Calon Wakil Gubernur DKI
merdeka.com

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengungkapkan akan setor nama calon wakil gubernur DKI yang telah ia kantongi kepada Menteri Dalam Negeri, Senin atau Selasa pekan depan. Ia mengaku tidak susah mencari calon wakil gubernur DKI Jakarta yang akan mendampinginya.

Saya kalau cari jodoh gampang, nanti Senin atau Selasa saya tulis surat ke Mendagri,” ujar Ahok saat ditemui di Gedung Sasono TMII, Jakarta Timur, Sabtu (22/11).

Dalam kesempatan tersebut, Ahok kembali berkelakar menginginkan wakil dari kalangan artis yaitu Dian Sastro dan Raisa.

Gue pengennya Dian Sastro sama Raisa, cuma bini gua marah,” kelakarnya.

Namun, ia menegaskan, siapapun yang nantinya menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, hendaknya adalah seseorang yang dapat bekerja membenahi Jakarta.

Saya pengen yang bisa kerja aja pokoknya,” ujarnya.

Ahok juga menambahkan wakil yang berasal dari PNS DKI Jakarta juga bisa menjadi wakil gubernur, mendampinginya. Ia menilai banyak PNS DKI yang cerdas dan baik.

Banyak PNS DKI yang baik, cerdas. Kalau soal perempuan laki sama aja,” tambahnya.

Sesuai dengan Peraturan Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah, Ahok harus mengusulkan calon wakilnya maksimal 15 hari setelah pelantikan Gubernur atau tanggal 4 Desember 2014 mendatang. Jika Ahok belum juga memberikan nama calon pendampingnya, ia akan dikenai sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sebelumnya, beberapa nama yang mungkin menjadi wakil gubernur DKI Jakarta sudah mencuat. Namun, nama yang paling banyak disebut-sebut oleh Ahok adalah Sarwo Handayani. Ia dinilai sebagai sosok yang ideal untuk mendampingi Ahok. Ia juga memiliki prestasi yang mumpuni serta sudah sangat mengenal seluk-beluk kota Jakarta. Inilah yang menjadi bahan pertimbangan Ahok dalam memilih calon wakilnya.

Ahok juga pernah mengatakan bahwa ia ingin wakil yang bukan berasal dari partai. Ia mengatakan sudah cape dengan orang partai. Lalu, apakah nama yang akan disetorkan Ahok pekan depan adalah Sarwo Handayani? Atau adakah nama lain yang selama ini sudah dimiliki oleh Ahok? Hingga kini belum ada yang mengetahuinya. Siapapun wakil gubernurnya, yang terpenting adalah ia bisa bekerja dengan baik untuk Jakarta.