gaun pengantin

Bisa mengikat janji suci bersama dengan orang yang kita sayangi adalah kebahagiaan yang tak ternilai. Semakin dekat hari pernikahan, kedua calon pengantin akan direpotkan dengan berbagai persiapan. Salah satunya adalah mempersiapkan gaun pengantin muslimah.

Untuk calon pengantin pria, tidaklah sulit untuk memilih pakaian yang digunakan di hari pernikahannya. Karena seperti yang kita tahu, pakaian pria itu simple, yaitu jas. Calon pengantin pria hanya tinggal memilih bagaimana model dan warnanya.

Berbeda halnya dengan calon pengantin wanita. Pakaian yang digunakan oleh calon pengantin wanita biasanya adalah gaun. Dan untuk pemilihan gaun pengantin itu tidaklah mudah.

Gaun pengantin itu banyak modelnya. Tak jarang, calon pengantin wanita kebingungan saat memilihnya. Apalagi jika calon pengantin wanita sudah berhijab, pemilihan pun akan lebih selektif.

Tak perlu bingung, Anda bisa searching di internet untuk mencari gaun seperti apa yang cocok di badan Anda. Nah, ini dia 10 gaun pengantin muslimah yang kece badai, siapa tahu bisa menjadi referensi untuk dipakai di hari pernikahan nanti.

Referensi 10 Gaun Pengantin Muslimah yang Kece Badai!

Memilih gaun pengantin itu susah-susah gampang. Tapi jangan dianggap sepele, karena jika salah memilih, tentu merusak momen bahagia itu.

iya, pemilihan gaun pengantin menjadi persiapan penting dari pernikahan, selain dari undangan, souvenir, dan lain-lain. Karena sebagai calon pengantin, tentu keduanya harus menyiapkan busana terbaik. Ibaratnya, kedua calon pengantin adalah raja dan ratu sehari.

Namun terkadang, karena ingin tampil maksimal, budget yang dikeluarkan pun cukup besar. Padahal untuk tampil cantik tidaklah harus mahal. Dengan gaun sederhana pun, kalau cocok ditubuh Anda, pasti akan terlihat cantik dan anggun.

Merasa kebingungan dalam memilih gaun pengantin? Ini dia 10 referensi gaun pengantin muslimah yang kece badai.

1. Gaun Ball Gown

gaun pengantin 1

Banyak yang beranggapan, memakai hijab menghalangi seorang wanita untuk tampil cantik. Eits, kata siapa, buktinya banyak selebritis yang berhijab, namun tetap terlihat kece.

Nah, salah satu model gaun pengantin muslimah yang trend di 2015 adalah gaun ball gown. Gaun ball gown identik dengan bentuk besar dan megah.

Untuk masalah warna, gaun ball gown yang cocok untuk pernikahan adalah warna yang klasik. Seperti halnya ivory (gading), off white, putih mutiara, nude, blush pink atau keemasan, biru muda, dan lain-lain.

Dengan gaun model ball gown yang merekah dibagian bawahnya membuat Anda terlihat semakin anggun dan menawan. Model ball gown ini dibuat bertingkat dengan bagian dalam yang terbuat dari kain satin.

Untuk mempermanis tampilannya, Anda bisa menambahkan kain brokat pada bagian atas gaun. Karena bentuknya merekah, gaun ball gown ini lebih cocok untuk digunakan wanita yang bertubuh langsing dan mungil.

2. Kebaya Muslimah

gaun pengantin 2

Berbicara tentang pernikahan, identik dengan adat. Bagi adat Jawa, kebaya merupakan pakaian yang identik untuk digunakan dalam acara resmi, seperti halnya pernikahan. Tak terkecuali untuk gaun pengantin wanita.

Kini hadir beragam desain gaun pengantin muslimah yang berbentuk kebaya. Meski usianya sudah tak muda, jangan khawatir terlihat kuno atau ketinggalan zaman karena memakai kebaya. Karena nyatanya, kini kebaya sudah didesain sedemikian rupa agar terlihat cantik dan menawan.

Contohnya saja di pernikahan Alyssa Soebandono dan Dude Harlino. Dalam foto prewedding, Alyssa atau lebih akrab dipanggil Icha ini memilih untuk menggunakan gaun kebaya. Karena sudah memakai hijab, gaun yang digunakan juga dilengkapi dengan hijab.

Kebaya sendiri dipilih oleh Icha, karena tema pernikahannya menggunakan adat Jawa. Misalnya, pada akad nikahnya pun Icha menggunakan kebaya dan juga kain batik.

3. Gaun Pink Manik-manik

gaun pengantin 3

Hampir sebagian besar wanita menyukai warna pink. Tak heran, jika wanita selalu diidentikan dengan warna pink. Tak terkecuali untuk warna gaun di hari spesialnya.

Warna putih biasanya dipilih menjadi warna gaun di hari pernikahan. Namun tak ada salahnya, jika memilih warna selain putih, misalnya pink. Jika putih melambangkan kesucian, pink melambangkan keromantisan.

Bagi para wanita muslimah, gaun pink yang menjuntai, cukup membuat Anda tampil bak ratu di hari pernikahan nanti. Nah, untuk memberikan kesan lebih manis, Anda bisa menambahkan payet.

4. Gaun Model Sheath dengan Jubah

gaun pengantin 4

Meski tema yang dipilih pernikahan muslimah, bukan berarti gaunnya biasa-bisa saja. Untuk menambahkan kesan mewah, Anda bisa memilih gaun dengan model sheath.

Gaun model sheath ini pada dasarnya berbentuk lurus. Nah, untuk menambah kesan glamour, Anda bisa menggunakan penutup tambahan, seperti jubah. Untuk hijabnya, pilihlah jilbab dengan warna yang senada. Model gaun sheath muslimah ini pernah digunakan oleh Dian Pelangi, desainer muslimah muda Indonesia.

5. Gaun Silver

gaun pengantin 5

Selain warna pink dan putih,  gaun silver juga bisa Anda gunakan di hari spesial itu. Gaun silver dengan model yang elegan bisa dijadikan referensi untuk gaun pengantin muslimah.

Untuk menambahkan kesan manis Anda bisa menambahkan aksen payet dan obi pada bagian atasnya. Bagian bawahnya bisa dibuat sedikit mengembang untuk memberikan kesan femini. Atau bisa juga memberi aksen puta di bagian pinggang.

6. Gaun Pengantin Bermotif Bunga-bunga

gaun pengantin 6

Mendesain gaun pengantin sendiri itu menyenangkan. Hal itulah yang dirasakan oleh risty tagor. Setelah bercerai dari Rifki Balweel, Risty Tagor memutuskan untuk menikah untuk kedua kalinya dengan Stuart Collin.

Nah, jika di pernikahan pertama, Risty Tagor belum memakai hijab, berbeda halnya dengan pernikahan kedua. Di pernikahan kedua ini, Risty Tagor sudah berhijab. Oleh karena itulah, gaun pengantin yang digunakan adalah gaun muslim.

Pada akad pernikahannya, Risty tagor menggunakan gaun siffon berwarna pink. Sementara itu, untuk acara resepsinya Risty Tagor memilih menggunakan gaun bermotif bunga-bunga yang dilengkapi dengan hijab yang dijulurkan menutupi dada.

Dan dari kedua jenis gaun yang digunakan, gaun bermotif bunga-bunga disebut paling menarik perhatian. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, model gaunnya sangat simple, namun terlihat elegan.

Sebenarnya, gaun bermotif bunga-bunga ini disesuaikan dengan tema pernikahannya. Tema pernikahannya adalah garden party. Namun uniknya, garden party ini berlangsung di dalam ruangan. Bagaimana tertarik untuk menggunakan gaun pengantin seperti Risty Tagor kah?

7. Gaun Pengantin Ala India

gaun pengantin 7

Budaya India kini secara perlahan masuk ke Indonesia melalui sinetron bolywood dan juga acara lainnya yang bertemakan India. Ternyata, masuknya budaya India ke Indonesia juga memberikan warna baru dalam dunia fashion.

Iya, kini di pasaran muncul beragam model baju India. Tak ketinggalan juga model gaun pengantin ala India. Dilihat dari tampilannya, desain gaun pengantin ala India hampir sama dengan negara muslim lainnya, seperti Arab, Turki, Indonesia, dan lain-lain.

Ciri umum dari gaun pengantin muslim adalah baju muslim terusan yang dilengkapi dengan hijab sebagai penutup kepala. Nah yang membedakan gaun pengantin muslim India dengan negara lainnya adalah dari warna corak dan aksesoris pelengkapnya.

8. Kain Songket

gaun pengantin 8

Gaun pernikahan yang mewah tak selamanya harus didesain dengan modern dan menggunakan kain import. Anda bisa memanfaatkan kain-kain tradisional daro Indonesia. Contohnya adalah kain songket.

Selain kain batik, kain songket juga banyak dipilih untuk gaun pengantin. Contohnya saja, pada pernikahan Marshanda dan Ben Kasyafani. Marshanda dan Ben Kasyafani menggunakan baju berbahan songket dengan warna yang senada.

Meski kain tradisional, namun tidak terlihat kuno. Justru penggunaan kain songket yang dipadupadankan dengan warna merah ini menimbulkan kesan yang elegan dan glamour.

Bagaimana gaun pengantinnya indah bukan? Gaun pengantinnya memang indah, namun sayang jalan cerita pernikahan tidak demikian.

9. Gaun Pengantin Brukat

gaun pengantin 9

Model gaun pengantin lainnya yang bisa menjadi referensi untuk pernikahan muslim adalah gaun brukat. Contoh model gaun pengantin muslim brukat yang bisa Anda coba adalah gaun dari Nuri Maulida.

Nuri Maulida menggunakan gaun brukat berwarna merah dengan ada aksen emas pada acara munduh mantu di Lampung, tempat kelahiran sang suami. Perpaduan warna merah dan emas membuat keduanya terlihat bak raja dan ratu sehari.

Disamping itu, pemilihan warna merah dan emas membuat nuansa pesta semakin hidup. Warna merah pun diyakini sebagai lambang kebahagiaan Nuri Maulida yang akhirnya bisa melangkah ke pelaminan bersama orang yang ia cintai.

10. Gaun Pengantin Modern

gaun pengantin 10

Jika tak tertarik dengan desain gaun pengantin yang tradisional, tak ada salahnya untuk melirik gaun modern. Namun dalam memilih gaun modern, usahakan tetap mengutamakan prinsip syar’i dalam berpakaian.

Salah satu contoh gaun modern yang bisa Anda jadikan referensi adalah bridal wedding dress. Bridal wedding dress berwarna putih ini membuat Anda terlihat anggun dan cantik. Meski terlihat sederhana, namun tidak meninggalkan kesan elegan. Bagaimana tertarik untuk menggunakan gaun modern ini di hari pernikahan Anda?

Itulah 10 referensi gaun pengantin muslimah yang kece badai. Semoga dengan gaun-gaun cantik ini membuat pernikahan Anda langgeng sampai kakek nenek.