maka yang disorot media hanya FPI saja.

Adalah GMJ atau Gerakan Masyarakat Jakarta yang ikut menggerakkan massa pada saat demonstrasi menolak Ahok kemarin. Mereka telah bertemu perwakilan DPRD DKI Jakarta dan menyampaikan aspirasinya yang berisi penolakan terhadap Ahok.  Beberapa ormas yang ikut dalam aksi tersebut antara lain Forum Umat Islam, FPI, GPMI, HDI, Perguruan Islam As-Syafi’iyyah, dan beberapa ormas Islam lainnya.