pertemanan facebook
foto: www.digitaltrend.com

Tak ada yang mengira bahwa sebuah permintaan pertemanan Facebook bisa menyebabkan seseorang ditangkap. Hal ini berawal saat seorang wanita bernama Anne Hayes yang berumur 27 tahun. Ia mengajukan permintaan pertemanan Facebook pada seorang wanita berumur 72 tahun. Sayangnya permintaan pertemanan Facebook tersebut ditolak, karena menurut wanita tersebut nama Facebook yang dipakai Hayes kurang sopan.

Akhirnya wanita tersebut mengatakan pada Hayes bahwa ia baru akan menerima permintaan pertemanan Facebook jika nama Facebook Hayes diubah. Hal tersebut membuat Hayes marah, setelah itu ia malah mendatangi wanita tersebut. Mereka lalu berdebat dan akhirnya Hayes menampar wanita tersebut beberapa kali.

Penamparan pada orang lain jelas merupakan perbuatan yang tidak menyenangkan. Hayes akhirnya ditangkap dan diadili karena berbuat kurang menyenangkan dengan menyerang orang yang sudah tua. Hayes kemudian dibebaskan setelah membayar $10.000 bond.

Kehidupan di dunia maya seperti Facebook memang bisa berpengaruh pada kehidupan nyata. Facebook sendiri sebenarnya sudah menyarankan penggunanya untuk menggunakan nama asli mereka saat membuat akun Facebook. Saran mencantumkan identitas yang sebenarnya tersebut dapat memudahkan seseorang untuk mencari teman lama mereka.

Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook menyarankan semuanya untuk menggunakan nama asli mereka pada komunitas dan itu akan menghubungkan mereka di dunia nyata. Tapi saran tersebut sepertinya tidak dilakukan oleh beberapa pengguna Facebook yang lebih senang membuat nama yang aneh dan kadang berlebihan.

Nama akun Facebook sendiri kadang dibuat palsu atau menggunakan nama artis idola mereka, seperti yang dilakukan para role-player di Facebook. Hal-hal tersebut bisa membuat kebingungan bagi orang lain yang mungkin mengira itu ada akun Facebook artis sungguhan padahal sebenarnya bukan.

Menggunakan sosial media memang sebaiknya dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Jika disarankan untuk menggunakan nama asli maka gunakanlah nama asli kita. Berkaca dari kasus Hayes sebenarnya itu berawal dari kejadian yang sepele saja. Seandainya Hayes menggunakan nama aslinya di akun Facebook pasti dia tidak akan mendapatkan penolakan permintaan pertemanan di Facebook, dan tidak perlu ditangkap juga karena menampar wanita tua.