meredakan stress
foto: www.organicfacts.net

Meredakan stress bisa dilakukan dengan makan, dan itu menyenangkan. Stress sendiri merupakan akumulasi dari masalah yang kita simpan di kepala kita. Ada beberapa orang yang mudah keluar dari stress dengan membiarkan masalah yang dihadapinya tersebut sebagai angin lalu. Tapi banyak juga yang terperangkap dalam masalah dan butuh bantuan untuk menyelesaikannya.

Salah satu cara untuk meredakan stress adalah dengan makan makanan sehat yang bisa menurunkan kadar stress kita. Stress berhubungan dengan kondisi tubuh, mental yang juga berpengaruh pada fisik. Jadi beberapa jenis makanan ternyata bisa dipakai untuk meredakan atau menghilangkan stress tersebut. Berikut ini beberapa makanan sehat yang dapat meredakan stress:

1. Cokelat hitam

Dark cocholate atau cokelat hitam memilki antioksidan yang dapat menstimulasi pelepasan serotonin pada otak. Zat kimiawi tersebut dapat membuat kita merasa rileks dan bahagia. Nutrisi pada cokelat hitam juga memperbaiki perdaran daran dan tekanan darah rendah. Tidak perlu makan terlalu banyak, cukup satu ons saja setiap hari untuk menjaga kita agar dapat menjalani hari dengan lebih rileks.

2. Salmon

Omega 3 yang terkandung dalam salmon tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, tapi para peneliti mengungkapkan bahwa itu juga akan membantu mengendalikan stress. Asam lemak yang terkandung dalam salmon ternyata dapat melindungi neuron dari kerusakan yang mengakibatkan stress. Makanlah salmon atau makanan lain yang mengandung lemak sama dua kali dalam seminggu.

3. Pisang

Jika cokelat hitam dan salmon mungkin sedikit asing buat orang Indonesia, maka pisang adalah buah yang cukup populer dan mudah ditemukan. Pisang merupakan makanan yang dapat meredakan stress saat diet. Tambahkan pisang dalam menu dietmu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 dan produksi serotonin.

4. Teh

The hitam atau the hijau mengadung asam amino L-theanine. Asam amino ini dapat meningkatkan dopamine dan produksi serotonin. Seperti halnya serotonin, dopamine juga memberikan perasaan senang pada otak. Jadi meskipun secangkir the hijau kadang memiliki kafein lebih dari secangkir kopi, tapi L-theanine dapat melawannya dan menstimulasi otak untuk menciptakan perasaan senang dan rileks.