jenazah-erri-yunanto
jogja.tribunnews(com)

Peti Jenazah Erri Yunanto Tiba di Rumah Duka

keluarga-erri-yunanto
jateng.metrotvnews(com)

Setelah menempuh proses evakuasi yang begitu sulit dan terhalang beberapa kendala, akhirnya jenazah Erri Yunanto bisa diangkat dan langsung diberikan kepada keluarga. Jenazah Erri Yunanto, pendaki yang jatuh ke kawah Merapi itu tiba di rumah duka pukul 20.00 WIB, Selasa 19 Mei tadi malam.

Keluarga langsung menerima dan menyambut kedatangan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta itu dengan tangis haru. Keluarga yang masih dalam keadaan berduka dan sangat terpukul dengan kejadian ini langsung membawa peti jenazah Erri masuk ke dalam rumah.

Peti jenazah Erri Yunanto tiba di rumah duka di Dusun Biru tengah Rt 03, Rw 03, Trihangg, Sleman, Yogyakarta. Msaayarakat sekitar rumah Erri pun ikut menyambut kedatangan peti jenazah pendaki tersebut.

ekky-adik-almarhum-erri-yunanto
jogja.tribunnews(com)

Salah satu keluarga almarhum, Ekky, terlihat tak dapat membendung tangis dan rasa sedihnya, karena kehilangan saudara sekaligus adik tempat ia berbagi. Ekky juga ikut serta bersama Tim SAR gabungan untuk mencari Erri di kawah Gunung Merapi.

“Kamu harus tenang le. Ibu dan bapakmu sudah tenang. Sudah mengikhlaskan kepergian adikmu. Jangan nangis terus karena nanti bisa membuat ibumu sedih lagi,” kata seorang anggota keluarga Erri kepada Ekky.

Tak hanya Ekky yang masih merasa terpukul dan menangis, beberapa orang pelayat juga turut meneteskan air mata saat melihat peti jenazah mahasiswa semester 6 Fakultas Teknik Industri itu. Bahkan, beberpa teman wanita Erri pun masih menangisi kepergian temannya itu.

peti-jenazah-erri-yunanto
www.merdeka(com)

Peti jenazah Erri Yunanto ini dibawa oleh enam orang Tim SAR dan langsung dimasukkan ke dalam rumah. Saat peti jenazah sudah berada di dalam, seketika para pelayat yang datang langsung mendoakan almarhum. Para pelayat tersebut telah memenuhi rumah duka sejak sore, mereka sengaja menunggu kedatangan Erri.

Putra bungsu dari pasangan Nuryanto dan Intan Farida ini memang dikenal sebagai orang yang supel, mudah bergaul dan memiliki banyak teman, tak heran kepergiannya meninggalkan kesedihan yang mendalam dihati orang-orang terdekatnya.

Para pelayat juga turut menguatkan keluarga Erri. Tadi malam, hadir pula Bupati Sleman, Ari Purnomo di rumah duka untuk menyampaikan belasungkawa kepada keluarga. Beliau ditemani Camat gamping.

Pemakaman jenazah Erri Yunanto telah dilaksanakan tadi malam setelah disholatkan. Erri dimakamkan di pemakaman umum tak jauh dari rumahnya. “Kita Sholatkan dulu baru dimakamkan. Kamis sudah iklas dengan kondisi Erri,” tutur Nuryanto, ayah Erri dalam tangisnya.

karangan-bunga-untuk-erri-yunanto
jateng.metrotvnews(com)

Bukan hanya pelayat saja yang memenuhi rumah duka, tapi sejumlah karangan bunga pun berjejer menyambut kedatangan Erri. Karangan bunga duka cita dari para kerabat keluarga almarhum.

Tak mudah bagi Tim SAR dan relawan untuk mengangkat tubuh Erri yang terperosok ke kawah Merapi di bawah Puncak Garuda Gunung Merapi. Mereka harus fokus dan tak boleh lengah menghadapi medan berat dan kondisi ekstrim, lengah sedikit bisa-bisa ada yang terjatuh ke dalam kawah.

Kawah Merapi tempat tubuh Erri berada ini mengeluarkan gas beracun. Suhu di dasar kawah mencapai lebih dari titik didih air 100 derajat Celcius. Bahkan pada sehari setelah kejadian Erri terjatuh, Minggu 17 Mei 2015, suhu udara di kawah mencapai 460 derajat Celcius. Tak terbayang panasnya seperti apa.

pengangkatan-jenazah-erri-yunanto
news.detik(com)

Setelah berkoordinasi dengan seluruh tim dan disaat kondisi alam sudah mulai aman, beberapa anggota Tim SAR turun ke kawah untuk mengangkat tubuh Erri. Saking panasnya suhu udara kawah, beberapa celana anggota tim sampai robek karena tak kuat menahan panas.

Hingga akhirnya, Tim SAR gabungan berhasil mengangkat tubuh Erri ke bibir kawah. Jenazah Erri yang sudah berhasil dievakuasi langsung dibawa ke RSUD Boyolali, untuk dilakukan pemeriksaan dan langsung diantarkan ke rumah duka.

Kini Erri telah tenang berada di sisi-Nya, semoga segala amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, Aamiin. Selamat jalan Erri yunanto, dan terimakasih kepada seluruh anggota Tim SAR atas perjuangannya….